.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Thursday, May 21, 2009

Mendidik dengan cerita...

Semua anak adalah anugrah...tapi kenapa ya anak jadi beban juga...ternyata itu semua kembali pada kita sebagai orangtua...yang menjadikan beban itu adalah kita, orangtua......hmmm sedih banget ya...anak jadi korban..

Ya banyak hal dalam mendidik..tapi anak tetep menyenangkan....ternyata Mendidik dengan Cerita lebih kena buat anak...ya ini pengalaman saya sama anak.....kita bisa berbagai maca cara dalam bercerita..ntah kita cerita tentang sholat,menngerjakan PR...dan kita bisa mengambil seorang tokoh kartunyang disukai anak.....

Contoh ni ya.....ketika anak saya Azka (7 th) mau mengerjakan PR...tapi masih pengen maen....cuman namanya anak...banyak tunggunya....apa dululah...ini dululah....macem2..

Akhirnya saya pake jurus jitu, dengan cerita...karena Azka lagi mainin ultraman....saya ambil dan pinjem mainan itu..saya bersandiwara dengan beda suara misalnya " assalamua'laikum merah...", waa'laikum salam biru...."(karena mainan tersebut warnanya merah dan biru jadi saya pake nama tokoh ).....

Setelah itu....saya mainkan, " Biru..kita maiiin yuuk.."
"main apa..kan udah malem"
"ya aku pengen main sama kamu.."
"tapi aku belum menegrjakan PR...."
"Nanti aza PRnya mendingan main dulu...."
" nggak boleh dinanti-nanti...nantikalo akuk ngejain PRnya main dulu keburu ngantuk deh...."
"ya nggaklah.."
"nggak mau ah....nanti besok temen-temen ngumpulin PR, aku nggak dong...iiih nggak ah..akku mau ngerjain PR dulu...biar tenang..mainnya bisa nanti kan masih banyak waktu...."

dan banyak lagi.....itu juga saya kalo waktuya sholat pake cerita juga, didalamnya bisa diceritain betapa pentingnya sholat, kalo nggak sholat nanti seperti apa.... aaah seru deh...
akhirnya anak saya kalo udah beres...langsung " Mii..tunggu ya Kaka mau ngerjain Pr dulu." atau " Miii...Kaka mau sholat isya dulu ya...." dan adiknya ikut sholat juga...

Tips tadi ada manfaatnya buat kita :
1. kita tidak harus marah-marah .
2. Anak merasa nyaman melakukannya, tanpa ada paksaan.
3. banyak ilmu buat anak dari cerita-cerita tersebut....

Subhanallah...anak lebih merekam apa yang kita ceritakan....ya walaupun seterusnya anak2 minta diceritain lagi.lagi dan lagi...
Post a Comment