.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Wednesday, April 29, 2009

Saat Tepat Menasihati anak

Banyak peristiwa tak terduga dialami orang tua waktu menasihati anak sedang marah, sering anak merespon secara negatip, spontan dan tidak terkendali, sebab ketika marah, kondisi kesadaran anak berada pada FRekuesi gelombang Beta.

Seorang yang frekuensi gelombang otaknya di zona beta, berada dalam kondisi kesadaran normal tapi cenderung mengalami stres, kondisi inipun terjadi pada seseorang sedang capek.

Menurut Psikolog dan Parenting Consultanta dari dinamic Brain, Novian TRiwidia jaya bahwa nasihat apapun akan sulit di terima anak-anak dakam kondisi tersebut, sebaiknya nasihat disampaikan orangtua ketika anak-anak sedang bersenang-senang, makan atau sakit. Saat itu gelombang otak anak berada di Zona alpha atau theta"

Mengetahui waktu yang tepat ketika menasihati anak-anak merupakan satu kunci keberhasilan menerapkan pola asuh, pemahaman ini bisa memberikan hasil optimal ketika dikombinasi pemahaman orang tua terhadap tipe kepribadian anak.

Menurut beliau juga jangan luapa untuk terus menanamkan nilai-nila positif ke ke dalam diri anak. Pujilah setiap sikap positif yang dutujukkan anak-anak, pujian akan memperkuat nila-nilai positif dalam diri anak-anak dan terbawa sampai mereka remaja dan dewasa. Ini yang dilakukan oleh Ibunda Thomas Alfa Edison buat menumbuhkan rasa percaya diri penemu lampu pijar....

Ngeri juga ya kalo kita salah dalam melangkah mendidik anak...gampang susah memang....perlu kesabaran buat orang tua...saya juga ini teringat ketika PSPA kemaren diterangin seperti itu ...ya tantangan buat kita sebagai orang tua... kebetulan artikel ini saya dapat dari koran Tribun jabar..
Post a Comment