.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Sunday, January 26, 2014

Rebutan Kuping dari 2 Cerita FieldTrip

Diawal Tahun 2014 dan sekaligus masuk semester Genap kemaren, di minggu pertama masuk sekolah, Kaka dan Azzam disibukaan dengan persiapan Fieldtrip dari sekolahnya, fieldtrip kali ini Kaka dan Azzam beda tempat, otomatis perginya pun tidak berbarengan, karena Kakanya kelas 6 fieldtrip kali ini jauh banget buat usia SD, tapi itu semua aku kasih kesempatan buat kaka, terutama dalam kemandirian dan tanggung jawab, walaupun awalnya agak lumayan deg-degan kaka pergi jauh tanpa Umminya :D, 

Akhirnya kembali ke positif thingking kita orangtuanya, sejauhmana bisa mulai melepas anak-anak kita pergi jauh, padahal ya dengan kegiatan-kegitan seperti itu buat anak-anak jauh senengnya tanpa orangtua selama dengan pihak sekolah nyaman, dan memang disekolah anak2ku setiap ada kegiatan tidak diperbolehkan Orangtua ikuta serta, otomatis semuanya udah tanggung jawab sekolah.

                                                      Poto koleksi Kaka Azka

Cerita Seru Dari Jogjakarta #FieldTripKakaAzka

Nah Kali ini Kaka Fieldtripnya jauuh banget ukuran SD ke kota Jogjakarta, senengnya luar biasa tuh c kaka, dari mulai mau persiapan pergi "packing" ampe pulangnya dia dgn apiknya mengurus barang bawaannya, paling aku hanya sedikit2 ngasih saran dan masukan buat kaka, Alhamdulillah mungkin karena udah kelas 6 jadi udah bisa punya tanggungjawab dgn barang bawaannya.

Dan FieldTrip kali ini Kaka diperbolehkan bawa gadget untuk memudahkan komunikasi dgn para orangtuanya , walaupun diperbolehkan tapi yang tidak ada jaringan inetnya, dan setiap pukul 21.00 gadget dikumpulkan ke pembimbingnya agar anak2 bisa istirahat dan dikembalikan lagi setelah sholat subuh.hmmm bagus juga.

Nah sesekali aku nelp Kaka nanya keadaan dan keseruannya, tapi sekali ditelp lucunya ngabisin pulsa, ceritaa dalam kegiatan sehari itu, waduuh bikin penasaran dan minta poto-poto jg susahnya minta ampun, kecuali minta ke guru2nya, hehehe.

ada yang bikin lucu dan terharu juga Kaka bilang " Mii kaka lagi diMalioboro, Ummi pake baju Ukuran apa, mau Kaka beliin "....Huahuahuahua,,,aslinyaaa aku ampe nangiiiisssss...gak nahan, Kaka kepikiran beliin buat aku,,waduuh..Aku bilang " Makasih Kaka sayaaang, gak usah nak, beli aja buat kaka sendiri ya,ntar berat bawaannya" *padahal gak tega aja*.
Dan akhirnya Kaka beliin ummi gelang kereen, "harus dipake mi,, !!!"

4 hari 3 malam di kota Jogja banyak memberi hikmah buat Kaka sendiri, dan rasa haru campur aduk kita orangtuanya, rasa kangeen membara ke anak yang jauh, latihan ya Ka ntar SMP kan mau BoardingSchool Amiin.

Cerita Seru dari Puncak Bogor #FieldTripAzzam

Setelah tanggal 6-10 januari Kaka ke Jogja dan bertepatan pada saat kelas 6 ke Jogja giliran ade2 kelasnya kelas 1-5 filedtrip ke Rumah Matahari Bogor, tanggal 9 Januarinya, cuma pulang pergi, tapi serunya luar biasa pergi pagi jam 6 dan pulang nyampe rumah jam 22 lebih, dirumah Matahari Bogor disini adalah Outbond,
 Taman Wisata Matahari menyediakan fasilitas wisata mulai dari; Villa, Kolam Renang, Wisata Air, Paddle Boat, Mini Boat, Bumper Boat, Mobil dan Motor Safari, ATV Off Road, Arena Bermain anak, komidi putar, Wisata Sungai, Paket Outbond, Flying Fox dan Belanja di Super Bazzar.
Azzam bener-bener menikmati semuanya, walaupun masih kelas 2 semangat pergi tanpa orangtua udah bisa memberikan hikmah tersendiri.

Sama hal Kaka, Azzam juga tidak mau kalah pengen bawain oleh-oleh..aiih koq sama yaa kalian beliin oleh-oleh gelang buat Ummi...

Nah Pada tanggal 9 nya aku disiapkan jam 10 malem jemput Azzam di seputaran sekolahnya, dan paginya harus jemput Kaka di Stasiun Bandung, dari situ kita harus udah siap-siap kuping berbagi cerita dari masing-masing cerita fieldtrip yang berbeda.

                                Oleh-oleh yang sama dari Kaka dan Azzam, "harus Dipake katanya" haduh

 Rebutan Kuping buat dengerin Oleh-oleh cerita Fieldtrip

Sabtunya Anak-anak udah kumpul kembali dirumah, alhamdullillah, pagi-pagi Kaka dan Azzam buka oleh-oleh dari koper dan tasnya,,,serunya, ternayta mereka bisa yaa tanpa orang tua belanja hihihi.

Dan setelah itu ampe 2 hari full keseruan mereka luar biasa, gantian si kaka dan azzam cerita, aku ampe bingung mana dulu yang harus di dengerin heheh, kebayang ya sepulang sekolah aja, mereka pasti ada aja cerita-cerita lucunya.

"Kaka aku dulu iih," " aku dulu zam" weeiissh...aku hanya bisa senyum akhirnya gantian, aman.
Perlunya menjadi pendengar yang baik anak-anak bahagia kita bisa mendengarkan dan dengan histeriiss kita bilang,,,"woooww seruu doooong" anak-anak tambah semangat bercerita, dengan pancingan-pancingan tersebut terus-terusan gak ada habisnya cerita. 

Program seperti itu ternyata banyak hikmahnya bagi kita dan buat anak-anak, kita gak usah kerepotan cari-cari waktu buat anak, paliing yaa nyampe Bis yang udah disediain sekolahnya, dadah dadah aja dari luar bis sebelum berangkat anak-anak udah senengnya luar biasa.

Berbicara tentang Hikmahnya tentunya banyak banget, bagaimana anak-anak ketika harus mengurus pribadinya tanpa Orangtua yang biasa kita lakukan dengan kemanjaannya, kerewelannya, bukan anak-anak kalo tidak seprti itu, tapi dari FieldTrip diatas, aku ambil kesimpulan dari mulai pergi dan sampe kembali rumah, Hikmahnya :

  1. Anak-anak belajar Mandiri , Mandiri bisa mengurus dirinya selama FiledTrip
  2. Tanggung Jawab, bagaimana bisa dari mulai pergi sampe rumah kembali anak-anak barang bawaannya bisa utuh tidak ada yg hilang, dan bisa rapi kembali.
  3. Disiplin, Anak-anak harus Ikut dengan waktu yang telah disesuaikan oleh sekolah, otomatis dari makan, mandi, Sholat udah bisa disiplin .
  4. Saling Berbagi, selama FiledTrip, anak-anak bisa merasakan bagaiman bisa saling berbagi satu sama lain dengan temannya, dari mulai makanan, 
  5. Solidaritas, Solidaritas tinggi disini bisa dikatakan iya, karena bagaimana saling menjaga, saling membutuhkan, dari sini anak bisa merasakan betapa pentingnya seorang teman. 
Hikmah diatas, itu yang aku rasakan dari cerita-cerita anak-anak, luar biasa yaa....kepercayaan penuh dan intinya positif thingking.


Post a Comment