.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Sunday, November 10, 2013

ABG dilarang internetan,malah lebih Liaar..

Ngomongin tentang ABG, banyak banget ya, tapi karena numpuknya cerita-cerita tentang ABG, tentunya ketika mau ditulis ngebleng, mana dulu yang harus ditulis, kebetulan ada ajang Lomba posting tentang kata kunci "ABG" malah dalam pikiran yang keluar adalah judul diatas, Mengapa ?

Karena pengalaman yang aku alami menangani anak-anak ABG, adalah judul diataslah yang paling fenomenal selama menangani beberapa kasus para ABG, yaaa cerita ABG tuh bener-bener lucu, jangankan ABG sekarang yang serba canggih, jaman kita ABG dulu aja ceritanya bisa beberapa Episode deh hehehe, kaya sinetron.

Berbicara fenomenal,Karena Aku bertanggung jawab untuk menangani para ABG-ABG, tentunya sebuah PR besar bagi aku, dari ratusan kasus ABG yang menjadi fenomenal tersebut , sungguh diluar pikiranku saat itu, Ya maaf bukan untuk diekspos disini dengan kasus tersebut tapi hanya sebagai pembelajaran bagi kita, tentunya bukanlah hal yang mudah, tapi perlu direnungkan buat kita terutama buat para Orang tua.

Mungkin cerita ABG inilah yang menurutku Fenomenal tapi belum tentu orang lain berfikir beda, atau aaaah biasa aja ko...:P .
Ternyata kita melarang anak apalagi usia ABG untuk Internetan di jaman sekarang itulah salah besar, tentunya Orangtua perlu melek teknologi, manfaat juga dampaknya Internetan bagi Anak, tentunya ini perlu pengawasan maksimal.

Kasus Nyata.
Sebelumnya saya mohon maaf sekali lagi bukan berarti ini mengekspos yaa, kita petik hikmahnya dari Pengalaman menangani ABG yang fenomenal amatlah diluar dugaan saaat itu, ketika seorang pengajar konsisten terhadap siswanya tidak mengaktifkan HP atau Silent di kelas saat pembelajaran,.

Pada saat itu kebetulan salah satu siswa ketauan menggunakan HP dengan membalas chatingan WA (WhatApps), tentunya gerah dong bagi pengajar bersangkutan, diambilah HP tersebut, ketika HP diambil si ABG tersebut sebelum diberikan ke pengajarnya, micro SDnya dicabut dulu, ..aaaaahh bikin curiga kan ?? (ada apa didalam microSD tersebut ??).

Karena bikin curiga Akhirnya si microSD tersebut bisa keambil, didalam micro SD setelah dibuka adanya 11 file "film-film Negatif" selebihnya lagu-lagu dan film-film biasa, oalaaaah... :D

Salah Satu Dampak Dilarang Internetan
Dari cerita fenomenal ABG tersebut tentunya Orangtuanya dipanggil, kebetulan orangtua hadir dua2nya (Ayah dan Ibu), ketika berkomunikasi dari hati ke hati dengan orangtuanya, dan tentunya tanggungjawabku bagaimana caranya si orangtuanya tidak tersinggung dengan kejadian ini, alhamdulillah ternyata berhasil.

Setelah berkomunikasi panjang lebar, tepat sasaran juga, kenapa si ABG ini bisa seperti ini, ternyata selama ini Orangtuanya udah gerah dengan sikap anaknya yang s ring keluyuran ampe jam 11 malem, knapa bisa seperti itu, anak gak betah dirumah, ternyata oh ternyata, si ABG terang-terangan bilang ke aku depan OrangTuanya langsung "Bu saya tidak boleh maen internetan sama ayah dan bunda, suka marah kalau tau internetan" .

Wuuiih anak gak boleh Inetrnetan tetapi si ABG tersebut malah dibelikan HP Smartphone, tentunya dengan applikasi yang lengkap si anak lebih melek dengan teknologi didalamnya, dan kemana aja ketika pulang ampe malem, sianak tersebut bilangnya dari Warnet, padahal depan rumahnya ada warnet, si anak ini malah mencari warnet yang agak jauhan.

Dan dari pengakuan si ABG tadi orangtuaya punnyeletuk " Kami emang melarang anak-anak Internetan karena akan susah belajar dan banyak negatifnya", justru dengan melarangnya anak internetan malah semakin liaaar, dan anak seakan pengan mencoba dan mencoba apalagi kejurang hal yang negatif tadi, ini hanya baru film khawatir mempraktekkanya film tsb, semoga tidak.

Langkah bagi Orangtua 
Dengan berkembanganya arus teknologi semakin canggih tentunya orangtua musti ikut cerdas dalam mengikuti jaman ini, tidak diem, dan tidak gaptek pula, apa yang harus dilakukan dengan kasus diatas bagi orangtuanya.

Tentunya membuat Orangtua kaget mendengarnya ketika anaknya menyalahi aturan, aturan sekolah atau aturan rumah, nah dari sini PR besar buat Orangtuanya begitu juga pihak sekolah, tentunya aku ikut berfikir keras akan hal ini, khawatir terjadi sesuatu hal yang lebih dahsyat.

Ketika aku ngasih masukan buat orangtuanya, "langkah baiknya kita bermodal buat pasang internet dirumah, kita pasang komputer atau laptop diruang tengah rumah atau ruang keluarga, tidak diperkenankan anak internetan didalam kamar, disitulah anak akan berasa nyaman, anak bisa terpantau apa yang dilakukan di internet, yang paling penting adalan komunikasi orangtua dan anak (ABG) bisa terjalin lancar" Alhamdulillah itu semua terwujud.


Langkah bagi Sekolah
Pihak sekolah akan diem kah ? oh tidak, tentunya dengan berfikir keras tentang kejadian itu, aku sempet berfikir hal apa yang harus diwujudkan bua para abg-abg yang baru melek internet, dengan segala fungsinya, aku punya keinginan walaupun sasarannya bisa tidak bisa langsung dipahami akan tetapi apara ABG bisa mengerti fungsi dan kegunaan menggunakan internet.

Pembukaan MOS dengan Seminar Internet Sehat
Tahukah MOS (Masa Orientasi Siswa) dulu jaman kita pembukaan MOS itu dnegan adanya penataran p4, terus ditiadakan, tapi langsung dengan berbagai kegiatan internal sekolah, tapi pada saat itu aku punya ide MOS bukan perpeloncoan atau kegiatan yang seperti biasa dilakukan oleh sekolah-sekolah lain, tapi MOS disini diAwali dengan kegiatan Seminar Internet Sehat.

Tentunya mengundang dari luar yaitu aku datangkan dari Relawan TIK, itu berlangsung sehaarian, disitu pula anak-anak disuguhkan dengan materi-materi yang membuat anak-anak ABG paham, dari mulai slide tentang sosial media (facebook, twitter dsb) di jelaskan dari tim Relawan TIK juga yaitu kang @fajar_yes juga selain itu para abg-abg juga dikenalkan dengan dunia Blogging yang dijelaskan oleh sang senior Blogger Bandung @bangaswi.

Dengan mengenalkan Internet Sehat kepada para abg-abg bisa minimal bisa mengenal lebih jauh, kegunaan beberapa yang digunakan oleh para ABG tersebut, dan meminimalisir hal-hal yang negatif, dengan peserta 150an, siswa baru dan siswa lama wajib mengikutinya.

Sambutan luar biasa pada saat itu, kegiatan MOS dibuka dengan seminar Internet Sehat, tentunya sangatlah penting untuk saaat ini terutama buat para ABG yang masih rasa ingin tahu lebih luas, moga bisa bermanfaat ya.