.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Wednesday, November 07, 2012

LIburan murah yang mendidik

Terkadang sulit kalau kita memasuki liburan, terutama anak-anak yang udah mulai protes, liburan kemana yaa, pengen ke sana, pengen kesini, ...bingung-bingung akhirnya punya trik jitu, apalagi kalo kita pengen cari yang murah-murah, tapi anak-anak pulangnya punya kesan tersendiri.

Nah akhirnya aku punya ide juga, walaupun Kakanya udah pernah dari sekolahnya, tapi lain kalo ikut rombongan sekolah sama keluarga, tapi si kaka tetep semangat walaupun dia cerita dulu ama adiknya, akhirnya putuskan ke Museum Geologi, tempat ini sebenernay bikin BT itu-itu aja, tapii lain halnya ama anak-anak, si Adiknya jadi penasaran, ada apa didalem Museum itu, soalnya si Kaka cerita tentang Tirex oowww.....

Sampailah ditempat tujuan, anak-anak udah ribut, berapa mi bayarnya...ternyata di museum kita gak bayar, *kasian ya Baru tau* yang bayar cuma parkir doang Rp 2000,-. kesan pertama anak-anak udah pengen poto-poto dulu dari luar, senengnya minta ampuun..narsis sana narsis sini..:) 

Setelah kenyang dengan poto-poto diluar, baru masuk ke dalam museum , hanya menulis di buku data pengunjung beres deh, anak-anak udah melongo, udah lari kesini lari kesana, ketika masuk kearah Tyranosaurus, anak-anak langsung nyeroscos dengan berbagai pertanyan, *siap-siap jawaban bwt mereka *.
Tadinya aku berfikir anak-anak pengen cepet pulang, ternyata diluar dugaan neh, Kapan dan dimana nya pertanyaaan anak, akhirnya dari tempat ke tempat jadi suatu pancingan pertanyaan anak-anak.
Museum bukan tempat yang bikin serem bagi anak-anak tapi disini kita dapat mengambil kesimpulan :
1. Menjadikan Daya berfikir kuat
2. Memancing pertanyaan-pertanyaan 
3. Meningkatkan berfikir yang kreatif sehingga memacing Rasa ingin tahu yang kuat.
4. Mengenalkan Sejarah zaman purbakala.
5. Banyak Ilmu pengetahuan yang didapat di Museum ini
6. dll
Dengan begitu kita Emaknya harus siap dengan pertanyaaan pertanyaan anak, kemanapun kita pergi bersama anak, buatlah suatu kenyamanan buat diri anak.


Nah....di museun Geologi tersebut aku gak nyangka, bakalan lama, paling satu Jam deh, ternyataaa aku disana jam 1.30 ampe jam 4.00, keluarlaah dengan sumringah anak-anak udah merasa puas, dan semua area museum Geologi udah terkunjungi, gaak kerasa, aku dah capek juga mulut terus nyeroscos ikut berfikir untuk pertanyaaan anak-anak hehehe....
                                           maaf emaknya ikut narsis juga yaa :) yg moto Kakanya

setelah itu keluar dari gedung meseun langsung menuju dulu ke area Mesjid untuk sholat ashar, tapi tidak lupa diluar pun anak-anak minat poto-poto lagi *mirip emaknya aja* setelah itu langsung ke Mesjid, lumayan deket dan gede Mesjidnya, dan anak-anak pun disitu setelah sholat tidak mau beranjak dulu, maen-maen lagi, 30 menitan.

Liburan yang menyenangkan, anak-anak di dalem museum lupa sama makanan dan minuman, emang gak ada tukang jualan yang ada di luar area museun, walopun bawa sedikit cemilan dan minuman, tp anak-anak geleng-geleng, karena "saking" nyamannya di Museum.

Moga bermanfaat yaa liburan murah yang mendidik, liburan tidak harus yang mahal, tapi bagaimana kita memberikan motivasi ke anak biar anak nyaman dan enjoy di tempat yang murah juga. banyak hal yang didapat dari anak-anak, pengetahuan, daya kritisnya luar biasaaa, sepanjang jalanan pulang anak-anak tidak berhenti untuk bercerita. 

Post a Comment