.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Wednesday, January 31, 2007

Cara menyapih yg baik & tepat.

Ada teman Blogger yang nanyain tentang gimana cara ngeberhentiin susu botol, tapi selama ini saya belum dapet teorinya tentang itu tapi tentang mengapih ASi, ya mudah-mudahan ada poin yang sama dan bisa untuk menyapih susu Formula dan pertanyaan ini dari Mbak Beti.
Tidak ada cara khusus dalam menyapih.Beberapa ahli laktasi memberikan tips-tips agar proses menyapih Berjalan dg baik :
  1. Lakukan proses menyapih secara perlahan. Mis. Mengurangi secara bertahapfrekuensi menyusu. Biasanya 4 x sehari maka secara perlahan diubah 3 xsehari terus hingga akhirnya berhenti.
  2. Alihkan perhatian anak / sibukkan anak dg hal lain. Bisa dg membacakanbuku ke anak, bermain, bernyanyi, dsb. Hingga anak melupakan saat menyusu.
  3. Kunci utama : Bina komunikasi yang baik dg anak. Ingat, seberapa kecilusia anak, anak tetap mengerti dan memiliki kemampuan utk mengerti kata2dari orang di lingkungannya.
  4. Hindari menyapih saat anak sedang tidak sehat atau sedang sedih, kesal,marah
  5. Hindari menyapih anak dari menyusu ke benda lain spt empeng, botol susu,bantal, dsb. Biasanya disini peran ayah sangat dibutuhkan sbg figure yangmelengkapi sang ibu. Sekali lagi bina komunikasi yg baik dg anak
  6. Hindari menyapih secara mendadak/langsung. Apalagi tanpa komunikasi apapun dg si anak. Ini dapat menyakitkan hati sanganak.Jangan sampai anak merasa bahwa dg manyapih sang ibu membencinya, dsb.Pemberian jamu pahit, memaksa anak utk tidak menyusu pada ibunya, dsbnyadapat merusak bonding atau ikatan batin yg terbentuk sejauh ini dalam prosesmenyusui. Amat sangat disayangkan jika hal ini terjadi. Karena ikatan indah tsb ternodai akibat proses menyapih secara mendadak tadi.
  7. Jika proses penyapihan dilakukan dg baik, maka anak2 kita akan tumbuh menjadi anak yg cerdas, sehat dan berakhlak baik. Karena sang ibumendidiknya melalui masa menyusui dan masa menyapih dg cinta.

12 comments:

the fool said...

Iya, sepertinya menyapih tiap anak ada tantangan dan dramanya masing-masing. Anak saya jadinya mencari sumber kenyamanan lain. Karena kebetulan istri saya (donna) sedang hamil lagi, Aza menemukan gantinya dalam memeluk perut.

(Sekarang setelah anak kedua lahir, dia kembali bingung.)

aufa said...

assalamu'alaik,
wah bener lo um. menyapih itu ga gampang. ga bisa seenak kita sendiri.
ada pengalaman dari saya,tentang hal ini. karena puting sakit tak tertahan maka dengan terpaksa kemarin malam aufa ga dinenenin. ya akhirnya malam itu saya lalui dengan menggendong aufa sampai dini hari biar bisa bobo.

Indriawaty said...

wah...jd deg-degan nich mo menyapih anakku, dah hmpr 2th soalnya...skrg malah getol mnt ne2n kl mo bo2'...

annanasution said...

Terima kasih atas info ini. Saya sedang menyapih anak saya yang usianya sudah dua tahun. Sudah seminggu ini say coba mengurangi porsi asinya, tapi saat dia mau tidur dia selalu marah kalau tidak dikasih asi. Saya selalu tidak tega kalau dia sudah menagis minta asi saat mau tidur. Tidurnya jadi lebih lama karena saya menolak memberi asi, tapi akhirnya saya selalu mengalah kalau dia sudah ngatuk banget n nangis2 minta nenen.

noen said...

makasih banyak atas info lengkapnya. kebetulan saya anak saya yang pertama saya sapih waktu umur 2,3 tahun. nah anak saya yang kedua "terpaksa" saya sapih waktu usianya 23 bulan, sebenernya sayang juga belum genap 2 thn pas. Terpaksa saya lakukan karena payudara iritasi, pecah punting.. bagi ibu-ibu shalihah yang lain jaga kesehan payudara ya! penting..

bunda said...

assalamu 'alaikum...
putriku dah 18 bulan,rencananya mau disapih umur 2 tahunan. tapi ngeliat dia yang doyan banget netek (bisa sampai 2 jam) jadi deg-degan plus ga tega....tapi kalau siang frekuensi neteknya mulai berkurang, tapi tetap lama.
anyway tipsnya oks juga buat dicoba...bismillah aja deh!

ahsanul said...

eh tp tradisi ortu, kk & ttgg saya menyapih anak suka menggunakan jamu2an pahit ato ne2nnya dikasih betadine biar kliatan lg sakit.. jd anaknya jijik liat ne2n ibu jd merah2 tp memang diwkt lain si anak minta lg dan agak sdikit rewel & tidurnya pun gelisah.. terbukti sdh 2 hari disapih anak saya ttp rewel... sptnya metodenya emang salah.. jgn di contoh ya bu...!!

Nurisah said...

kalau dilakukan secara bertahap seperti ini, butuh berapa lama waktu penyapihan ya? thanks yaa

suN said...

anak saya baru genap 2 th, rasanya berat kl meski menyapih, tp mau ga mau akhirnya hrs rela nyapih kan ya...
kl biasa pumping2x sehari, trs istrihat pulang buat menyusui, kl dlm proses penyapihan ini tindakan mana yg sbaiknya sy hentikan dulu..
fyi, rencananya 2bln lg akan pindah rumah jd ga memungkinkan u pulang stiap istirahat, mohon saran...
tks

siti said...

sebenarnya saya tidak tega menyapih anak saya yang baru berumur 13bln... itu saya lakukan karena saya sekarang bekerja... tapi anak saya tidak mau dengan susu botol... alhasil sekarang neteknya kalo malam doang.... kalo siang cuma dikasih teh manis dan air putih.... kasihan ya...... dengan membaca ini mudah-mudahan berhasil ya.....

Nike said...

saat ini saya sedang menyapih.segala cara sdh saya terapkan tapi dia tetap minta nenen.tega gak tega tapi saya harus pisah rumah untuk sementara,supaya anakku lupa nenen.apakah ini benar?

Nike said...
This comment has been removed by the author.