.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Tuesday, December 24, 2013

**Semua Anak itu JUARA**

                                               

Beberapa hari kemarin kita para orangtua terutama para Ibu, dibikin harap-harap cemas dari mulai persiapan anak-anak kita UAS ampe ke pembagian Raport, tapi kita sebenarnya tidak perlu merasa panik dengan nilai-nilai anak-anak kita.

Mungkin dibeberapa orangtua ketika Anak Ujian ikut tegang malah terjun langsung dalam pendampingan belajar Ujian anak-anak, dan tidak sedikit pula saat-saat pendampingan anak Ujian, banyak anak-anak yang nangis karena gregetnya orangtua menginginkan anaknya bisa.

Padahal dengan cara begitu pula si anak malah stres dengan tingkah polah orangtuanya yang gemees dan greget, mugnkin ada orangtua yang ampe teriak, karena si anak tidak bisa..."mana mungkin anak bisa memahami pelajaran kalo dengan cara yang salah.

Mungkin pula aku masih mendengar perkataan-perkataan "dasar bodoh" alam awha sadar si anak ngerasa bener2 bodo, hati-hati yaa...berikan energi positif buat anak-anak kita, karena semua anak itu pada dasarnya adalah JUARA.

Ketika pembagian Raport kemarin mungkin diantara Orangtua ada yang kecewa, ada yang senang dengan hasil belajar anak-anak kita, atau mungkin si orangtua langsung marah-marahin si anak, karena nilai yang jelek daripada teman-temannya, tentunya orangtua ngerasa iri hati, knapa anak mereka seperti itu, anak saya seperti ini, JAUHKANLAH yaa pikiran-pikiran membandingan dengan anak Orang Lain.


Kutipan dari salah satu forum Orangtua Sekolah anak-anakku di Social Media, dan bisa dijadikan dasar renungan buat kita orangtua :

Hari ini..
Ibu Muda tak mampu tertawa atau menangis, menerawang angka-angka dibawah tujuh..
Seperti tersambar petir...
tertembak peluru was was dari sang walikelas..
Anaknya Rngking buncit...
Anaknya mungkin gagal...
Anaknya akan berdiri pada urutan terbelakang...
Tak ada senyum manis dari para guru....
Tak ada secuil harapan dari kepala sekolah..
Tak ada apapun pada gedung Membisu..
Hari ini...
Ibu muda tak mampu tertawa atau menangis..
Mendengar pertanyaan sang anak..
Mengapa Ummi sedih ?..
Ada apa dengan Aku ?
Ada Apa dengan RAportku ?
Seperti ada bendungan kokoh dimulut sang ibu..
Tak mampu menjawab..
Hanya tersenyum, menangis, lalu tertawa kecil..kemudian celoteh itu mengalir...
Gak apa apa nak...
Dimata Ummi, hari ini dan seterusnya...
Kamu adalah JUARA...
Kamu adalah Bintang...
Nilai kamu 100, karena selalu rajin sekolah.
Nilai kamu 100, karena selalu mencium Tangan Ummi sebelum berangkat sekolah..
Nilai kamu 100, karena kamu selalu takut berbuat Dosa.
Nilai kamu 100, karena selalu meminta maaf setelah berantem
Nilai kamu 100, karena kamu punya banyak sahabat.
Nilai kamu 100, karena kamu selalu menyapa nenek tua disebelah sekolahmu..'
Hari ini..
Ibu Muda tak mampu tertawa atau menangis..
Lalu keluar dari kelas..
Memeluk buah hatinya.
Lalu berbisik....
"Nak, kamu JUARA bagi Ummi dan bagi seisi bumi...PERCAYALAH"

Bisakah kita memberikan energi-energi positif ini buat anak-anak kita, pernah aku posting beberapa waktu lalau seberapa pentingnya RANGKING ? banyak orangtua rangking menjadi suatu tolak ukur kecerdasan terhadap anak, padahal bukan itu saja, banyak hal yang lebih penting seperti dalam postingan tersebut.

Semoga kita bisa mengambil hikmahnya, Semua anak cerdas, semua anak Pintar, semua anak JUARA..







Sunday, December 15, 2013

Kemandirian Usia SD dan SMK di Alam Bebas (SuperCamp)

Sebulan yang lalu tepatnya Oktober akhir dan November Awal, hari-hari disibukkan dengan acara anak- anak SuperCamp atau lebih dikenal lagi Kemping, berawal dengan kegiatan Kaka dari sekolahnya wajib semua Siswa kelas 4-6 mengikuti pelaksanan superCamp, ini adalah dilakukan tiap tahun oleh Kaka, dan sekarang di akhir tahun, karena kaka kelas 6 dan dilaksanakan 3 hari 2 malam.


                                                        Upacara penutupan Supercamp (RancaUpas)

 Dengan suka cita kaka mempersiapkan nya dengan mateng, tanpa harus di komando lagi, :) walapun sedikit-sedikit saya mengeceknya.Tahun ini supercamp dilaksanakan di RancaUpas Ciwidey, kalo dilihat dengan jarak tentunya tempat yang relatif jauh buat ukuran SD ya, dan suhu udara yang lumayan dingin
 tapi karena udah biasa lagi, kita udah lepas, dan yakin semuanya baik-baik aja.

Penjemputan Kaka dan mandi lumpur, dgn keceriaan anak2

Supercamp merupakan suatu pembelajaran bagi anak-anak untuk :
1.  Kemandirian     ; mulai dari persiapan dari rumah, terus yang biasa dirumah teriak minta bantuan                                             emaknya atau pembantu, di supercamp anak bisa belajar bagaimana mengurus diri                                         tanpa ada bantuan orang lain.
2. Kedisiplinan     ; Tentunya disiplin waktu dengan berbagai kegiatan yang harus mengikuti semua aturan                                     dan tata tertib yang telah ditentukan.
3. Kepemimpinan ; Anak disiapkan menjadi peminpin, siap mengambil keputusan, dalam berdiskusi                                             dengan temen2 kelompoknya,.
4. Solidaritas        ; Saling berbagi, saling tenggang rasa, saling kerjasama, disitu anak-anak bisa                                                   merasakan arti persahabatan, dsb.
5. Mengenal Alam lebih dekat, tentunya ini merupakan hal yang harus dipahami, bahwa semua cipataan                                            Alloh, anak-anak bisa merasakan betapa MAHA indah  dan  MAHA kayanya                                              Ciptaan ALLOH swt, Alam dan seisinya anak-anak bsia merasakan Alam secara                                          langsung.
6. Merasakan Jauh dengan Orang Tua ; di Supercamp biasanya ada session penting di malam terakhir,                                     adanya Renungan di alam terbuka, selain mengenal Alam sebagai ciptaan Alloh swt,                                       biasanya anak-anak diberikan suatu wejangan, bagaimana bisa merasakan jauhnya                                       dengan orang-orang yang dicintai (orangtua, kaka, adik dsb) bisa merasakan ketika                                       mereka biasa melawan, biasa berantem sama kaka atau adiknya, disini pula anak-                                         anak merasakan Betapa pentingnya mereka dalam kehidupannya, apalagi seorang Ibu                                  yang telah melahirkan, anak-anak banyak menangis di session ini.


persiapan SMK Supercamp GunungPuntang

Kenapa aku bisa merasakan  pentingnya Supercamp bagi anak-anak, karena aku bercerita bukan hanya p untuk Kaka aja yang tiap tahun wajib mengikutinya, ternyata emang begitu penting, bahkan yang punya penyakit Asma sekalipun, anak-anak malah sembuh, adanya Terapi Alam.

Tugas di Kesiswaan di SMK otomatis tanggung jawab penuh untuk acara2 tersebut, usia SMK sekalipun tidak beda jauh dengan anak2 SD, pentingnya SuperCamp, manfaatnya sama, tapi beda dengan kegiatan yang berbau Andrenalin aja, terakhir aku bawa anak-anak SMK Supercamp di Gunung Puntang, Andrenalinnya luar biasa, dengan game2 seru, seperti "Caracter Building", Jurit malam, outbond, dsb, tantangan mereka luar biasa, dan tentunya menyenangkan bagi mereka.


Suasana perkemahan Gunung puntang

Kembali pada diri kita ya mak, jangan pernah mematahkan semangat anak, apalagi namanya kemping orangtua apalagi anaknya masih usia SD bahkan SMK sekalipun, kadang ada aja orangtua merasa kekhawatiran tinggi, lepas aja, kita hilangkan sugesti-sugesti negatif, rasakan apa yang didapet ketika anak-anak pulang dari Supercamp, Cerita-cerita menarik dan kehebohan pengalaman anak-anak sepulang dari supercamp, kedewasaan muncul dari cerita-ceritanya, apa yang kita khawatirkan ketika ditinggal anak-anak supercamp, tapi ternyata anak-anak malah menikamti keseruannya


                                                     CaracterBuilding buat Siswa SMK


Bagaimana anak-anak hidup dialam terbuka, bisa merasakan :
1. Merasakan tidur di  tenda dengan apa adanya, tidur hanya ber alaskan Sleeping bag aja, belum hujan,            otomatis anak-anak merasakan kalo hidup tanpa rumah., tanpa gadget, TV dsb.
2. Merasakan makan apa adanya, tapi mereka bisa menikmati, dan begitu enjoy nya.
3. Merasakan ketika pergi memakai Truk tentara, anak-anak punya keanehan, dan kecerian khusus  :) 

Semoga kita menjadi bagian dari Orang tua - orangtua yang Hebat buat anak-anak....amiiin







Tuesday, December 03, 2013

Dilema Anak2 UAS dan Blogger Nusantara 2013

Sebenernya dari judul postingan diatas orang akan ada yang bilang mungkin nggak nyambung, apa hubungannya antara anak2 UAS dan acara Blogger Nusantara 2013, bagi aku minggu-minggu sebelum tanggal 29 November sungguh membingungkan, ketika ada undangan acara Blogger Nusantara  Yogyakarta 29-1 Desember 2013, dan pada saat itu pula aku menerima surat dari sekolah anak-anak dengan isi jadwal UAS dan kisi-kisinya pula, untungnya Sekolah memberikan Jadwal dan tidak ada perubahan jauh-jauh hari.

Saat itu bersyukur juga kalo ada perubahan jadwal dari sekolah anak-anak, bukan tanggal 2 Desember UASnya, tapi dari surat yang beredar 2 minggu sebelumnya, aku udah mikir mateng, sempet juga sih agak dilema, kebayang kalo pada saat pulang dari Blognus 2013 hari senin ...waduuuh kapan anak-anak dibimbing belajarnya, walaupun kalau Kakanya udah luamyaan lah bisa belajar mandiri tapi tetep pendampinganku saat belajar diperlukan banget.

                                                    Persiapan seminggu sebelum UAS

Akhirnya setelah berfikir keras, gimana caranya anak-anak UAS aku bisa mendampinginya dalam belajar dan gimana caranya pula aku bisa ikut Blognus 2013, tetep yaa pengeen ikutan secara Kopdar besar-besarnya..ngiler !!

Yang pertama aku lakukan karena khawatir keburu tutup pendaftaran BlogNus 2013 aku tetep mendaftarkan diri dengan penuh yakin, daaaan...selesei ampe email konfirmasi dari panitia, terdaftar deh ikutan acara besar tersebut.

Selanjutnya yang lebih utama tetep yaa Fokus terhadap UAS anak-anak, Nah ini Trik jitu aku lakukan kemaren terhadap anak-anak dalam mempersiapkan UAS disamping mempersiapkan ikut acara BlogNus 2013 :
  1. Yakinkan jadwal UAS anak-anak kepada para walikelasnya tidak ada perubahan  jadwal maupun kisi-kisinya.
  2. Seminggu sebelum pemberangkatan ke event BlogNus 2013 anak2 disiapkan dan difokuskan untuk mempersiapkan UAS, “cari moddynya anak2”
  3. Setiap hari setelah pulang sekolah, dan setelah Moddnya dapet buat belajar persiapan UAS, sambil bermain satu2 anak tanya jawab sesuai dengan kisi2 yang diberikan dari sekolahnya, “tetep ya hindari emosi, fokus ke  konsep belajar tanpa tekanan” .
  4.  Yang diUtamakan  adalah Mata Pelajaran hari senin yang akan di UASkan.
  5.  Setelah tanya jawab minimal 1 pelajaran 30 menit -1 jam dah cukup banget bagi anak-anak, kalo ada waktu luang lagi dan anaknya mood boleh kita tanya jawab lagi mata pelajaran lain, terus dan terus seperti itu, kecuali matematika kita kasih contoh soal.


Simple kan ya, tapi proses dalam mempersiapkan Moodynya yang terkadang kita kebingungan, dengan cara kita sabar, tahan emosi liat kondisi anak-anaknya..pasti semua bisa dilakukan.

Tepatlah tanggal 28 november aku matengkan lagi terutaman buat hari Seninya UAS hari pertama, begitu itu semua siap baru aku bisa Packing untuk mengikuti acara BlogNus 2013.

Setelah 3 hari 3 malam aku meninggalkan anak2 dirumah, tepat sepulang acara BlogNus 2013 kemaren perjalanan Jogja-Bandung dari kota gudeg tersebut jam 17.00 kurang lebih, dengan memakai kendaraan pribadi, pas nyampe Bandung tanggal 2 hari Senin tepat pukul 5 lebih pagi-pagi, karena bareng dengan temen2 Blogger Bandung Lainnya tepat nyampe rumah pukul 5.45 wib. 

                     Rombongan Blogger Bandung yang siap berangkat ke BloggerNusantara Jogja 2013

Udah diprediksi pulang hari senin pagi, tepat anak-anak mulai UAS hari pertama, dan anak-anak udah siap menghadapi UAS, karena seminggu sebelum pemberangkatan ke Jogja anak-anak udah disiapkan juga mengikuti UAS, jadi ketika pulang kerumah sedikit tanya jawab walaupun aku dalam keadaan letih dan ngantuk perasaan penasaran tetep ada, dan alhamdulillah lancar, moga menghasilkan nilai yang terbaik yaa...

UAS lancar...BlogNus 2013 pun bisa ...