.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Monday, April 30, 2007

Tips Membimbing Anak

Si kecil butuh sekali dukungan bagi perkembangan emosinya, banyak prisip yang perlu diketahui orangtua untuk mengembangkan emosi si kecil antara lain...
  1. Tetapkan waktu bermain setiap hari dengan anak. artinya kita harus bisa menyempatkan dirir kita bermain dengan anak kita.posisikan anak kita sebagai pemimpin dan kita sebagai yang dipimpin.
  2. Luangkan waktu untuk emmecahkan masalah dengan anak. seperti kalau si kecil merasa sedih karena nggak diajak main sama temannya cari penyebabnya, kemudian cari pemecahannya.
  3. Melihat masalah dari sudut pandang anak. seperti kalau anak kita mengamuk cari permasalahannya, cari alasannya mengapa dia melakukan hal tersebut.
  4. Minimalkan Masalah. Saat si kecil merasa jengkel karena gagal menyusun balok menjadi bentuk gedung yang dia inginkan, misalnya anda bisa menunjukkan penyebab kegagalannya.
  5. Berikan Batasan..batasan memberi bimbingan dan rasa aman kepada anak, maksudnya menetapkan batasan dapat dikombinasi dengan waktu bermain bersaman anak, khususnya ketika anak menunjukkan perilaku buruk.
sumber ini sebagian diambil dari koran Sindo juga...dan mungkin ini sangat bermanfaat buat anak-anak kita...terutama para Orangtua yang sangat membutuhkan anak-anaknya dalam perkembangan emosinya.

Friday, April 27, 2007

Tontonan sehat buat Si Kecil

Hari-hari ini azka doyan banget nonton siBolang dan Laptop si Unyil (Trans7), terus dilanjut ke Trans Tv dengan acara Surat Sahabat..
Setelah disimak ternyata Tontonan tersebut cukup menarik buat anak dan cukup sehat anak akan sangat senang sekali melihat tontonan tersebut ketika Azka pulang sekolah sekarang ini pasti selalu nanyin acarat tersebut..awalnya aku dampingi juga sih tapi ternyata acara tersebut ada nilai gizi buat anak...kita nggak perelu khawatir kalo seandainya ditinggal nonton sendirian, jangankan anak kita aza seneng sekali nonton acara tersebut...anak kita ketika nonton tersebut ada banyak manfaatnya yaitu :
  1. anak akan mengenal segi geografis Indonesia.
  2. Anak juga akan tahu kekayaan alam Indonesia, ternyata Indonesia kaya akan suku, Bahasa, adat istiadat.
  3. dapat mengenal lingkungan hidup juga didasar laut Indonesia.
  4. Anak mengenal bagaimana kehidupan diberbagai daerah di Indonesia.
  5. Selain Suku adat istiadat tapi juga mengenal agama yang berbeda.
  6. Acara tersebut selain Si Bolang (Bocah petualang) dan Surat sahabat, tapi juga Laptop si Unyil sangat menarik, buakan sajian Unyil yang dulu ketika kita masih kecil, tapi disini Unyil menyuguhkan IPTEK buat anak.

Dengan kata lain acara tersebut banyak segi hikmah yang dikandung...semoga acara seperti itu lebih banyak lagi khusus buat anak kita yang sehat dan bergizi hihihi (kaya makanan aza)

Wednesday, April 18, 2007

Pertolongan pertama ketika anak Panas dan Kejang

Anak kita Panas memang udah biasa tapi sangat mengkhawatirkan ketika anak kita udah panas apalagi kejang...tips dibawah ini aku ambil dari salah satu artikel di Dokternya AZka AZZam...(H.Kusnandi Rusmil,dr.,Sp.A(K), MM) soalnya ada biasa aku lakuin sementara di dokternya anakku nggak boleh seperti jangan kompres pake alkohol...wuuuh aku setiap anakku panas selalu dikompres pake alkohol di bagian ketiaknya...memang perlu dihindari juga, termasuk yg poin ke 2 kalo panas, boleh pake AC...kadang aku suka khawatir juga kalo anak panas pasang AC...mungkin anda juga sama seperti saya...tapi kita nggak perlu deh ambil pusinga orang dokter lebih pinter dari kita ya ilmunya hehehe....nah ini tips sebelum mendapat pertolongan dokter apakah yang sebaiknya dilakukan bila anak anda:
Kalo Panas :
  1. Jangan diberi selimut/pakaian tebal.
  2. Tempatkan dalam ruangan yang sejuk (boleh pasang AC/kipas angin.
  3. Kompres seluruh permukaan tubuh dengan kain lembab/basah dengan air, angin-anginkan.
  4. Jangan kompres dengan alkohol.


Kalo Kejang-kejang :

  1. Baringkan ditempat yang tidak membahayakan.
  2. Longgarkan pakaian (baju, celana, ikat pinggang, lepaskan kancing).
  3. Masukan sendok (dibungkus kain)didalam mulut.agar lidah tidak digigit.
  4. Bila badannya panas, lakukan usaha 1 a,b dan c.
  5. Bawalah segera ke RSUP/Dokter anda.

Thursday, April 12, 2007

Ketika si Kecil gemar hitungan

Nggak kebayang dalam benak kita kalo anak udah seneng hitungan, tapi yang ada di benak kita anak harus suka buku,gimana caranya anak dekat dengan buku, itu udah hal biasa dan orang tua udah sangat sering kita temui, tapi dengan kita mendekatkan anak kita biar suka dengan hitungan masih jarang dan mungkin sekarang udah mulai banyak orangtua yang betul-betul concerns buat si kecil tentang angka, termasuk saya sendiri pelajaran matematika ketika sekolah dulu adalah hal sangat menegangkan terlebih liat gurunya pun kita udah tegang...

hmmmm...kita berfikir gimana kalo anak kita terjadi seperti kita dulu, dan Alhamdulillah sekarang banyak tempat-tempat les matematika, seperti Kumon, Sempoa, Jarimatika, Aritmatika, dsb, apa kita langsung memasukkan anak kita ke tempat les tersebut ? tentu tidak kan ? karena kita juga liat dulu potensi anak kita sejauh mana anak kita suka dengan angka-angka apa tidak...Apakah anda sendiri seperti saya yang dulu benci pelajaran hitungan tersebut ? mungkin nggak semuanya ya, dan karena saya nggak mau anak saya benci akan matematika tentu harus ada triks, biar anak kita gemar akan angka atau hitungan, begitu pula dengan mudah kita akan memasukkan anak kita ke tempat les, karena udah ada dasarnya, gimana caranya ya biar anak kita gemar hitungan ?


Nah saya pengen berbagi pengalaman dengan anak saya sendiri :
  1. Dari sejak kecil mengenal buku udah biasa tapi kita sisipkan selalu dari gambar tsb dihitung ada berapa, karena yang namanya hitungan itu atau matematika ada dalam kehidupan sehari-hari pun banyak pelajaran matematika.
  2. Udah mulai ngerti kira-kira udah jalan anak kalo ibunya ke dapur suka anteng, aku selalu sisipkan contoh, " kak, tomat ada satu ya, sekarang sama ummi mau dibagi dua jadi berapa ya?" walopun anak belum ngerti kita terus aza cerita, " eh jadi dua deh, tomatnya", nah dengan itu teruuus kita lanjutkan dalam kehidupan sehari-hari, sambil bermain, ada lagi contoh :" Azka suka sekali roti terus dibakar pake toaster, kita jangan lupa terapkan hitungan disitu, ketika udah masak roti jadi terbagi dua dan berbentuk segitiga itulah hal-hal kecil yang membuat anak enjoy dirumah untuk mngenalkan hitungan atau matematika" bermain sambil belajar".dan banyak lagi contoh seperti itu, tinggal kita orangtua harus kreatif.
  3. Jangan lupa hilangkan lukisan-llukisan yang tidak bermanfaat dirumah kita, tempelkan gambar-gambar dengan ada penjumlahan, angka-angka, didinding rumah kita, jadikan hiasan itu sebagai rangsangan si kecil dirumah.
  4. Kiat jangan bosan belajar sambil bermain dengan anak kita dirumah.

    Alhasil ketika sekarang Azka ikut les di bimBa, karena di bimba udah termasuk hitungan selain baca, tulis, menggambar,mewarnai, ...subhanallah..ketika gurunya bilang.. "Ummi AZka...setiap kali Azka dikasih lembaran soal-soal pasti yang dikerjain duluan adalah yang angka-angka...azka suka angka ya"...kaget, seneng campur deh, ternyata apa yang selama ini aku terapkan ke AZka ada hasilnya tanpa disadari, aku coba di rumah, penasaran sekali, karena kalo di bimba setiap pulang anak diberi PMR (permainan Rumah), saya coba dia dengan semangat setiap kali pulang les langsung ngerjain "mii...kaka mau ngerjain PMR", ternyata betul yang diambil itu soal hitungan (penjumlahan), terus nulis angka-angka, seterusnya nulis yang lain...subhanallah belajar itu tidak usah duduk manis tapi bisa sambil bermain .

Wednesday, April 04, 2007

Tips Agar si Kecil bersemangat Makan

yaa kembali ke pengalaman pribadi buat anak-anakku...tak jarang anak kecil sulit makan termasuk anak aku juga....Mmmm..paling bingung deh kalo anak kita udah sulit makan, ya namanya juga anak..kita nya yang musti sabar...atau kadang kita kepikiran sakit nggak ya ko nggak mau makan...aku paling bingung sama Azka..dia sulit makannya...pengennya cuman ngemil...kalo ditawarin makan.."Ummi..nyuruh makan aza sih"..walaah makan aza musti diruruh-suruh..kita nya kan bingung pake trik gimana ya biar dia semangat makannya aku coba tipsnya, mungkin ada juga ya para bunda yang ngalamin kaya aku,
Nah ini tips jitu ketika Azka sulit makan :
  1. Buatlah agar tampilan makanannya menggugah selera. Cara penyajian yang unik akan perhatian sikecil.
  2. Belajarlah bersabar dan mintalah anak untuk makan sendiri.
  3. Biasakan untuk makan bersama keluarga bila perlu di meja makan.
  4. Libatkan anak memepersiapkan piring, gelas dan sendok, dengan begini dia merasa dibutuhkan.
  5. Jangan menyuruh anak untuk cepat-cepat menghabiskan makannya. Hal ini bisa membuat anak muntah sementara suasana makan pasti jadi tidak menyenangkan
  6. Jangan lupa melontarkan pujian jika si kecil menghabiskan makanannya.

Alhamdulillah sekarang udah bisa..terkendali dan semangat sekali makannya...tak lupa kita selalu ngasih motivasi..ya jangan bosen aza, kaya menu makan pun kita jangan egois ya...kita coba tanya ..mau apa?.. coba deh