.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Sunday, December 15, 2013

Kemandirian Usia SD dan SMK di Alam Bebas (SuperCamp)

Sebulan yang lalu tepatnya Oktober akhir dan November Awal, hari-hari disibukkan dengan acara anak- anak SuperCamp atau lebih dikenal lagi Kemping, berawal dengan kegiatan Kaka dari sekolahnya wajib semua Siswa kelas 4-6 mengikuti pelaksanan superCamp, ini adalah dilakukan tiap tahun oleh Kaka, dan sekarang di akhir tahun, karena kaka kelas 6 dan dilaksanakan 3 hari 2 malam.


                                                        Upacara penutupan Supercamp (RancaUpas)

 Dengan suka cita kaka mempersiapkan nya dengan mateng, tanpa harus di komando lagi, :) walapun sedikit-sedikit saya mengeceknya.Tahun ini supercamp dilaksanakan di RancaUpas Ciwidey, kalo dilihat dengan jarak tentunya tempat yang relatif jauh buat ukuran SD ya, dan suhu udara yang lumayan dingin
 tapi karena udah biasa lagi, kita udah lepas, dan yakin semuanya baik-baik aja.

Penjemputan Kaka dan mandi lumpur, dgn keceriaan anak2

Supercamp merupakan suatu pembelajaran bagi anak-anak untuk :
1.  Kemandirian     ; mulai dari persiapan dari rumah, terus yang biasa dirumah teriak minta bantuan                                             emaknya atau pembantu, di supercamp anak bisa belajar bagaimana mengurus diri                                         tanpa ada bantuan orang lain.
2. Kedisiplinan     ; Tentunya disiplin waktu dengan berbagai kegiatan yang harus mengikuti semua aturan                                     dan tata tertib yang telah ditentukan.
3. Kepemimpinan ; Anak disiapkan menjadi peminpin, siap mengambil keputusan, dalam berdiskusi                                             dengan temen2 kelompoknya,.
4. Solidaritas        ; Saling berbagi, saling tenggang rasa, saling kerjasama, disitu anak-anak bisa                                                   merasakan arti persahabatan, dsb.
5. Mengenal Alam lebih dekat, tentunya ini merupakan hal yang harus dipahami, bahwa semua cipataan                                            Alloh, anak-anak bisa merasakan betapa MAHA indah  dan  MAHA kayanya                                              Ciptaan ALLOH swt, Alam dan seisinya anak-anak bsia merasakan Alam secara                                          langsung.
6. Merasakan Jauh dengan Orang Tua ; di Supercamp biasanya ada session penting di malam terakhir,                                     adanya Renungan di alam terbuka, selain mengenal Alam sebagai ciptaan Alloh swt,                                       biasanya anak-anak diberikan suatu wejangan, bagaimana bisa merasakan jauhnya                                       dengan orang-orang yang dicintai (orangtua, kaka, adik dsb) bisa merasakan ketika                                       mereka biasa melawan, biasa berantem sama kaka atau adiknya, disini pula anak-                                         anak merasakan Betapa pentingnya mereka dalam kehidupannya, apalagi seorang Ibu                                  yang telah melahirkan, anak-anak banyak menangis di session ini.


persiapan SMK Supercamp GunungPuntang

Kenapa aku bisa merasakan  pentingnya Supercamp bagi anak-anak, karena aku bercerita bukan hanya p untuk Kaka aja yang tiap tahun wajib mengikutinya, ternyata emang begitu penting, bahkan yang punya penyakit Asma sekalipun, anak-anak malah sembuh, adanya Terapi Alam.

Tugas di Kesiswaan di SMK otomatis tanggung jawab penuh untuk acara2 tersebut, usia SMK sekalipun tidak beda jauh dengan anak2 SD, pentingnya SuperCamp, manfaatnya sama, tapi beda dengan kegiatan yang berbau Andrenalin aja, terakhir aku bawa anak-anak SMK Supercamp di Gunung Puntang, Andrenalinnya luar biasa, dengan game2 seru, seperti "Caracter Building", Jurit malam, outbond, dsb, tantangan mereka luar biasa, dan tentunya menyenangkan bagi mereka.


Suasana perkemahan Gunung puntang

Kembali pada diri kita ya mak, jangan pernah mematahkan semangat anak, apalagi namanya kemping orangtua apalagi anaknya masih usia SD bahkan SMK sekalipun, kadang ada aja orangtua merasa kekhawatiran tinggi, lepas aja, kita hilangkan sugesti-sugesti negatif, rasakan apa yang didapet ketika anak-anak pulang dari Supercamp, Cerita-cerita menarik dan kehebohan pengalaman anak-anak sepulang dari supercamp, kedewasaan muncul dari cerita-ceritanya, apa yang kita khawatirkan ketika ditinggal anak-anak supercamp, tapi ternyata anak-anak malah menikamti keseruannya


                                                     CaracterBuilding buat Siswa SMK


Bagaimana anak-anak hidup dialam terbuka, bisa merasakan :
1. Merasakan tidur di  tenda dengan apa adanya, tidur hanya ber alaskan Sleeping bag aja, belum hujan,            otomatis anak-anak merasakan kalo hidup tanpa rumah., tanpa gadget, TV dsb.
2. Merasakan makan apa adanya, tapi mereka bisa menikmati, dan begitu enjoy nya.
3. Merasakan ketika pergi memakai Truk tentara, anak-anak punya keanehan, dan kecerian khusus  :) 

Semoga kita menjadi bagian dari Orang tua - orangtua yang Hebat buat anak-anak....amiiin







Post a Comment