.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Thursday, April 10, 2014

Knapa memilih Boarding School ?

Nggak berasa Kaka Azka udah kelas 6 lagi, berasa baru kemaren bangun Blog ini Kaka baru usia 3 tahun, sekarang udah 12 tahun, banyak cerita tentang kaka disini, diusia itu galau nyari-nyari sekolah Playgrup, penting gak sih masuk playgrup saat itu dan mencari referensi sekolah yang berbasis Islam dari mulai TKIT, dan SDIT.

Nah dengan berjalannya waktu sekarang saatnya Kaka memilih untuk SMP dan tentunya  sekarang bukan lagi kita (orangtua) yang memutuskan, tapi sekarang udah 12 tahun kaka udah bisa memilih dan bisa memutuskan dengan keinginan sendiri tentunya bukan paksaaan, dan sesuai juga dengan orangtua inginkan.

Dari Desember 2013 kemarin aku udah hunting-hunting di Internet tentang sekolah yang diinginkan, karena biasanya beberapa sekolah tertentu udah buka dari Desember atau Januari, dan Kaka pun sigap banget mencari sendiri sekolah yang diinginkan, tentunya keputusan mencari SMP itu hasil diskusi bersama, dan tidak lupa mencari rekomendasi juga dari sekolahnya Kaka. sekarang

Tapi tidak semua anak menginginkan masuk sekolah di Boarding School ataupun disini bisa dikatakan dengan pesantren modern, sujud syukur ketika Kaka memutuskan ingin melanjutkan SMP ke SMP yang Boarding School.


Knapa memilih Boarding School ??
Bukan mengenyampingkan sekolah-sekolah lain seperti sekolah Negeri atau sekolah swasta umumnya, tapi itu kembali pada semua Orangtua untuk menyekolakan anak-anaknya, mau dibawa kemana anak kita, dengan berbagai alasan setiap orang tua memasukkan anaknya ke sekolah yang dipilihnya.

Nah Alasan dari awal masukin anak ke sekolah Boarding School karena bisa menjauhkan dari kontaminasi hal-hal yang negatif apalagi dengan jaman sekarang ini, (narkoba, rokok,  sinetron atau tayangan 2 TV yang tidak mendidik, keranjingan game online).

Boarding School menyediakan sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan siswa. Lengkapnya fasilitas yang ada untuk menyalurkan bakat dan hobi siswa-siswi. Siswa-siswi di boarding school memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai kepentingan, mengambil  bidang yang diminati, dan menunjukkan bakat mereka, siswa mendapatkan pendidikan dengan kuantitas dan kualitas yang berada di atas rata-rata pendidikan dengan sistem konvensional.

Dan Boarding School  para siswa dapat melakukan interaksi dengan sesama siswa, bahkan berinteraksi dengan para guru setiap saat. Contoh yang baik dapat mereka saksikan langsung di lingkungan mereka tanpa tertunda. Dengan demikian, pendidikan kognisi, afektif, dan psikomotor siswa dapat terlatih lebih baik dan optimal.

Menurut Arsy Karima Zahra, 2008: 145
Boarding School adalah  sistem sekolah dengan asrama, dimana peserta didik dan juga para guru dan pengelola sekolah tinggal di asrama yang berada dalam lingkungan sekolah dalam kurun waktu tertentu biasanya satu semester diselingi dengan berlibur satu bulan sampai menamatkan sekolahnya.

Alasan yang paling utama adalah membentengi diri anak dengan Akhlaq, Agama yang kuat, di Boarding School anak selain diajarkan tentang Pemahaman Agama Islam yang full dari mulai bangun subuh jam 3 (Qiyamul lail), ampe tertidur kembali jam 21.00 tapi juga anak di ajarkan tentang "Belajar untuk hidup, bukan hidup untuk belajar " artinya diajarkan anak untuk bertahan hidup, maksudnya hidup itu perlu pembelajaran, karena pelajaran hidup itu tidak hanya diajarkan secara akademik, berbeda dengan sekolah umum biasanya.

Dan untuk masuk Boarding School pun kita harus mencari Boarding School yang sesuai dengan kapasitas anak kita, dari mulai kurikulum, fasilitas, pola asuhnya dsb, kembali kita orangtuanya.dan tidak ngasal masuk boarding School ya.

Anak belajar mandiri, anak belajar bersosialisasi dengan teman-temannya, solidaritas yang tinggi, ketika Kaka bilang " Ummi kaka gak mau lagi sekolah yang Fullday ah" beuh hatiku kenceng deg-degan knapa jadi berubah, ternyata salah tafsiranku "knapa kak", kaka jawab " Aku pengen SMPnya di Boarding School, pokonya harus boarding School ya mi...boleh ya mi ..yaa..yaa" *sambil meluk*.

Keluar airmata, Subhanalloh dengan prinsip kaka yang tegas, keinginan yang kuat," itu yang diinginkan Umi ka dari dulu kaka masih balita" *dalam hati*, dan aku kasih penjelasan juga yang terpahit tinggal di asrama.

Aku tanya yang pahitnya  "ka..gak apa-apa makan seadanya, bangun tidur harus lebih pagi jam 3an, itu harus dilakukan, tidur dengan seadanya walaupun pake kasur dsb, gak akan nonton TV, Internetan, akan beda dengan kamar kaka sendiri, gimana menurut kaka "

Jawaban Kaka : " loh ummi aneh ih, iya emang gitu kalo boarding school, diasrama, biarin aja makan apa adanya juga, terus bangun lebih subuh ntar juga biasa ko kalo udah biasa mah, TV dan Internet emang sekarag juga nonton dan maen internetnya cuma sabtu minggu, biarin aja nggak apa-apa, paling pulang kerumah aja kalo liburan, pokonya kaka mah pengen Boarding School ya mi ??"
Subhanalloh, terima kasih Kaka, moga kaka bisa menjadi dambaan Ummi bekal di akhirat nanti, *pelukcium dari Ummi*


Post a Comment