.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Wednesday, March 27, 2013

Kapan Kaka Boleh Maen Game ?

Obrolan para Emak sekarang-sekarang ini kalau membahas tentang anaknya, sering mereka "share" mengatur jadual anak dalam maen game,
"pusiing deh anakku dah gandrung ke warnet maen Game Online" 
" maen PS susah diaturnya lupa makan bahkan sholat pun tertinggal" 
 "maen PS bahkan  bapaknya juga yang suka ikut-ikutan maen PS malah lebih anteng bapaknya"
Sering temen-temen curhat seperti itu apalagi Bapaknya ikut-ikutan pula, maka disinilah letak kekompakan dalam mendidik dan mengarahkan anak antara Ayah dan Ibunya.

Beda pada zaman kita dulu masa-masa SD, sepulang sekolah setelah makan, ganti baju seragam, sejenak istirahat, bermain keluar rumah, kita cari tepat yang agak luas, ada beberapa permainan dulu, kalau disunda bisa dibilang "kaulinan lembur" , jaman aku dulu paling seneng permainan "congklak, sondaah, petak umpet, loncat tinggi pake karet dll".
Rasanya ada kepuasan bathin, apalagi ampe keluar keringet apalagi kalo udah maen di Sawah, :) mungkin permainan ini masih ada di desa-desa. dan sangat banyak manfaatnya pemainan ini, anak-anak lebih bisa ber eksplorasi, motorik kasar dan halusnya pun berjalan seimbang. 
Sumber poto : google

Beda hal dengan Game-game di era Digital ini, terkadang para orang tua sulit mengatasi game-game era digital saat ini (Game Online, PS dsb), terhadap anak-anaknya, Bagaimana sih caranya mengatur waktu anak dalam bermain game, padahal kalau dibandingkan dengan jaman dulu, anak-anak tidak dibatasi dengan waktu untuk bermain-main diluar rumah, harus hari apa, jam berapa, walaupun dulu dibatasi dengan sholat, makan, ngaji, dah magrib dah dirumah.

Sumber poto : Pribadi

*Komitmen Jadwal Maen Game
Sebelum kita menjadwalkan kapan Kaka  bisa bermain game, tapi kita harus bijak pula, anak tidak merasa terpaksa, Komitmen awal kita bisa tanamkan kepada anak-anak, "Boleh Kaka maen game tapi hari Sabtu dan Minggu, dan dari Jumat juga Boleh tapi ketika pulang sekolah, " ( karena memang kebetulan anak-anakku sekolahnya ampe hari Jumat)
Tapi kalo hari minggu waktunya ampe setelah sholat ashar ya,".

Dengan begitu anak-anak pastinya ada pertanyaan-pertanyaan, "kenapa gak boleh selain hari itu, knapa gak boleh pas pulang sekolah langsung maen Game" pertanyaan-pertanyaan itulah mungkin akan muncul, " Hari-hari biasa bisa dimanfaatkan buat baca2 buku pelajaran dan cerita-cerita tentang disekolah juga sama Ummi" sedikit juga si Kaka dah ngerti, kita jadilah orang tua bijak, Tentunya pengawasan dalam pemilihan jenis Gamenya kita harus jeli.

Tapi Insya Alloh kita semua bisa mengarahkan yang tepat buat anak-anak kita, minimal dalam penjadwalan dulu, ini yang lebih utama karan akan mengganggu semuanya (belajar, komunikasi , sosialisasi dsb).
http://tips-dunia-anak.blogspot.com
http:/tips-dunia-anak.blogspot.com

*Konsistensi pengaturan jadwal maen Game
Nah..yang sangat sulit tuh saat ini, mungkin bisa dirasakan juga oleh para orang tua memberikan suatu komitmen terhadap anak, tidak hanya untuk satu hari atau satu minggu, tapi pembiasaan seterusnya, ketika anak merengek pengen maen game di hari yang tidak sesuai dengan komitmen kita, kembali pada konsistensi kita, sekali Tidak ya Tidak, mungkin awalnya ada perasaan tidak tega, tapi disitulah letak kita menjadi orangtua yang tegas,.

Alhamdulillaah dengan pembiasaan tersebut, walaupun anak merengek bahkan mungkin sekali kali ngamuk, tetaplah pada konsistensi kita, sabaarr, mungkin tega demi kebaikan, Tapi dari pembiasaan itu jadilah terbiasa, si Kaka tidak akan nagih lagi maen game diluar jadwal komitmen kita.

Demikin pula Adiknya, karena pembiasaan si kakanya otomatis adiknya pun ikut terbiasa, dengan girangnya kalau udah masuk hari Jumat pulang sekolah, anak-anak udah langsung pengen maen Game dan setelah itu jadwal kapan mereka berhenti maen game sudah tidak harus dipaksakan. semuanya akan indah pada waktunya, Orangtua nyaman begitupun anak-anak pun nyaman tanpa Paksaan..insya Alloh
Post a Comment