.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Wednesday, April 04, 2007

Tips Agar si Kecil bersemangat Makan

yaa kembali ke pengalaman pribadi buat anak-anakku...tak jarang anak kecil sulit makan termasuk anak aku juga....Mmmm..paling bingung deh kalo anak kita udah sulit makan, ya namanya juga anak..kita nya yang musti sabar...atau kadang kita kepikiran sakit nggak ya ko nggak mau makan...aku paling bingung sama Azka..dia sulit makannya...pengennya cuman ngemil...kalo ditawarin makan.."Ummi..nyuruh makan aza sih"..walaah makan aza musti diruruh-suruh..kita nya kan bingung pake trik gimana ya biar dia semangat makannya aku coba tipsnya, mungkin ada juga ya para bunda yang ngalamin kaya aku,
Nah ini tips jitu ketika Azka sulit makan :
  1. Buatlah agar tampilan makanannya menggugah selera. Cara penyajian yang unik akan perhatian sikecil.
  2. Belajarlah bersabar dan mintalah anak untuk makan sendiri.
  3. Biasakan untuk makan bersama keluarga bila perlu di meja makan.
  4. Libatkan anak memepersiapkan piring, gelas dan sendok, dengan begini dia merasa dibutuhkan.
  5. Jangan menyuruh anak untuk cepat-cepat menghabiskan makannya. Hal ini bisa membuat anak muntah sementara suasana makan pasti jadi tidak menyenangkan
  6. Jangan lupa melontarkan pujian jika si kecil menghabiskan makanannya.

Alhamdulillah sekarang udah bisa..terkendali dan semangat sekali makannya...tak lupa kita selalu ngasih motivasi..ya jangan bosen aza, kaya menu makan pun kita jangan egois ya...kita coba tanya ..mau apa?.. coba deh

1 comment:

Syafiq Baktir said...

Mbak Meti, sedikit mau tanya boleh ya (mungkin Mbak bisa kasih saran).

Sampai sekarang saya masih bingung dengan anak saya.

Anak saya laki2 usia 14 bulan, tingginya 75cm dan beratnya cuma 8 kilo?

Kata banyak orang (juga dokter) dia termasuk kurus, padahal makannya menurut saya termasuk banyak (makannya sudah biasa seperti nasi, sayur dan daging/ikan juga telur dan roti), sehari sampai empat-lima kali dengan porsi standar (menurut saya) dan dia tidak pernah rewel kalau makan.

Dia sampai sekarang masih minum ASI, pernah bawa ke dokter anak dan disarankan pakai susu formula agar beratnya nambah, tapi setelah seminggu mengkonsumsi dia malah buang air terus (mencret). Ganti2 merek susu formula tapi hasilnya sama saja. Akhirnya dokter menyarankan stop pakai susu formula.

Perlu diketahui, anak saya mungkin termasuk aktif (hyper aktif ya?), bangun tidurnya subuh sampai habis magrib baru tidur lagi tanpa tidur siang. Dan seharian dia hanya bermain keliling rumah tanpa ada rasa capek, malah saya dan ibunya yang kecapekan menjaganya, apalagi dia sudah mulai bisa jalan tanpa pegangan.

Apakah dengan aktifnya anak saya yang menyebabkan badannya tidak gemuk (tidak tampak gemuk) ya?

Atau ada yang salah dengan makanan yang diberikan?

Kadang saya jadi sedih kalau lihat perutnya yang kelihatan tulang rusuknya...

Maaf ya mbak, barangkali masalah semacam ini sudah pernah dibahas atau pertanyaan ini bukan pada tempatnya. Karena saya pada posisi bingung dan ingin tahu pengalaman dari orang lain.

Terima Kasih Banyak
Syafiq
Surabaya