.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Thursday, April 12, 2007

Ketika si Kecil gemar hitungan

Nggak kebayang dalam benak kita kalo anak udah seneng hitungan, tapi yang ada di benak kita anak harus suka buku,gimana caranya anak dekat dengan buku, itu udah hal biasa dan orang tua udah sangat sering kita temui, tapi dengan kita mendekatkan anak kita biar suka dengan hitungan masih jarang dan mungkin sekarang udah mulai banyak orangtua yang betul-betul concerns buat si kecil tentang angka, termasuk saya sendiri pelajaran matematika ketika sekolah dulu adalah hal sangat menegangkan terlebih liat gurunya pun kita udah tegang...

hmmmm...kita berfikir gimana kalo anak kita terjadi seperti kita dulu, dan Alhamdulillah sekarang banyak tempat-tempat les matematika, seperti Kumon, Sempoa, Jarimatika, Aritmatika, dsb, apa kita langsung memasukkan anak kita ke tempat les tersebut ? tentu tidak kan ? karena kita juga liat dulu potensi anak kita sejauh mana anak kita suka dengan angka-angka apa tidak...Apakah anda sendiri seperti saya yang dulu benci pelajaran hitungan tersebut ? mungkin nggak semuanya ya, dan karena saya nggak mau anak saya benci akan matematika tentu harus ada triks, biar anak kita gemar akan angka atau hitungan, begitu pula dengan mudah kita akan memasukkan anak kita ke tempat les, karena udah ada dasarnya, gimana caranya ya biar anak kita gemar hitungan ?


Nah saya pengen berbagi pengalaman dengan anak saya sendiri :
  1. Dari sejak kecil mengenal buku udah biasa tapi kita sisipkan selalu dari gambar tsb dihitung ada berapa, karena yang namanya hitungan itu atau matematika ada dalam kehidupan sehari-hari pun banyak pelajaran matematika.
  2. Udah mulai ngerti kira-kira udah jalan anak kalo ibunya ke dapur suka anteng, aku selalu sisipkan contoh, " kak, tomat ada satu ya, sekarang sama ummi mau dibagi dua jadi berapa ya?" walopun anak belum ngerti kita terus aza cerita, " eh jadi dua deh, tomatnya", nah dengan itu teruuus kita lanjutkan dalam kehidupan sehari-hari, sambil bermain, ada lagi contoh :" Azka suka sekali roti terus dibakar pake toaster, kita jangan lupa terapkan hitungan disitu, ketika udah masak roti jadi terbagi dua dan berbentuk segitiga itulah hal-hal kecil yang membuat anak enjoy dirumah untuk mngenalkan hitungan atau matematika" bermain sambil belajar".dan banyak lagi contoh seperti itu, tinggal kita orangtua harus kreatif.
  3. Jangan lupa hilangkan lukisan-llukisan yang tidak bermanfaat dirumah kita, tempelkan gambar-gambar dengan ada penjumlahan, angka-angka, didinding rumah kita, jadikan hiasan itu sebagai rangsangan si kecil dirumah.
  4. Kiat jangan bosan belajar sambil bermain dengan anak kita dirumah.

    Alhasil ketika sekarang Azka ikut les di bimBa, karena di bimba udah termasuk hitungan selain baca, tulis, menggambar,mewarnai, ...subhanallah..ketika gurunya bilang.. "Ummi AZka...setiap kali Azka dikasih lembaran soal-soal pasti yang dikerjain duluan adalah yang angka-angka...azka suka angka ya"...kaget, seneng campur deh, ternyata apa yang selama ini aku terapkan ke AZka ada hasilnya tanpa disadari, aku coba di rumah, penasaran sekali, karena kalo di bimba setiap pulang anak diberi PMR (permainan Rumah), saya coba dia dengan semangat setiap kali pulang les langsung ngerjain "mii...kaka mau ngerjain PMR", ternyata betul yang diambil itu soal hitungan (penjumlahan), terus nulis angka-angka, seterusnya nulis yang lain...subhanallah belajar itu tidak usah duduk manis tapi bisa sambil bermain .
Post a Comment