.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Saturday, January 21, 2012

Membaca Tanpa harus Diajari

Udah lama banget nggak posting, padahal ide nulis banyak banget, mumpung masih fresh neh, kita bagi-bagi tips, Hal yang paling sulit dan banyak keluhan bagi ibu-ibu semua biasanya menjelang anak masuk SD adalah sibuk dengan memasukkan anak Les Calistung, memaksakan anak harus segera bisa baca dan berhitung.

Terkadang anak dituntut BISA BACA tapi belum tentu anak Suka BUKU, hal yang terkadang sulit memberikan alasan, hanya alasan kecil, kenapa sih dipaksa bisa baca, padahal liat dari segi umur belum tercukupi diusia 4-5 tahun anak-anak kita dipaksa diajari membaca.

Tapi ada suatu pengalaman yang sangat indah buat aku sendiri, dan sangat berharga, mungkin dikatakan suatu Kado istimewa buat aku, disela sibuknya aku, (heheheh :) so sibuk )..sering aku bawain oleh-oleh buat Anakku yang kecil Azzam (6 th), dari mulai aku berkegiatan diluar, aku sering bawain oleh-oleh Buku atau mainan jenis Lego (biar kreatif ceritanya hehe).

Itu semua Azzam ngerasa Sesuatu banget ( ala Sahrini hehe), bahagia banget deh, dari Azzam usia 4 tahun, aku belom pernah mengajari membaca, tapi bagaimana Azzam Mencintai buku, suka akan buku BUKAN dipaksa harus bisa baca buku, Alhamdulillah semua berjalan lancar, ketika aku dirumah dan mau tidur selalu dibacain cerita buku-buku, bahkan Azzam sendiri yang minta diceritain.



Berjalan dengan waktu, Azzam udah ada KEINGINAN TANPA DIPAKSA, ingin BISA BACA, mungkin karena disekolah TKA-TKB, udah diajari huruf dan kata-kata sederhana, Akhirnya, di rumah Azzam bisa meraba-raba sendiri, dan tidak ada kesuliatan bagi aku mengajari Azzam belajar baca, TANPA diajari Azzam udah bisa baca sendiri, dan ditanya ke Ibu Gurunya juga disekoalh Azzam banyak mainnya heheeh, kadang nggak amu kalo diajari baca..

Alhamdulillah Azzam sekarang bisa baca buku sendiri TANPA diajari, karena BERAWAL DARI SUKA BUKU akhirnya INGIN bisa BACA BUKU..jadilah Buku ALAT BERMAIN UTAMA ANAK_ANAK..Moga bermanfaat...!!!, 









Post a Comment