.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Monday, April 30, 2007

Tips Membimbing Anak

Si kecil butuh sekali dukungan bagi perkembangan emosinya, banyak prisip yang perlu diketahui orangtua untuk mengembangkan emosi si kecil antara lain...
  1. Tetapkan waktu bermain setiap hari dengan anak. artinya kita harus bisa menyempatkan dirir kita bermain dengan anak kita.posisikan anak kita sebagai pemimpin dan kita sebagai yang dipimpin.
  2. Luangkan waktu untuk emmecahkan masalah dengan anak. seperti kalau si kecil merasa sedih karena nggak diajak main sama temannya cari penyebabnya, kemudian cari pemecahannya.
  3. Melihat masalah dari sudut pandang anak. seperti kalau anak kita mengamuk cari permasalahannya, cari alasannya mengapa dia melakukan hal tersebut.
  4. Minimalkan Masalah. Saat si kecil merasa jengkel karena gagal menyusun balok menjadi bentuk gedung yang dia inginkan, misalnya anda bisa menunjukkan penyebab kegagalannya.
  5. Berikan Batasan..batasan memberi bimbingan dan rasa aman kepada anak, maksudnya menetapkan batasan dapat dikombinasi dengan waktu bermain bersaman anak, khususnya ketika anak menunjukkan perilaku buruk.
sumber ini sebagian diambil dari koran Sindo juga...dan mungkin ini sangat bermanfaat buat anak-anak kita...terutama para Orangtua yang sangat membutuhkan anak-anaknya dalam perkembangan emosinya.
Post a Comment