.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Sunday, December 20, 2009

~Mencintai buku dimulai dari keluarga~


Menumbuhkan kebiasaan Anak hobi membaca atau mencintai buku pada anak usia dini, bukanlah proses yang mudah, yaaa...kita nggak bisa memaksakan anak, harus bisa baca, tapi yang terpenting adalah Bagaimana Anak kita Mencintai buku, itu yang sulit....

Namun banyak kalangan sepakat, membaca merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai anak-anak sejak dini, sebab rendahnya kemampuan membaca anak-anak bakal berdampak pada kekurang mampuan mereka dalam menguasai ilmu pengetahuan dan matematika.

Pada titik ini muncul pertanyaan apakah teknis membaca atau menumbuhkan minat anak terhadap bacaan yang sebaiknya didahulukan, Jadi mengingat bukunya Glenn Doman dalam bukunya " Mengajarkan bayi anda Membaca " Menyebutkan anak usia 18 bulan hingga empat tahun memiliki rasa ingin tahu yang amat besar, Keingin tahuan tersebut tidak hanya muncul ketika melihat simbol yang tertera dalam buku.

Pengenalan terhadap kesenangan dan mencintai buku ini bisa dilakukan Orangtua mulai dari lingkungan keluarga, dan dibawah ini tips agar anak mencintai buku :
  1. Beri tauladan membaca setiap hari.
  2. Ajak anak-anak berinteraksi dengan buku.
  3. Sediakan buku favorit di tempat-tempat yang mudah dijangkau
  4. Luangkan waktu untuk mendengar dan membimbing anak membaca.
  5. Ajak anak-anak  ke toko buku atau perpustakaan.
  6. Ciptakan suasana nyaman, tenang, sekaligus menyenangkan.
  7. Jangan batasi bahan bacaan tapi beri arahan mereka menyukai buku berkualitas.
  8. Lakukan diskusi kecil tentang ini buku yang tela mereka baca.
  9. Buat permainan yang bisa memperbesar minat baca mereka.
Nah, yang terpenting...kita nggak bisa memaksakan anak harus bisa baca sejak usia dini, tapii, yang sulit itu Anak SUKA BUKU....bukan dipaksa harus bisa baca, karena anak kalo udah suka dan mencintai buku....Insya Allah anak ada rasa ingin tahu membacanya, dan timbul keinginan untuk belajar baca....yaa  smoga bermanfaat..!!!

Wednesday, December 09, 2009

Pembantu mukul anak Majikan

Sebenernya bingung jugaa yaaa judul diatas, tapi gak apa-apalah yang penting nyambung...kisah nyata yang sangat miris sekali liatnya, ini terjadi diberanda rumahku, dan pas depan mataku....duuuh gak tau knapa yaa, itu si Bibi berani amat,mukul anak majikan sebut aja ade rai (3 th)...

Berawal, anak-anakku maenin ikan yag bwa dari sekolahnya, mereka seneng sekali,dan disimpen ikannya di tempat yang lebih besar,otomtis airpun lebih banyak lagi, karena sore seperti biasanya jam main anak-anak,dan temen kakanya manggil ngajkin main, bergabunglah, kemudian satu persatu berdatangan temen-temennya, makin serulah permainan mereka tepat di belakang rumahku.

kemudian dateng si ade rai nyariin kakanya....kaka..kaka..dgn bicara yg masih cadel dan lucu menggemaskan, dan ikut masuklah si ade, yang disusul sama pembantunya karena sambil disuapin, jelas dong si ade,liat kakanya sama temennya pada maen air sungguh seru bangeet....

Dan ikut basah deh baju piyamanya, karena si ade baru aja mandi dan wangi kayu putihnya, si Bibi manggil-manggil, "de....de...sini a' dulu...sini ade udaj mandi" dateglah si ade dan udah basah kuyup, ikut maenin air.

Spontan dong...si bibi dah cape abis mandiin..." aduuuuh....tuh basah kan...sama bibi pukul yaaaa...jebreet...jebreeet...jebreettt.." pantat, paha,
kakinya....nangis sambil teriak tuh si ade...miriiiiissss liatnya,akunya juga ikut sedih,jengkel,pengen bentak tuh si bibi, si ade dah nangis menjerit, si bibi masih blom puass, " udah diem...jangan nangis...jebreet...jebreett"

Aku jadi teringat Abah dan Ibunya (sebutan anaknya), mereka orangtua baik,penuh perhatian terhadap anak2nya,cuma mereka sibuk kerja diluar, ngeliat itu sampe aku sempet terlontar juga ke si bibi "Bi...maaf si ade blom ngerti apa2 knapa harus dipukul, baju bisa diganti, andaikan Ibunya tau gimana, atau anak bibi sendiri dipukuli orang apa yang bibi lakukan, pastinya sakit hati kan..?? ini juga sama...udah yaa ganti aja bajunya,ga usah dipukul lagi, dan gak boleh yaaa"

si Bibi ngejawab " kesel atuh..baru juga mandi dah basah-basahan lagi" Astaghfirulloh hanya itu alasannya, tapi dah menyakiti fisik dan jiwa si ade tadi.
disitu aku dalam hati menangis.....andaikan anaku sendiri gimana, yaa buat Ayah Bunda smoga tidak terjadi yaa, di Pembantu ayah bunda semuanya, semua kita ambil hikmahnya, yaaa kita gak bisa sepenuhnya percaya sama pembantu, tapi wallohualam, tergatung pembantunya emang....tapi semoga tidak terjadi lagi disekitar kita.

Tuesday, December 08, 2009

Ketika Anak menghabiskan isi Odol dan Isi Shampoo

Subhanalloh..sungguh Luar biasa, sikap, perilaku anak setiap hari sangat menggemaskan...bahkan apa yang mereka lakukan diluar dugan kita...owww...seperti kemaren sore..Azzam (4 Tahun), ketika mandi seperti biasa, kita ajak sambil cerita..dan kemudian, setelah Azzam pake sabun, sikat gigi, plus Shampoonya...karena Umminya ada Call dulu, yaa..dengan senengnya, serunya...ketika dateng lagi kekamar mandi...owww...Azzam lagi berseneng-senang dengan shampoonya...

Katanya "Miii..liat Azzam bikin tanduk di kepala..bagus yaa...terus azaam juga bikin kereta api, bagus yaaaa mii" dalam hati ..duuh itu shampoo sama odol masih baru..tapii, apa mesti kita marah...TIDAKlah, dengan hati nyesel dan itu kesalahan kita aja, kenapa kita udah pakai nggak disimpen lagi ditempatnya hehehe " Subhanalloh Azzam Hebat, Kereeenn....bagus yaa odol bisa dijadiin kereta ( isi odol dikeluarin, dan dipanjangin di bibir bak mandi)."

Dan Busa yang ada ditangannya juga, dia sungguh seneng banget...ngeliat keceriaan anak tersebut, kita gak boleh marah, gak boleh bentak...sungguh luar biasa, dengan kepuasannya, keceriaan dia...tak bisa tergantikan apapun..berhasil..!!

Dan AKhirnya... aku bilang.." Bagus yaaa shampoonya bisa jadi gelembung, odolnya juga bisa jadi kereta apii,..cobaaa umi juga bisaa bikin gelembung (sambil dicobain).... tapiii besok kalo Azzam mandi lagi, mana ya shampoo dan odolnya ...kan dah abis dibikin gelembung ..gimana yaa caranya besok mandi"

Azzam langsung teriak dengan senengnya..."beli lagi ajaa yaa mii..atau pake sabun umi ajaa....boleehh " hehehe...Uppps...cerdas,..umminya sempet bingung juga..hehehe

Dengan jurus lagi, " Ummi seneng azzam pinter bisa bikin gelembung sendiri, bikin kereta pake odol, tapii ummi sediiih...shampoo dan odolnya habis, kan buat mandi besok pagi gimana..." dengan wajah yang sedih, sampe Azzam ngerasa empati juga...

Dan Abinya juga ikut turun tuh , dan Abinya juga bialng " Abi Juga sedih besok buat mandi Azzam gak pake shampoo dan odol, gimana yaa.."

Tapii, Azzam akhirnya diem, dan bilang " maaf yaaa.." dengan polosnya sambil senyum..." Subhanalloh, iyaa Abi dan Ummi maafin " sambil dipeluk, dicium, dan sambil pakein Handuknya..." Azzam bilang lagi " gak akan cekali lagi " ...uups...Anak Hebat...

Thursday, December 03, 2009

4 Kejahatan Orangtua terhadap Anak...