.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Tuesday, December 24, 2013

**Semua Anak itu JUARA**

                                               

Beberapa hari kemarin kita para orangtua terutama para Ibu, dibikin harap-harap cemas dari mulai persiapan anak-anak kita UAS ampe ke pembagian Raport, tapi kita sebenarnya tidak perlu merasa panik dengan nilai-nilai anak-anak kita.

Mungkin dibeberapa orangtua ketika Anak Ujian ikut tegang malah terjun langsung dalam pendampingan belajar Ujian anak-anak, dan tidak sedikit pula saat-saat pendampingan anak Ujian, banyak anak-anak yang nangis karena gregetnya orangtua menginginkan anaknya bisa.

Padahal dengan cara begitu pula si anak malah stres dengan tingkah polah orangtuanya yang gemees dan greget, mugnkin ada orangtua yang ampe teriak, karena si anak tidak bisa..."mana mungkin anak bisa memahami pelajaran kalo dengan cara yang salah.

Mungkin pula aku masih mendengar perkataan-perkataan "dasar bodoh" alam awha sadar si anak ngerasa bener2 bodo, hati-hati yaa...berikan energi positif buat anak-anak kita, karena semua anak itu pada dasarnya adalah JUARA.

Ketika pembagian Raport kemarin mungkin diantara Orangtua ada yang kecewa, ada yang senang dengan hasil belajar anak-anak kita, atau mungkin si orangtua langsung marah-marahin si anak, karena nilai yang jelek daripada teman-temannya, tentunya orangtua ngerasa iri hati, knapa anak mereka seperti itu, anak saya seperti ini, JAUHKANLAH yaa pikiran-pikiran membandingan dengan anak Orang Lain.


Kutipan dari salah satu forum Orangtua Sekolah anak-anakku di Social Media, dan bisa dijadikan dasar renungan buat kita orangtua :

Hari ini..
Ibu Muda tak mampu tertawa atau menangis, menerawang angka-angka dibawah tujuh..
Seperti tersambar petir...
tertembak peluru was was dari sang walikelas..
Anaknya Rngking buncit...
Anaknya mungkin gagal...
Anaknya akan berdiri pada urutan terbelakang...
Tak ada senyum manis dari para guru....
Tak ada secuil harapan dari kepala sekolah..
Tak ada apapun pada gedung Membisu..
Hari ini...
Ibu muda tak mampu tertawa atau menangis..
Mendengar pertanyaan sang anak..
Mengapa Ummi sedih ?..
Ada apa dengan Aku ?
Ada Apa dengan RAportku ?
Seperti ada bendungan kokoh dimulut sang ibu..
Tak mampu menjawab..
Hanya tersenyum, menangis, lalu tertawa kecil..kemudian celoteh itu mengalir...
Gak apa apa nak...
Dimata Ummi, hari ini dan seterusnya...
Kamu adalah JUARA...
Kamu adalah Bintang...
Nilai kamu 100, karena selalu rajin sekolah.
Nilai kamu 100, karena selalu mencium Tangan Ummi sebelum berangkat sekolah..
Nilai kamu 100, karena kamu selalu takut berbuat Dosa.
Nilai kamu 100, karena selalu meminta maaf setelah berantem
Nilai kamu 100, karena kamu punya banyak sahabat.
Nilai kamu 100, karena kamu selalu menyapa nenek tua disebelah sekolahmu..'
Hari ini..
Ibu Muda tak mampu tertawa atau menangis..
Lalu keluar dari kelas..
Memeluk buah hatinya.
Lalu berbisik....
"Nak, kamu JUARA bagi Ummi dan bagi seisi bumi...PERCAYALAH"

Bisakah kita memberikan energi-energi positif ini buat anak-anak kita, pernah aku posting beberapa waktu lalau seberapa pentingnya RANGKING ? banyak orangtua rangking menjadi suatu tolak ukur kecerdasan terhadap anak, padahal bukan itu saja, banyak hal yang lebih penting seperti dalam postingan tersebut.

Semoga kita bisa mengambil hikmahnya, Semua anak cerdas, semua anak Pintar, semua anak JUARA..







Sunday, December 15, 2013

Kemandirian Usia SD dan SMK di Alam Bebas (SuperCamp)

Sebulan yang lalu tepatnya Oktober akhir dan November Awal, hari-hari disibukkan dengan acara anak- anak SuperCamp atau lebih dikenal lagi Kemping, berawal dengan kegiatan Kaka dari sekolahnya wajib semua Siswa kelas 4-6 mengikuti pelaksanan superCamp, ini adalah dilakukan tiap tahun oleh Kaka, dan sekarang di akhir tahun, karena kaka kelas 6 dan dilaksanakan 3 hari 2 malam.


                                                        Upacara penutupan Supercamp (RancaUpas)

 Dengan suka cita kaka mempersiapkan nya dengan mateng, tanpa harus di komando lagi, :) walapun sedikit-sedikit saya mengeceknya.Tahun ini supercamp dilaksanakan di RancaUpas Ciwidey, kalo dilihat dengan jarak tentunya tempat yang relatif jauh buat ukuran SD ya, dan suhu udara yang lumayan dingin
 tapi karena udah biasa lagi, kita udah lepas, dan yakin semuanya baik-baik aja.

Penjemputan Kaka dan mandi lumpur, dgn keceriaan anak2

Supercamp merupakan suatu pembelajaran bagi anak-anak untuk :
1.  Kemandirian     ; mulai dari persiapan dari rumah, terus yang biasa dirumah teriak minta bantuan                                             emaknya atau pembantu, di supercamp anak bisa belajar bagaimana mengurus diri                                         tanpa ada bantuan orang lain.
2. Kedisiplinan     ; Tentunya disiplin waktu dengan berbagai kegiatan yang harus mengikuti semua aturan                                     dan tata tertib yang telah ditentukan.
3. Kepemimpinan ; Anak disiapkan menjadi peminpin, siap mengambil keputusan, dalam berdiskusi                                             dengan temen2 kelompoknya,.
4. Solidaritas        ; Saling berbagi, saling tenggang rasa, saling kerjasama, disitu anak-anak bisa                                                   merasakan arti persahabatan, dsb.
5. Mengenal Alam lebih dekat, tentunya ini merupakan hal yang harus dipahami, bahwa semua cipataan                                            Alloh, anak-anak bisa merasakan betapa MAHA indah  dan  MAHA kayanya                                              Ciptaan ALLOH swt, Alam dan seisinya anak-anak bsia merasakan Alam secara                                          langsung.
6. Merasakan Jauh dengan Orang Tua ; di Supercamp biasanya ada session penting di malam terakhir,                                     adanya Renungan di alam terbuka, selain mengenal Alam sebagai ciptaan Alloh swt,                                       biasanya anak-anak diberikan suatu wejangan, bagaimana bisa merasakan jauhnya                                       dengan orang-orang yang dicintai (orangtua, kaka, adik dsb) bisa merasakan ketika                                       mereka biasa melawan, biasa berantem sama kaka atau adiknya, disini pula anak-                                         anak merasakan Betapa pentingnya mereka dalam kehidupannya, apalagi seorang Ibu                                  yang telah melahirkan, anak-anak banyak menangis di session ini.


persiapan SMK Supercamp GunungPuntang

Kenapa aku bisa merasakan  pentingnya Supercamp bagi anak-anak, karena aku bercerita bukan hanya p untuk Kaka aja yang tiap tahun wajib mengikutinya, ternyata emang begitu penting, bahkan yang punya penyakit Asma sekalipun, anak-anak malah sembuh, adanya Terapi Alam.

Tugas di Kesiswaan di SMK otomatis tanggung jawab penuh untuk acara2 tersebut, usia SMK sekalipun tidak beda jauh dengan anak2 SD, pentingnya SuperCamp, manfaatnya sama, tapi beda dengan kegiatan yang berbau Andrenalin aja, terakhir aku bawa anak-anak SMK Supercamp di Gunung Puntang, Andrenalinnya luar biasa, dengan game2 seru, seperti "Caracter Building", Jurit malam, outbond, dsb, tantangan mereka luar biasa, dan tentunya menyenangkan bagi mereka.


Suasana perkemahan Gunung puntang

Kembali pada diri kita ya mak, jangan pernah mematahkan semangat anak, apalagi namanya kemping orangtua apalagi anaknya masih usia SD bahkan SMK sekalipun, kadang ada aja orangtua merasa kekhawatiran tinggi, lepas aja, kita hilangkan sugesti-sugesti negatif, rasakan apa yang didapet ketika anak-anak pulang dari Supercamp, Cerita-cerita menarik dan kehebohan pengalaman anak-anak sepulang dari supercamp, kedewasaan muncul dari cerita-ceritanya, apa yang kita khawatirkan ketika ditinggal anak-anak supercamp, tapi ternyata anak-anak malah menikamti keseruannya


                                                     CaracterBuilding buat Siswa SMK


Bagaimana anak-anak hidup dialam terbuka, bisa merasakan :
1. Merasakan tidur di  tenda dengan apa adanya, tidur hanya ber alaskan Sleeping bag aja, belum hujan,            otomatis anak-anak merasakan kalo hidup tanpa rumah., tanpa gadget, TV dsb.
2. Merasakan makan apa adanya, tapi mereka bisa menikmati, dan begitu enjoy nya.
3. Merasakan ketika pergi memakai Truk tentara, anak-anak punya keanehan, dan kecerian khusus  :) 

Semoga kita menjadi bagian dari Orang tua - orangtua yang Hebat buat anak-anak....amiiin







Tuesday, December 03, 2013

Dilema Anak2 UAS dan Blogger Nusantara 2013

Sebenernya dari judul postingan diatas orang akan ada yang bilang mungkin nggak nyambung, apa hubungannya antara anak2 UAS dan acara Blogger Nusantara 2013, bagi aku minggu-minggu sebelum tanggal 29 November sungguh membingungkan, ketika ada undangan acara Blogger Nusantara  Yogyakarta 29-1 Desember 2013, dan pada saat itu pula aku menerima surat dari sekolah anak-anak dengan isi jadwal UAS dan kisi-kisinya pula, untungnya Sekolah memberikan Jadwal dan tidak ada perubahan jauh-jauh hari.

Saat itu bersyukur juga kalo ada perubahan jadwal dari sekolah anak-anak, bukan tanggal 2 Desember UASnya, tapi dari surat yang beredar 2 minggu sebelumnya, aku udah mikir mateng, sempet juga sih agak dilema, kebayang kalo pada saat pulang dari Blognus 2013 hari senin ...waduuuh kapan anak-anak dibimbing belajarnya, walaupun kalau Kakanya udah luamyaan lah bisa belajar mandiri tapi tetep pendampinganku saat belajar diperlukan banget.

                                                    Persiapan seminggu sebelum UAS

Akhirnya setelah berfikir keras, gimana caranya anak-anak UAS aku bisa mendampinginya dalam belajar dan gimana caranya pula aku bisa ikut Blognus 2013, tetep yaa pengeen ikutan secara Kopdar besar-besarnya..ngiler !!

Yang pertama aku lakukan karena khawatir keburu tutup pendaftaran BlogNus 2013 aku tetep mendaftarkan diri dengan penuh yakin, daaaan...selesei ampe email konfirmasi dari panitia, terdaftar deh ikutan acara besar tersebut.

Selanjutnya yang lebih utama tetep yaa Fokus terhadap UAS anak-anak, Nah ini Trik jitu aku lakukan kemaren terhadap anak-anak dalam mempersiapkan UAS disamping mempersiapkan ikut acara BlogNus 2013 :
  1. Yakinkan jadwal UAS anak-anak kepada para walikelasnya tidak ada perubahan  jadwal maupun kisi-kisinya.
  2. Seminggu sebelum pemberangkatan ke event BlogNus 2013 anak2 disiapkan dan difokuskan untuk mempersiapkan UAS, “cari moddynya anak2”
  3. Setiap hari setelah pulang sekolah, dan setelah Moddnya dapet buat belajar persiapan UAS, sambil bermain satu2 anak tanya jawab sesuai dengan kisi2 yang diberikan dari sekolahnya, “tetep ya hindari emosi, fokus ke  konsep belajar tanpa tekanan” .
  4.  Yang diUtamakan  adalah Mata Pelajaran hari senin yang akan di UASkan.
  5.  Setelah tanya jawab minimal 1 pelajaran 30 menit -1 jam dah cukup banget bagi anak-anak, kalo ada waktu luang lagi dan anaknya mood boleh kita tanya jawab lagi mata pelajaran lain, terus dan terus seperti itu, kecuali matematika kita kasih contoh soal.


Simple kan ya, tapi proses dalam mempersiapkan Moodynya yang terkadang kita kebingungan, dengan cara kita sabar, tahan emosi liat kondisi anak-anaknya..pasti semua bisa dilakukan.

Tepatlah tanggal 28 november aku matengkan lagi terutaman buat hari Seninya UAS hari pertama, begitu itu semua siap baru aku bisa Packing untuk mengikuti acara BlogNus 2013.

Setelah 3 hari 3 malam aku meninggalkan anak2 dirumah, tepat sepulang acara BlogNus 2013 kemaren perjalanan Jogja-Bandung dari kota gudeg tersebut jam 17.00 kurang lebih, dengan memakai kendaraan pribadi, pas nyampe Bandung tanggal 2 hari Senin tepat pukul 5 lebih pagi-pagi, karena bareng dengan temen2 Blogger Bandung Lainnya tepat nyampe rumah pukul 5.45 wib. 

                     Rombongan Blogger Bandung yang siap berangkat ke BloggerNusantara Jogja 2013

Udah diprediksi pulang hari senin pagi, tepat anak-anak mulai UAS hari pertama, dan anak-anak udah siap menghadapi UAS, karena seminggu sebelum pemberangkatan ke Jogja anak-anak udah disiapkan juga mengikuti UAS, jadi ketika pulang kerumah sedikit tanya jawab walaupun aku dalam keadaan letih dan ngantuk perasaan penasaran tetep ada, dan alhamdulillah lancar, moga menghasilkan nilai yang terbaik yaa...

UAS lancar...BlogNus 2013 pun bisa ...

  



Sunday, November 10, 2013

ABG dilarang internetan,malah lebih Liaar..

Ngomongin tentang ABG, banyak banget ya, tapi karena numpuknya cerita-cerita tentang ABG, tentunya ketika mau ditulis ngebleng, mana dulu yang harus ditulis, kebetulan ada ajang Lomba posting tentang kata kunci "ABG" malah dalam pikiran yang keluar adalah judul diatas, Mengapa ?

Karena pengalaman yang aku alami menangani anak-anak ABG, adalah judul diataslah yang paling fenomenal selama menangani beberapa kasus para ABG, yaaa cerita ABG tuh bener-bener lucu, jangankan ABG sekarang yang serba canggih, jaman kita ABG dulu aja ceritanya bisa beberapa Episode deh hehehe, kaya sinetron.

Berbicara fenomenal,Karena Aku bertanggung jawab untuk menangani para ABG-ABG, tentunya sebuah PR besar bagi aku, dari ratusan kasus ABG yang menjadi fenomenal tersebut , sungguh diluar pikiranku saat itu, Ya maaf bukan untuk diekspos disini dengan kasus tersebut tapi hanya sebagai pembelajaran bagi kita, tentunya bukanlah hal yang mudah, tapi perlu direnungkan buat kita terutama buat para Orang tua.

Mungkin cerita ABG inilah yang menurutku Fenomenal tapi belum tentu orang lain berfikir beda, atau aaaah biasa aja ko...:P .
Ternyata kita melarang anak apalagi usia ABG untuk Internetan di jaman sekarang itulah salah besar, tentunya Orangtua perlu melek teknologi, manfaat juga dampaknya Internetan bagi Anak, tentunya ini perlu pengawasan maksimal.

Kasus Nyata.
Sebelumnya saya mohon maaf sekali lagi bukan berarti ini mengekspos yaa, kita petik hikmahnya dari Pengalaman menangani ABG yang fenomenal amatlah diluar dugaan saaat itu, ketika seorang pengajar konsisten terhadap siswanya tidak mengaktifkan HP atau Silent di kelas saat pembelajaran,.

Pada saat itu kebetulan salah satu siswa ketauan menggunakan HP dengan membalas chatingan WA (WhatApps), tentunya gerah dong bagi pengajar bersangkutan, diambilah HP tersebut, ketika HP diambil si ABG tersebut sebelum diberikan ke pengajarnya, micro SDnya dicabut dulu, ..aaaaahh bikin curiga kan ?? (ada apa didalam microSD tersebut ??).

Karena bikin curiga Akhirnya si microSD tersebut bisa keambil, didalam micro SD setelah dibuka adanya 11 file "film-film Negatif" selebihnya lagu-lagu dan film-film biasa, oalaaaah... :D

Salah Satu Dampak Dilarang Internetan
Dari cerita fenomenal ABG tersebut tentunya Orangtuanya dipanggil, kebetulan orangtua hadir dua2nya (Ayah dan Ibu), ketika berkomunikasi dari hati ke hati dengan orangtuanya, dan tentunya tanggungjawabku bagaimana caranya si orangtuanya tidak tersinggung dengan kejadian ini, alhamdulillah ternyata berhasil.

Setelah berkomunikasi panjang lebar, tepat sasaran juga, kenapa si ABG ini bisa seperti ini, ternyata selama ini Orangtuanya udah gerah dengan sikap anaknya yang s ring keluyuran ampe jam 11 malem, knapa bisa seperti itu, anak gak betah dirumah, ternyata oh ternyata, si ABG terang-terangan bilang ke aku depan OrangTuanya langsung "Bu saya tidak boleh maen internetan sama ayah dan bunda, suka marah kalau tau internetan" .

Wuuiih anak gak boleh Inetrnetan tetapi si ABG tersebut malah dibelikan HP Smartphone, tentunya dengan applikasi yang lengkap si anak lebih melek dengan teknologi didalamnya, dan kemana aja ketika pulang ampe malem, sianak tersebut bilangnya dari Warnet, padahal depan rumahnya ada warnet, si anak ini malah mencari warnet yang agak jauhan.

Dan dari pengakuan si ABG tadi orangtuaya punnyeletuk " Kami emang melarang anak-anak Internetan karena akan susah belajar dan banyak negatifnya", justru dengan melarangnya anak internetan malah semakin liaaar, dan anak seakan pengan mencoba dan mencoba apalagi kejurang hal yang negatif tadi, ini hanya baru film khawatir mempraktekkanya film tsb, semoga tidak.

Langkah bagi Orangtua 
Dengan berkembanganya arus teknologi semakin canggih tentunya orangtua musti ikut cerdas dalam mengikuti jaman ini, tidak diem, dan tidak gaptek pula, apa yang harus dilakukan dengan kasus diatas bagi orangtuanya.

Tentunya membuat Orangtua kaget mendengarnya ketika anaknya menyalahi aturan, aturan sekolah atau aturan rumah, nah dari sini PR besar buat Orangtuanya begitu juga pihak sekolah, tentunya aku ikut berfikir keras akan hal ini, khawatir terjadi sesuatu hal yang lebih dahsyat.

Ketika aku ngasih masukan buat orangtuanya, "langkah baiknya kita bermodal buat pasang internet dirumah, kita pasang komputer atau laptop diruang tengah rumah atau ruang keluarga, tidak diperkenankan anak internetan didalam kamar, disitulah anak akan berasa nyaman, anak bisa terpantau apa yang dilakukan di internet, yang paling penting adalan komunikasi orangtua dan anak (ABG) bisa terjalin lancar" Alhamdulillah itu semua terwujud.


Langkah bagi Sekolah
Pihak sekolah akan diem kah ? oh tidak, tentunya dengan berfikir keras tentang kejadian itu, aku sempet berfikir hal apa yang harus diwujudkan bua para abg-abg yang baru melek internet, dengan segala fungsinya, aku punya keinginan walaupun sasarannya bisa tidak bisa langsung dipahami akan tetapi apara ABG bisa mengerti fungsi dan kegunaan menggunakan internet.

Pembukaan MOS dengan Seminar Internet Sehat
Tahukah MOS (Masa Orientasi Siswa) dulu jaman kita pembukaan MOS itu dnegan adanya penataran p4, terus ditiadakan, tapi langsung dengan berbagai kegiatan internal sekolah, tapi pada saat itu aku punya ide MOS bukan perpeloncoan atau kegiatan yang seperti biasa dilakukan oleh sekolah-sekolah lain, tapi MOS disini diAwali dengan kegiatan Seminar Internet Sehat.

Tentunya mengundang dari luar yaitu aku datangkan dari Relawan TIK, itu berlangsung sehaarian, disitu pula anak-anak disuguhkan dengan materi-materi yang membuat anak-anak ABG paham, dari mulai slide tentang sosial media (facebook, twitter dsb) di jelaskan dari tim Relawan TIK juga yaitu kang @fajar_yes juga selain itu para abg-abg juga dikenalkan dengan dunia Blogging yang dijelaskan oleh sang senior Blogger Bandung @bangaswi.

Dengan mengenalkan Internet Sehat kepada para abg-abg bisa minimal bisa mengenal lebih jauh, kegunaan beberapa yang digunakan oleh para ABG tersebut, dan meminimalisir hal-hal yang negatif, dengan peserta 150an, siswa baru dan siswa lama wajib mengikutinya.

Sambutan luar biasa pada saat itu, kegiatan MOS dibuka dengan seminar Internet Sehat, tentunya sangatlah penting untuk saaat ini terutama buat para ABG yang masih rasa ingin tahu lebih luas, moga bisa bermanfaat ya.




Tuesday, September 10, 2013

Usia 13 tahun ngapain aja !!

Lagi gencar-gencarnya di usia 13 tahun  dengan berbagai pemberitaan tentang kecelakaaan maut oleh Dul Ahmad Dani di usia 13 tahun, baca pemberitaan di berbagai media social maupun cetak.
" sedih",
" miris"
"ngeri"
"meridinglah" campur aduk deh, yaa bacanya ampe kerut kening juga, dan pertanyaan dalam hati, koq bisa yaa.

Apakah semua para orangtua mempunyai pemikiran hal yang sama kaya aku ? mungkin karena aku seorang Emak yang mempunyai putra juga menjelang usia 13 tahun pula, dan aku bayangin juga bagaimana usia-usia 13 tahun itu ngapain aja, seperti halnya c kaka yang menjelang usia 13 tahun yang nggak jauh beda ama Dul.




Usia 13 tahun = masa Anak-anak menjelang remaja (ABG)

Menyimak dengan prilaku c kaka saat-saat ini adalah masa dimana menjelang Remaja, dari mulai Baju ampe prilaku, baju udah masuk usia tanggung anak bukan remaja juga belum, bahkan lebih kagetnya juga no sepatu udah no 40, celana jeans juga udah masuk ke dewasa.

Tapi masa-masa usia tersebut si kaka blom ada yang namanya suka atau tertarik terhadap temen perempuannya, dan tampak masih jauh ya, bahkan masih suka yang namanya mainan mobil2an,hotwheels, bahkan kalo mandi pun masih harus di komandoin :),  berdasarkan survei ke ibunya yang anak2 sebaya c kaka ternyata masih sama koq dengan c kaka.

Jelang Adzan Magrib anak-anak udah harus ada dirumah,terkadang kalo liburan suka maen2 diluar rumah ampe jam 9 malem sekitar komplek ama temen2 komplek dan itu pun terawasi waduh jauh banget harus pulang dini hari, apa yang berbedanya ya,  apa karna status sosial atau,lingkungan ? silahkan jawab masing-masing :) .

Ingin belajar berkendara ?

Usia-usia 13 tahun masa usia pengen terlihat serba bisa terhadap temen-temennya, tapi seberapa pentingnya anak usia 13 tahun bisa berkendara motor ataupun mobil.

Sempet si kaka merengek minta diajarin motor, pokonya hari minggu minta diajari, dengan gayanya so udah gede, " liat neh kaki aku udah nyampe ke bawah" padahal dia belum ngerti seberapa pentingnya harus bisa motor, dan sekarang keingin minta diajarin motor udah pupus, karena pas depan rumah anak kelas 6 pake motor boncengan ama temennya tabrakan ama motor lagi, ampe c anak tsb terjungkal saat itu meninggal, disitulah c kaka ngerasa khawatir " mii ntar aja deh gak jadi sekarang yaa belajarnya, ngeri liat yang meninggal kemaren ", terus pernah juga ketika aku angetin mobil, sebentar aku masuk rumah dulu ada yang ketinggalan, ketika keluar lagi mendekati mobil yang lagi di angetin, c kaka udah pindah ke kursi yang ada stirnya, saat itu aku sempet kaget dan pikiran negatif langsung ada.

Dan Spontan c kaka bilang "Umii kaki aku udah bisa ngegas dan udah nyampe juga, dan kursi aku tarik kedepan jadi nyampe deh" perasan dan hati langsung degdegan, tapi aku saat itu bilang juga " aiih anak umi udah gede, udah nyampe pijakan pedal kopling dan gas, tapi sekarang kaka belum saatnya ya, kalo udah 17 tahun boleh " dengan gemeteran aku m inta c kaka pindah kursi dan Alhamdulillah bisa memahaminya.

Curi-curi waktu ke warnet
Usia 13 tahun yang aku rasakan saat ini, mencuri-curi waktu kadang ada contohnya pengen game online di warnet, memfasilitasi internet dirumah lebih baik, ternyata ada aja curi2 waktu ke warnet, dengan kejujurannya katanya kalau di warnet lebih seru sama temen2nya, 

Apa yang musti dilakukan kita orangtuanya di rumah, sebisa-bisa anak maen game atau game online di rumah,  dengan serba jurus udah dilakukan dan akhirnya bisa dirumah dipasang wifi bisa beberapa gadget atau laptop, dan akhirnya c kaka maen game online bisa dirumah sambil bawa temen2nya bawa gadget pula, aah jaman udah lain dengan jaman kita dulu, dengan difasilitasi seperti ini bisa terawasi, ke warnet bisa berkurang.

Selain itu juga sepak bola, maen kelereng, maen layangan, maen sepeda permainan-permainan c kaka saat ini yang sering dilakukan di usia 13 tahun saat ini. dan usia dimana rasa ingin tahu terus melanda, lebih kritis juga.

Perlunya pengawasan yang ketat dari orangtua ternyata lebih penting, moga semuanya bisa dijadikan renungan dan pembelajaran bagi para orangtua, Yuuk mak kita luangkan waktu untuk "bersama anak bukan hanya dekat dengan anak" berbagi cerita, berbagi suka dan duka. :)






Friday, July 19, 2013

Ternyata Puasa itu Seru loh Mi !!!

Tahun ini adalah tahun kedua buat Azzam puasa sampe Maghrib, Alhamdulillah dengan senang hati yang dijalankan puasa oleh Azzam, beda ama Kakanya yang sekarang udah tahun ke 6 puasa ampe tamat , tapi ya sudah Kakanya udah cukup dewasa untuk memaknai arti dan pentingnya sebuah Puasa, jelaslah Kakanya udah kelas 6 tapi Azzam baru kelas 2.

Yang akan ditulis disini bagaimana serunya Azzam menjalankan Puasa dan seberapa pentingnya bagi Azzam memaknai Puasa, hmmmm tidak mengira bagiku begitu antusiasnya ketika memasuki Puasa hari pertama,
dan sekarang memasuki hari ke 10, begitu menyenangkan.


Ada beberapa hal yang membuat Anak untuk menjalankan puasa, Sebulan sebelum Ramadhan tiba kewajiban orangtualah jauh jauh  hari memberikan cerita pentinganya puasa di bulan Ramadhan, tentunya Puasa di Ramadhan selain buat anak buat kita jg yang dewasa banyak manfaatnya, :

  1. Lebih Disiplin, Disiplin dari mulai bangun tidur atau Saur, pembiasaan anak bangun tidur subuh sangat sehat. setelah sholat Taraweh, anak bermain sebentar dan kembali tidur, tepat waktu.
  2. Lebih sehat dalam memilah milih Makanan.Yang biasanya tidak suka Sayur, terutama makan Sahur  anak di wajibkan makan Sayur, tapi sebelumnya kita berikan pengertian tentang pentingnya makan sayuran.
  3. Lebih  Komunikatif dengan keluarga (makan bareng terus).Saat saat Puasa makan kumpul keluarga lebih penting, terutama selagi buka Puasa dan Sahur ini, makan bareng sambil ngobrol-ngobrol mendekatkan pada ikatan keluarga yang harmonis.
  4. Lebih Sabar dan tenang, Yang aku liat, selama menjalankan Puasa anak-anak tampak lebih bisa tahan Sabar, lebih tenang.keributan-keributan kecil usia anak-anak wajar, dan lebih bisa di arahkan.
  5. Nah yang ini adalah lebih menggiatkan lagi dalam meningkatkan Ibadah, lebih meningkatkan ketaqwaan. Anak akan lebih banyak berdzikir, karena kalo lagi puasa harus bisa tahan emosi, dan anak lebih sering ke Mesjid, Tadarusan.walaupun seharian juga sering tapi intensitas di bulan Puasa lebih meningkat.


Selain dari 5 point diatas tapi kita bisa memberikan suatu Reward diakhir Puasa tepatnya ketika Idul fitri Tiba, selain angpau dari sanak sodara tapi aku berikan hadiah kesukaannya,Terutama Azzam yang baru Puasa ditahun kedua, dan akan lebih giat lagi, tapi untuk tidak mengejar reward dari kita,selain beli baju baru aku sellau berikan semangat bahwa Orang yang menjalankan Puasa selain dapet hadiah dari Orangtua Tapi dapet hadiah juga yaitu Pahala dari Alloh SWT.

Puasa yang Asik !!
Nah pernah di hari azzam ahmpir kelupaan makan strawberi cokelat yang tentunya segernya, dan kebetulan daerah komplekku tepat depan mesjid Utama setiap sore selalu ada pasar kaget, yang menjual berbagai macam makanan baut berbuka anak-anak setiap sore menjelang buka sellau beli cemilan *ngabuburit*.

Pas nyampe rumah kadang makanan tersebut dimakan abis kadang tidak, karena udah tergiur juga dengan makanan yang dibuat dirumah.

Suatu ketika Azzam sama Kakanya beli Strawbery cokelat itu, sepanjang jalan, karena Kakanay sibuk dengan temen-temennya kelupan termakanlah dijalan makanan tersebut, hampir mau adzan, abis deh satu strawberri, nyampe rumah teriak-teriak keluaaaan "Umiiiii aku lupaaa makan strawbeery" hadeh kalo lupa mah lanjut aja.

Tapi ada perasaan berdosa tertanam diri azzam, dapet pahala gak yaa, dapet hadiah juga gak yaa, dan seterusnya Azzam lebih hati-hati lagi. dan Azzam berkata " Miii Puasa itu seru yaaa"

Wednesday, May 15, 2013

Kado Terindah, ULTAH Kaka Azka dari ASEAN Blogger 2013

Bertepatan dengan event besar ASEAN Blogger, di salah satu acara tersebut ada Lomba LiveTweet, dari mulai hari pertama sampe hari ketiga, di hari pertama ketentuan dari panitia harus memasang @aseanblogger @TelkomIndonesia dan #ABFI. ada juga ketentuan ketentuan lain live tweet twipic memakai @XL123 #ABFI2013, begitu juga dengan hari terakhir adalah @IndonesiaGaruda #ABFI.

 Ketentuan-ketentuan tersebut haruslah diikuti oleh peserta yang ikut serta Lomba, aah dengan tidak  terlalu Optimis menang pada saat itu, karena memang melihat saingan yang begitu berat, apalagi 250 peserta, seneng aja meramaikan acara besar ASEAN Blogger 2013 :P

Singkat cerita, Hari terakhir Minggu 12 Mei 2013 adalah hari penutupan  Acara ASEAN Blogger 2013 yang bertempat di Pendopo Keraton Surakarta, setelah semuanya dilelahkan dengan cuaca yang lumayan Panas tapi tidak mematahkan semangat semua Partisipant ASEAN Blogger 2013:).

Dengan seabreg acara di penutupan ASEAN Blogger diakhir acara langsung pengumuman Lomba LiveTweet, nggak nyangka juga sih pertama yang diumumin adalah livetweet hari pertama dengan sponsor telkomindonesia, dan Alhamdulillah menang  pertama lomba tersebut, syukur Ya Rabb . :) *nyombong* :P (maapkan men temen hihi), tadinya lapeer jadi kenyang...:)


                                                       Sumber poto : aseanblogger.com

Kado terindah buat Kaka

Kemaren lupa distatus BBM 12 tahun Azka. padahal masih 11 tahun, aah emak yang aneh, maapkan ya ka, karena disaat Kaka Azka tepat Ulang Tahun kemaren, 13 Mei 2013, bertepatan juga kepulangan Ummi dari ASEAN Blogger Solo selama hampir 5 malem karena dengan perjalanan Rabu ampe Senin pagi, ntahlah perjalanan Solo -Bandung lumayan melelahkan tapi banyak berjuta kenangan.

Karena kita rombongan #BloggerBandung mendapatkan tiket Kereta tujuan Solo Balapan-Bandung tanggal 12 Mei pukul 21.00 otomatis nyampe  Stasiun Bandung Tanggal 13 Mei 2013 pagi hari dengan membawa berkah buat Kaka Azka. *pelukcium Ummi*



Met MILAD Kaka Azka sayang..

Ya Allah. Anugerahkan kepadaku kelangsungan hidup anakku, panjangkan usianya, sehatkan badannya, akhlaknya, agamanya, sejahterakan jiwa dan raganya, alirkan rezekinya melalui tanganku, anugerahkan kepadanya kecerdasan akal dan kebeningan hati.
Bantulah aku, mendidiknya, berbuat baik kepadanya dari sisiMu. Jadikan anakku, mendekatiku, menyayangiku, mencintaiku. Jadikan anakku, orang yang baik dan takwa, yang punya pandangan dan pendengaran yang taat kepadaMu, yang mencintai dan setia kepada kekasihMu, Muhammad. amiiin







Thursday, April 25, 2013

Memaknai Pahlawan di Hari Kartini

Tahun kali ini sekolah Kaka dan Azzam cukup meriah merayakan Hari Kartini, anak-anak begitu antusias dengan acara ini, pas bertepatan di Hari senin pelaksanaan acaranya. biasa yang sibuk tuh bukan anak-anak tapi Umminya yang sibuk nyari-nyari kostum, *halah*.

Kebetulan bertepatan hari minggu dapet kabar SMS dari walikelas Azzam Bu Ratih 1b, mendadak sih nggak, tapi karena hari minggu biasanya malas-malasan, huntinglaah mencari cari kostum, katanya Azzam ikut lomba busana buat fashion show harus pake kostum Bung Tomo. Wuiiidiih langsung browsiing nyari-yari kostum tersebut. :)

Dan ampe akhirnya hunting juga kostum tersebut, walopun agak susah tapi akhirnya di machingin aja kaya kostum sebenarnya bung Tomo (Pahlawan dari Surabaya). berhasil deh Bung Tomo cilik :P




Anak-anak diwajibkan memakai kostum daerah atau kostum profesi beda sama Kakanya yang santei, tidak terlalu ambing pusing umminya, akhirnya kakanya pakai baju profesi yang simple kata si kaka " kaka mah baju profesi dosen aja deh atau pak guru...batik " *deal deh...yang ada aja :)
Anak-anak SDIT Luqmanul Hakim pada hari itu semuanya macem-macem dengan berbagai kostum daerah dan profesi, termasuk ala koki cili, tentara, dokter, perawat, bahkan Ibu Kartini cilik pun banyak, *bikin gemeess, cubit satu2*:P 
Setiap kelas berbagai macam tulisan lucu-lucu juga, bikin aku ketawa, kreatif banget nak....teteup semangat yaa jiwa nasionalismenya terutama ada tulisan yang buat renungan aku juga neh termasuk para perempuan di indonesia "Wanita Indonesia cerdas dan berAkhlak mulia" perlu garis bawahi juga tuh :) ada juga "Jangan Lupakan Sejarah" terkadang anak-anak sekarang sedikit akan punah dengan sejarah, tapi dengan diadakannya acara ini anak-anak bisa lebih memaknai, arti Sejarah, terutama mengenal Pahlawan secara dekat, tidak hanya dalam pelajaran aja.
Acara kemaren anak-anak melaksanakan Karnaval Hari Kartini dengan berbagai macam balutan kostum pahlawn dan profesi, luar biasa, begitu semangatnya dan tanpa ada keluhan " gerah" dengan kostum tersebut. Apakah kita yang dewasa mampu dan tidak akan ada keluhan dengan kostum-kostum tersebut ? *jawab pada hati masing-masing * :)
Sebelum Karnaval anak-anak dibariskan di lapangan dan penglepasan dari Bapak Kepala Sekolah Bapak Maman Prapman, beliau mengatakan "Ibu Kartini bisa dikatakan kita ingatlah pada Ibumu yang telah mengandung kita 9 bulan dan mengurus kita, mendidik, mengurus, sampe menyiapkan sarapan kita tiap pagi...sayangilah Ibu..dsb" :)


Kemeriahan Hari Kartini di sekolah Kaka dan Azzam tidaklah cukup dengan memakai kostum dan Karnaval keliling komplek dilingkungan sekolah, tapi adanya lomba-lomba yang anak-anak bikin semangat memaknai pahlawan tidak hanya Ibu Kartini aja tapi Pahlawan-pahlawan yang lainnya anak-anak dikutsertakan dari lomba cerita ampe lomba busana pahlawan termasuk Azzam pun ikut serta dalam lomba sebagai Bung Tomo.

Walaupun aku tidak secara lagsung ikut dan nonton lomba-lombanya tapi Kaka dan Azzam punya cerita memaknai Pahlawan, terutama Azzam sebagai bung Tomo sampai hari ini dia pengen selalu dipanggil Bung Tomo bahkan peci pun masih melekat dikepalanya heheheh.

Tidak hanya anak-anak yang memakai kostum tapi para Ustadz dan Ustadzah pun tidak ketinggalan memakai kostum Ibu Kartini dan ibu Ustadzah, eh# Maaf yaa Bapak-bapak guru nya nggak kepoto, sulit motonya gak mau narsis hihihiih.tetep semangat yaa..hehehehe


Thursday, April 18, 2013

Srikandi Blogger 2013 = Cetak Emak melek Digital

Blog bagiku udah menjadi Passsion, entahlah bertahun-tahun mulai ngeblog dari tahun 2005 mencari tau, dan sampai akhirnya punya postingan awal tahun 2006 , semua berasa mimpi, nggak nyangka dari blog menjadi sesibuk ini.

Berniat hanya iseng semata mengisi waktu luang disela-sela mengasuh 2 jagoan yang dua duanya tahun 2006an masih balita, yaa anehnya ko bisa yaa sambil ngeblog, kecintaan terhadap dunia baca dan dunia nulis *nulis khayalan* menjadikan aku sekarang Bisa  mengkhayal, apalagi saat itu fokus untuk menjadikan model isi tulisan blogku  adalah anakku.

Dari blog pulalah aku banyak belajar dan belajar dengan dunia digital, melek digital tuh nggak butuh kantor, cukup jaringan internet, Fokus, konsisten.

Blog inilah menjadikanku  bisa banyak teman, Bisa share tentang bulog, Tentang anak pula, *semua berasa mimpi*, dan dari blog ini pun, bisa dikenal banyak orang Terutama setelah Blog ini berada di rangking 1 kata kunci 'dunia anak' dari tahun 2007, Pencarian 'anak'  Rangking 1 dan Kadang 2 dari 2010.
Perjalanan Yang panjang belajar ini semua sampe Blog ini dibukukan dan sampai dibuat ebook yang sampai sekarang masih terpajang ditoko buku online @Qbaca Judul "My Kids My Adventure"
Dan onair Diradio radio pun menjadi narasumber tentang blog Dan mengisi materi diberbagai kalangan terutama para emak yang ingin belajar blog, Hari hari yang amat menyenangkan.

kegiatan yang padat dari komunitas ke komunitas, terutama bertemu dengan Kumpulan Emak2 Blogger, Dari mulai membuat event gathering KEBBandung hingga sekarang Srikandi Blogger 2013, ajang bergensi Mencetak Para emak melek dunia digital, sungguh luar biasa. Itu semua dari blog.

Aku beberharap Bisa menginspirasi para emak dan calon emak lebih melek dengan dunia digital, banyak pembelajaran didalamnya, menginginkan adanya virus virus positif, Yaitu
1. Memberikan pemahaman tentang pentingnya Blog selain curhat
2.Ingin memberikan class blog secara rutin.
3. Memberikan motivasi Dalam ngeblog Sebagai Emak bisa melakukan posting tanpa harus mengabaikan dan meninggalkan anak-anak

Walaupun itu sseperti mimpi padahal nyata, ntah Bagaimana yang terpenting polapikir kita bisa merubah bahwa emak pun bisa melek dunia Digital

Wednesday, March 27, 2013

Kapan Kaka Boleh Maen Game ?

Obrolan para Emak sekarang-sekarang ini kalau membahas tentang anaknya, sering mereka "share" mengatur jadual anak dalam maen game,
"pusiing deh anakku dah gandrung ke warnet maen Game Online" 
" maen PS susah diaturnya lupa makan bahkan sholat pun tertinggal" 
 "maen PS bahkan  bapaknya juga yang suka ikut-ikutan maen PS malah lebih anteng bapaknya"
Sering temen-temen curhat seperti itu apalagi Bapaknya ikut-ikutan pula, maka disinilah letak kekompakan dalam mendidik dan mengarahkan anak antara Ayah dan Ibunya.

Beda pada zaman kita dulu masa-masa SD, sepulang sekolah setelah makan, ganti baju seragam, sejenak istirahat, bermain keluar rumah, kita cari tepat yang agak luas, ada beberapa permainan dulu, kalau disunda bisa dibilang "kaulinan lembur" , jaman aku dulu paling seneng permainan "congklak, sondaah, petak umpet, loncat tinggi pake karet dll".
Rasanya ada kepuasan bathin, apalagi ampe keluar keringet apalagi kalo udah maen di Sawah, :) mungkin permainan ini masih ada di desa-desa. dan sangat banyak manfaatnya pemainan ini, anak-anak lebih bisa ber eksplorasi, motorik kasar dan halusnya pun berjalan seimbang. 
Sumber poto : google

Beda hal dengan Game-game di era Digital ini, terkadang para orang tua sulit mengatasi game-game era digital saat ini (Game Online, PS dsb), terhadap anak-anaknya, Bagaimana sih caranya mengatur waktu anak dalam bermain game, padahal kalau dibandingkan dengan jaman dulu, anak-anak tidak dibatasi dengan waktu untuk bermain-main diluar rumah, harus hari apa, jam berapa, walaupun dulu dibatasi dengan sholat, makan, ngaji, dah magrib dah dirumah.

Sumber poto : Pribadi

*Komitmen Jadwal Maen Game
Sebelum kita menjadwalkan kapan Kaka  bisa bermain game, tapi kita harus bijak pula, anak tidak merasa terpaksa, Komitmen awal kita bisa tanamkan kepada anak-anak, "Boleh Kaka maen game tapi hari Sabtu dan Minggu, dan dari Jumat juga Boleh tapi ketika pulang sekolah, " ( karena memang kebetulan anak-anakku sekolahnya ampe hari Jumat)
Tapi kalo hari minggu waktunya ampe setelah sholat ashar ya,".

Dengan begitu anak-anak pastinya ada pertanyaan-pertanyaan, "kenapa gak boleh selain hari itu, knapa gak boleh pas pulang sekolah langsung maen Game" pertanyaan-pertanyaan itulah mungkin akan muncul, " Hari-hari biasa bisa dimanfaatkan buat baca2 buku pelajaran dan cerita-cerita tentang disekolah juga sama Ummi" sedikit juga si Kaka dah ngerti, kita jadilah orang tua bijak, Tentunya pengawasan dalam pemilihan jenis Gamenya kita harus jeli.

Tapi Insya Alloh kita semua bisa mengarahkan yang tepat buat anak-anak kita, minimal dalam penjadwalan dulu, ini yang lebih utama karan akan mengganggu semuanya (belajar, komunikasi , sosialisasi dsb).
http://tips-dunia-anak.blogspot.com
http:/tips-dunia-anak.blogspot.com

*Konsistensi pengaturan jadwal maen Game
Nah..yang sangat sulit tuh saat ini, mungkin bisa dirasakan juga oleh para orang tua memberikan suatu komitmen terhadap anak, tidak hanya untuk satu hari atau satu minggu, tapi pembiasaan seterusnya, ketika anak merengek pengen maen game di hari yang tidak sesuai dengan komitmen kita, kembali pada konsistensi kita, sekali Tidak ya Tidak, mungkin awalnya ada perasaan tidak tega, tapi disitulah letak kita menjadi orangtua yang tegas,.

Alhamdulillaah dengan pembiasaan tersebut, walaupun anak merengek bahkan mungkin sekali kali ngamuk, tetaplah pada konsistensi kita, sabaarr, mungkin tega demi kebaikan, Tapi dari pembiasaan itu jadilah terbiasa, si Kaka tidak akan nagih lagi maen game diluar jadwal komitmen kita.

Demikin pula Adiknya, karena pembiasaan si kakanya otomatis adiknya pun ikut terbiasa, dengan girangnya kalau udah masuk hari Jumat pulang sekolah, anak-anak udah langsung pengen maen Game dan setelah itu jadwal kapan mereka berhenti maen game sudah tidak harus dipaksakan. semuanya akan indah pada waktunya, Orangtua nyaman begitupun anak-anak pun nyaman tanpa Paksaan..insya Alloh