.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Thursday, March 22, 2007

Jika si Kecil gemar Corat-coret

Dirumahku dinding-dinding setiap ruangan udah penuh dengan coretan tangan mungil Azka ketika 3 tahun kebawah dan sekarang disambung sama Adenya lengkap deh....dengan corat coret itu apakah kita mesti marah...nggak kan..!!!!

Kita tak kuasa menbendung kegemaran si kecil berekspresi didinding rumah, padahal kita telah menyiapkan buku gambar khusus? Jangan menjadi tertekan, karena ada win-win solution bagi anda dan si kecil, tanpa memasung kreatifitas anak anda.
Beberapa alternatif berikut mungkin bisa membantu :
  1. Gunakan cat khusus yang tahan di gosok dan dicuci, terutama untuk kamar anak.
  2. Aklirik atau lembaran sejenis plastik dapat digunakan untuk menutupi permukaan dinding, akrilik yang tidak berpori cocok untuk corat coret dengan spidol.
  3. Panel-panel melamin berbentuk papan putih juga bisa dipakai untuk melapisi dinding, terutama sampai setinggi 100 cm dari lantai, karena tidak bersifat menyerap, sediakan spidol untuk mencorat coret panel itu.
  4. kaca yang bersifat juga tidak menyerap, cocok dicoratcoret dengan spidol.
  5. Belilah gulungan kertas (buram atau putih) dengan ukuran paling besar. Tempelkan di sepanjang dinding rumah yang terjangkau si kecil. Karena bersifat menyerap,cocok untuk pemakaian krayon,cat air dan pensil warna.
  6. Bila seniaman ciclik kita gemar corat coret mengunakan kapur, sediakan papan tulis berukuran cukup besar, bila tidak ada, dapat diganti dengan triplek.
  7. Sebisa mungkin hindarkan spidol dengan tinta permanen.

Itulah alternatif kita sebagai orang tua tanpa mengurangi kreatifitas anak-anak kita, semoga bermanfaat......

Wednesday, March 21, 2007

Tips memilih Dot dan Botol Susu

Tak heran jika banyak orang tua berpendapat, dot alias empeng merupakan suatu keharusan untuk dimiliki jika kita mempunyai seorang bayi. Sama halnya dengan keharusan menggantikan dan membersihkan popok. Tapi sekali lagi, apakah dot aman bagi si bayi? Jawaban ini masih terus diperdebatkan para ahli. ini yang dikutip dari tabloid Nova.Yang jelas, para ahli di Amerika berpendapat, dot bisa digunakan sampai bayi berusia setahun.

Tapi jujur aza aku belum pernah ke anak ngasih dot atau susu botol...sampe sekarang tetep ASI walaupun udah berhenti ASI nanti 2 tahun seperti kakanya hanya susu pake gelas (gelas yang aman buat anak), tapi tidak semua kan orang tua hanya ASi aza mungkin ini perlu buat orangtua yang ngasih dot atau botol Susu buat anaknya semoga bermanfaat :


Tips memilih dot ;

  1. Sesuaikan ukuran dot dengan kebutuhan bayi.
  2. Sesuai kan dengan daya isap bayi.
  3. Design nya menyerupai bentuk rahang bayi.
  4. Dot khusus untuk bayi dengan kelainan celah bibir dan langit-langit mulut.

Tips memilih botol susu;

  1. Sesuai kan ukuran nya dengan kebutuhan bayi.
  2. Terbuat dari bahan tahan panas, tak mudah pcah dan tak beracun.
  3. Hindari memilih bitol susu dengan banyak gambar.
  4. Memiliki perlenkapan regulator anti sedak untuk bayi 0-3 bulan ; regulator berupa sekat ini berguna untuk membuka tutup keluarnya air susu, tidak keluar jika tidak diisap.
  5. Botol susu dengan pegangan untuk bayi 6 bulan keatas.
  6. Pemakaian dan sterilisasi
    - Susui sikecil dengan cara yang benar.
    - Perhatikan sterilisasi botol dan dot.

Kapan pospak bermanfaat buat anak Batita

Pospak atau popok siap pakai atau bisa kita menyebut Pampers kalau dipakai sepanjang waKtu mengurangi kepekaannya terhadap tanda-tanda mau pipis, jadi anak kita kalau dibiasakan pake pospak, menganggap dirinya "..ah biarin aza pake pospak ini koq, jadi ga usah bilang atau nangis kalo pengen pipis"..ya seperti itulah anak kita kalo dibiasakan pake pospak.
Dan ketika memasuki usia 2 tahun mestinya anak sudah diberi toilet learning ,anak tidak perlu lagi dibiasakan menggunakan pospak, kalao aku sih dua-duanya nggak biasa memakaikan pospak atau pampers pada Azka atau Azzam, awalnya nggak tega aza kasian terus setelah baca tentang pemakaian pampers dampaknya ada pengaruh negatifnya juga...ya alhamdulillah kebetulan anak-anaku tidak dibiasakan..dan biar belajar nggak ngompol sejak dini ..pernah aku bahas tentang ini juga...paling kalo pake pampers kalo perjalanan jauh...nah photo ini Azzam abis nganter les Kakanya.

Panduan sederhana memilih pospak untuk anak batita ;
  1. Pastikan pospak memiliki daya serap yang tinggi.
  2. Pilih pospak yang sesuai dengan ukuran tubuh anak.
  3. Pilih pospak yang fleksibel/elastis agar memudahhkan anak bergerak, terlebih bagi yang baru bisa jalan .
  4. Untuk anak usia 1 tahun Lebih yang paling pas adalah pospak model celana dan ukurannya pas dengan anatomi tubuh si kecil. nah kalo model ini sekarang buat Azzam cocok kalo model biasa iiih minta ampun deh...susah dipakekannya..sambil lari-larilah apalah..kalo model celana lebih praktis. cuman memang agak mahal juga sih

Pemakaian tepat

Pospak harus digunakan dengan tepat agar tidak malah merugikan si kecil, perhatikan hal-hal berikut ;


- lama pemakaian
Pospak kini bisa menampung 3x berkemih, jangan dipakai sepanjang hari tanpa diganti, sebaiknya minimal 2-3 jam gantilah pospak si kecil meski terkena basah oleh air seni, apalagi kena pup.... segeralah mengggantinya
-dampak lingkungan

Karena tidak dapat dipakai lagi, pospak menimbulkan tumpukan limbah, sedapat mungkin pakailah pospak yang ramah lingkungan / mudah hancur.

Monday, March 19, 2007

Template Baru dengan 3 Kolom

Alhamdulillah dengan panjangnya waktu dari kemaren-kemaren pengen ganti template...akhirnya selesai sudah tapi ...dengan bergantinya template dengan 3 kolom..entry shoutbox kehapus semua..dan itu aku nggak ngerti..memang sebelumnya pengen ganti template shoutbox juga biar agak maching sama template blog tapi kenyataannya malah hilang entrynya yaaaa...dari awal lagi ...tapi nggak apa-apa.mungkin tidak hati-hati ya ...mengedit template baru lumayan juga ya...agak pusing hehehe..tapi belajar dari pengalaman...banyak kesalahan dalam mengedit...akhirnya seperti ini walau masih belajar

Tuesday, March 13, 2007

Agar tumbuh minat BACA Anak


Membacakan buku buat anak kadang membuat kita capek, lemes, ya itulah tapi kalau tidak dibarengi dengan emosi...mungkin terjadi seperti itu...anak kan inves masa depan kita...bagaimana cara kita mencetak anak..agar tumbuh menjadi anak yang minat bacanya tinggi, seperti AZka walopun belum bisa baca pengen bisa bacanya sangatlah tinggi..dirumah kebiasaannya kalau nggak diceritain kadang suka cerita sendiri...menurut gambar yang ada di buku tersebut...mmmm...azka bilang kalau liat Umminya lagi sibuk suka cerita sendiri...dia suka menyebut cerita terserah kaka....dan sekarang setelah ikut les di bimBA..alhamdulillah udah bisa mengeja....nah sekarang bagaimana ya agar anak kita tumbuh minat baca :


  1. Membacakan anak cerita setiap hari

  2. Akrabkan anak dengan toko buku dan perpustakaan

  3. Diskusikan bahan bacaan dengan anak

  4. Buat perpustakaan pribadi

  5. Belikan anak anda kamus / Ensiklopedia

  6. Berikan penguatan artinya sering-sering kita kasih pujian biar tambah semangat

  7. Biasakan menulis

  8. Beri contoh, artinya orangtua kan sebagai modelling dapat ditiru oleh anak...kita pengen anak kita suka baca / minat bacanya tinggi, kita sebagai orangtua harus suka baca buku juga, jangan ke anak harus baca sementara kita tidak suka baca...