.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Wednesday, March 24, 2010

~Mempersiapkan Anak Ujian Tanpa Tekanan~


Menjelang ujian, biasanya anak Anda perlu dukungan. Dampingi ia belajar dengan penuh perhatian tapi tanpa membuatnya tertekan. 

Pertama-tama adalah mempersiapkan ruang belajar yang layak bagi anak. Jika meja belajarnya terlihat berantakan, bantulah anak untuk membereskannya. Meja belajar yang lapang dan bersih membuat anak tenang dan siap untuk belajar.

Hindari belajar terlalu malam. Jika anak kurang tidur, maka materi yang telah ia pelajari semalaman, bisa hilang begitu saja ketika ujian. 

Pastikan juga anak Anda tidur cukup (minimal tujuh jam). Dengan tidur yang cukup, maka keesokan harinya anak Anda akan segar dan siap menghadapi ujian.

Buatlah suasana rumah senyaman mungkin untuk anak. Suara televisi yang terlalu keras atau canda tawa dari anggota keluarga lain kerap kali mengganggu konsentrasi anak saat belajar.

Saat anak sedang belajar, Anda tidak harus mengontrolnya dengan duduk disamping anak sepanjang waktu. Berikan sang anak sedikit ruang agar ia tidak tertekan. Anda bisa mengontrolnya dengan sekali-kali melihat kondisinya.

Bantulah anak Anda dalam belajar. Misalnya membantunya menghafal sebuah kalimat atau menghitung dalam pelajaran matematika. Jika Anda mempunyai trik yang cukup unik, bocorkanlah trik tersebut agar anak lebih mudah untuk menghafal atau menghitung.

Jangan melarang anak Anda mematikan ipodnya. Beberapa anak merasa lebih berkonsentrasi bila belajar sambil mendengarkan musik. Namun jangan pernah membiarkannya belajar di depan televisi yang menyala. Suara yang dihasilkan televisi hanya mengganggu konsentrasi anak.

Memaksa anak belajar berjam-jam tanpa henti merupakan sebuah kesalahan. Belajar tanpa henti justru akan membuat anak Anda tertekan. Selain itu otak anak tidak bekerja dengan baik ketika tidak beristirahat dalam waktu lama. Oleh karena itu, berikanlah anak Anda istirahat 10 menit setiap belajar selama 90 menit.

Berikan anak Anda makanan yang kaya akan nutrisi untuk meningkatkan kinerja otak. Pastikan juga anak Anda mendapatkan sarapan yang baik agar kinerja otak semakin maksimal saat menghadapi ujian.

Bantu anak membereskan peralatannya untuk berangkat ke sekolah dan pastikan tidak ada yang tertinggal. Terkadang hal kecil yang terlupakan seperti kartu ujian kerap kali membuyarkan konsentrasi anak.

Terakhir, jangan lupa berikan dia reward untuk menghiburnya. Misalkan jika ia cepat menghafal atau setelah selesai belajar, sediakan makanan favoritnya, ajak ia bermain, atau biarkan dia melakukan kegiatan yang disukainya selama batas waktu tertentu.

8 comments:

rosa zulfikhar said...

Good posting!

datang ke blog saya y.
5 Tips membuat kamar anak

www.rosadesain.blogspot.com

anak nelayan said...

mantab infonya sobat

silahkan berkunjung di blog anak nelayan

Meti Mediya said...

@Rosa : maksih ya kunjungannya..Insya Alloh saya akan kunjungan balik yaaa...

@@Anak Nelayan " Thanks sobat dah mampir..ok aku akan blog walking juga yaa....

Anonymous said...

看看blog調整心情,又要來繼續工作,大家加油........................................

edy said...

betul bu. Anak yang merasa tertekan pasti tidak akan konsentrasi menjawab soal ujian. Orang tua tentu akan membantu anak belajar. Mungkin lebih baik lagi jika orang tua mengenal gaya belajar anak, misalnya anak suka belajar sambil mendengarkan musik lewat ipod.

salam kenal bu..
edyp

www.anak-i.com

Anonymous said...

我們唯一需要恐懼的事,是恐懼本身........................................

potopia said...

Wah menarik sekali...

Jika belajar adalah kegiatan yg menyenangkan, tentu dalam menghadapi ujian, siapa takut??

silahkan lihat: www.pelangi-tc.com
bagaimana membuat belajar menjadi sesuatu yg menyenangkan

Yona Krista said...

tips bagus di momen yg tepat, pas banget lagi musim ujian, buat emak2 yg anaknya blm skolah jg bermanfaat nih, karena ngajarin anak baca tanpa tekanan jg susah2 gampang, apalagi bagi emak2 yg ga sabaran n emosian, like me...:D thanks for sharing