.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Tuesday, December 03, 2013

Dilema Anak2 UAS dan Blogger Nusantara 2013

Sebenernya dari judul postingan diatas orang akan ada yang bilang mungkin nggak nyambung, apa hubungannya antara anak2 UAS dan acara Blogger Nusantara 2013, bagi aku minggu-minggu sebelum tanggal 29 November sungguh membingungkan, ketika ada undangan acara Blogger Nusantara  Yogyakarta 29-1 Desember 2013, dan pada saat itu pula aku menerima surat dari sekolah anak-anak dengan isi jadwal UAS dan kisi-kisinya pula, untungnya Sekolah memberikan Jadwal dan tidak ada perubahan jauh-jauh hari.

Saat itu bersyukur juga kalo ada perubahan jadwal dari sekolah anak-anak, bukan tanggal 2 Desember UASnya, tapi dari surat yang beredar 2 minggu sebelumnya, aku udah mikir mateng, sempet juga sih agak dilema, kebayang kalo pada saat pulang dari Blognus 2013 hari senin ...waduuuh kapan anak-anak dibimbing belajarnya, walaupun kalau Kakanya udah luamyaan lah bisa belajar mandiri tapi tetep pendampinganku saat belajar diperlukan banget.

                                                    Persiapan seminggu sebelum UAS

Akhirnya setelah berfikir keras, gimana caranya anak-anak UAS aku bisa mendampinginya dalam belajar dan gimana caranya pula aku bisa ikut Blognus 2013, tetep yaa pengeen ikutan secara Kopdar besar-besarnya..ngiler !!

Yang pertama aku lakukan karena khawatir keburu tutup pendaftaran BlogNus 2013 aku tetep mendaftarkan diri dengan penuh yakin, daaaan...selesei ampe email konfirmasi dari panitia, terdaftar deh ikutan acara besar tersebut.

Selanjutnya yang lebih utama tetep yaa Fokus terhadap UAS anak-anak, Nah ini Trik jitu aku lakukan kemaren terhadap anak-anak dalam mempersiapkan UAS disamping mempersiapkan ikut acara BlogNus 2013 :
  1. Yakinkan jadwal UAS anak-anak kepada para walikelasnya tidak ada perubahan  jadwal maupun kisi-kisinya.
  2. Seminggu sebelum pemberangkatan ke event BlogNus 2013 anak2 disiapkan dan difokuskan untuk mempersiapkan UAS, “cari moddynya anak2”
  3. Setiap hari setelah pulang sekolah, dan setelah Moddnya dapet buat belajar persiapan UAS, sambil bermain satu2 anak tanya jawab sesuai dengan kisi2 yang diberikan dari sekolahnya, “tetep ya hindari emosi, fokus ke  konsep belajar tanpa tekanan” .
  4.  Yang diUtamakan  adalah Mata Pelajaran hari senin yang akan di UASkan.
  5.  Setelah tanya jawab minimal 1 pelajaran 30 menit -1 jam dah cukup banget bagi anak-anak, kalo ada waktu luang lagi dan anaknya mood boleh kita tanya jawab lagi mata pelajaran lain, terus dan terus seperti itu, kecuali matematika kita kasih contoh soal.


Simple kan ya, tapi proses dalam mempersiapkan Moodynya yang terkadang kita kebingungan, dengan cara kita sabar, tahan emosi liat kondisi anak-anaknya..pasti semua bisa dilakukan.

Tepatlah tanggal 28 november aku matengkan lagi terutaman buat hari Seninya UAS hari pertama, begitu itu semua siap baru aku bisa Packing untuk mengikuti acara BlogNus 2013.

Setelah 3 hari 3 malam aku meninggalkan anak2 dirumah, tepat sepulang acara BlogNus 2013 kemaren perjalanan Jogja-Bandung dari kota gudeg tersebut jam 17.00 kurang lebih, dengan memakai kendaraan pribadi, pas nyampe Bandung tanggal 2 hari Senin tepat pukul 5 lebih pagi-pagi, karena bareng dengan temen2 Blogger Bandung Lainnya tepat nyampe rumah pukul 5.45 wib. 

                     Rombongan Blogger Bandung yang siap berangkat ke BloggerNusantara Jogja 2013

Udah diprediksi pulang hari senin pagi, tepat anak-anak mulai UAS hari pertama, dan anak-anak udah siap menghadapi UAS, karena seminggu sebelum pemberangkatan ke Jogja anak-anak udah disiapkan juga mengikuti UAS, jadi ketika pulang kerumah sedikit tanya jawab walaupun aku dalam keadaan letih dan ngantuk perasaan penasaran tetep ada, dan alhamdulillah lancar, moga menghasilkan nilai yang terbaik yaa...

UAS lancar...BlogNus 2013 pun bisa ...

  



Post a Comment