.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Friday, June 26, 2009

Kegiatan Liburan Dirumah

Terkadang Orangtua dibingungkan untuk mengisi liburan..kemana ya...pengen nyaman, atau yang deket aza..atau pula lebih bagus lagi yang murah...

Kalau kita nggak punya ide lagi liburan buat keluar rumah..lebih bagus dirumah aza...kita bisa mengisi hari-hari libur dirumah dengan berbagai macam kegiatan..yang jelas membuat anak tidak suntuk, monoton, membuat anak senang, hari-hari libur penuh dengan keceriaan, tentunya dengan orangtua yang Pro aktif...

Nah..ini beberapa macam kegiatan mengisi Liburan dirumah..mudah-mudahan bermanfaat...tips ini kutipan Dari Pendiri sekolah Orangtua shalih PsPA ( Bapak Ikhsan Baihaqi Ibnu Bukhari)....
  1. Konser lagu di rumah dengan kostum yang dipersiapkan khusus
  2. Proyek membuat taman mini belakang/depan rumah
  3. Proyek menulis lomba curhat/cerita binatang kesayangan ayah, ibu, kakak, adik meski binatangnya gak punya. misal ayah suka kucing, ibu suka kelinci, kakak suka ikan adik suka semut.... kenapa sih kita suka binatang itu? nah masing-masing nulis deh.. klo yang lom bisa nulis suruh cerita ntar dibantu nuliisin sama orangtua.. ntar jadi buku deh.. 
  4. Proyek bikin lukisan bersama di salah satu tembok di rumah (itu juga klo mau mengorbankan sedikit temboknya). Lukisannya gak usah diatur, suka-suka, gak usah berbentuk, pokoknya curat coret.... lukisan estafet, misal adik dulu, udah itu kakak, udah itu ibu, udah itu ayah.... setiap orang hanya boleh mencoret 3x 
  5. Merancang 5 kegiatan menarik yang akan dilakukan menyambut hari kemerdekaan dan menyambut ramadhan nanti (mau disekaliguskan juga boleh)
  6. Klo Anggota keluarga minimum ada 4, boleh dicoba permainan beregu, kelompok kakak sama ibu, kelompok adik sama ayah: painball (gak usah beneran), lomba memasukkan kelereng pake jari manis ke sebuah lubang, atau modifikasi dari permainan-permainan lainnya
  7. Mengoleksi gambar-gambar menarik dari koran-koran/majalah-majalah bekas yang disukai, ditempel di sebuah karton besar, dikasi komentar yang lucu-lucu 
  8. klo ada dana, memberikan bingkisan untuk tetangga dan masing-masing bingkisan dibungkus dengan kado yang menarik.. biarkan anak yang memilih warna kado, membantu ngelem, membantu gunting (meski acak2an ntar)... komunikasikan pada tetangga ini hasil karya anak
  9. silaturahmi ke 3 orang dan 4 guru yang paling kamu senangi.... 
  10. klo ayah agak terampil dikit, buat layang-layang segede meja, ntar diterbangin bareng di lapangan terbuka. klo gak bisa terbang, cukup dipajang sebagai monumen di depan rumah selama sepekan... 
saya yakin, deh ibu juga bakal menemukan 10 judul lain? ayooo temukan yuk... ayah dan ibu yang lain mau menambahkan 10 lain juga? yukk sehingga kita bisa buat buku... 100 kegiatan menarik mengisi liburan di rumah... karya: ibu dan ayah shalih dan shaliha... cihuuuyyy 


Post a Comment