.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Wednesday, January 31, 2007

Cara menyapih yg baik & tepat.

Ada teman Blogger yang nanyain tentang gimana cara ngeberhentiin susu botol, tapi selama ini saya belum dapet teorinya tentang itu tapi tentang mengapih ASi, ya mudah-mudahan ada poin yang sama dan bisa untuk menyapih susu Formula dan pertanyaan ini dari Mbak Beti.
Tidak ada cara khusus dalam menyapih.Beberapa ahli laktasi memberikan tips-tips agar proses menyapih Berjalan dg baik :
  1. Lakukan proses menyapih secara perlahan. Mis. Mengurangi secara bertahapfrekuensi menyusu. Biasanya 4 x sehari maka secara perlahan diubah 3 xsehari terus hingga akhirnya berhenti.
  2. Alihkan perhatian anak / sibukkan anak dg hal lain. Bisa dg membacakanbuku ke anak, bermain, bernyanyi, dsb. Hingga anak melupakan saat menyusu.
  3. Kunci utama : Bina komunikasi yang baik dg anak. Ingat, seberapa kecilusia anak, anak tetap mengerti dan memiliki kemampuan utk mengerti kata2dari orang di lingkungannya.
  4. Hindari menyapih saat anak sedang tidak sehat atau sedang sedih, kesal,marah
  5. Hindari menyapih anak dari menyusu ke benda lain spt empeng, botol susu,bantal, dsb. Biasanya disini peran ayah sangat dibutuhkan sbg figure yangmelengkapi sang ibu. Sekali lagi bina komunikasi yg baik dg anak
  6. Hindari menyapih secara mendadak/langsung. Apalagi tanpa komunikasi apapun dg si anak. Ini dapat menyakitkan hati sanganak.Jangan sampai anak merasa bahwa dg manyapih sang ibu membencinya, dsb.Pemberian jamu pahit, memaksa anak utk tidak menyusu pada ibunya, dsbnyadapat merusak bonding atau ikatan batin yg terbentuk sejauh ini dalam prosesmenyusui. Amat sangat disayangkan jika hal ini terjadi. Karena ikatan indah tsb ternodai akibat proses menyapih secara mendadak tadi.
  7. Jika proses penyapihan dilakukan dg baik, maka anak2 kita akan tumbuh menjadi anak yg cerdas, sehat dan berakhlak baik. Karena sang ibumendidiknya melalui masa menyusui dan masa menyapih dg cinta.

Sunday, January 14, 2007

Mempersiapkan Anak bermain kotor-kotoran


Free Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.us
kotor-kotoran disekolah Azka suatu konsep belajar Azka lagi hujan-hujanan
Tidak semua orangtua setuju Anaknya bermain kotor-kotoran, tapi ada juga yang ingin memberikan anak pengalaman lain seperti berkebun, memancing, hingga menanam padi di sawah, boleh-boleh saja. Namun semua harus dilakukan dengan bertanggung jawab, artinya tidak malah membuat anak berujung dirumah sakit.
Nah berikut tips bagi orangtua yang ingin memberikan pendidikan melalui alam :
  • Persiapkan kondisi anak agar memiliki daya tahan yang okey.
  • Untuk memiliki daya tahan tubuh yang baik, asupan gizi harus diperhatikan. Prinsip empat sehat dan lima sempurna benar-benar harus dijalankan. kebanyakan orang Indonesia masih mengomsumsi lebih banyak karbohidrat dibandingkan protein.
  • Berkotor-kotoran pun harus dilakukan dengan tujuan yang jelas. Menggali tanah untuk berkebun atau berkubang dalam kolam untuk menangkap ikan.
  • Jangan melakukan aktivitas saat cuaca tidak baik, mendung atau hujan.
  • Pastikan anak dalan dalam kondisi kesehatan yang prima, tidak sedang terganggu sakit influenza misalnya.
  • Usai melakukan aktifitas tersebut, pastikan anak kembali dalam keadaan bersih, mandikan dan bersihkan sela-sela badannya hingga ke ujung-ujung kuku

Tuesday, January 09, 2007

Launching Situs Tumbuh Kembang Anak

Tanggal 29 Desember kemaren aku udah bikin situs tentang anak juga sih, langsung di upload , pusing juga ya ..tapi nggak apa-apalah namanya juga belajar....buat mikir nama domainnya juga uuuih pusing ternyata dapet nama domain ya lumayan lah biar tetep diingat terus walaupun agak panjang cuman nggak asing, isinya belum sempurna masih belajar lagi cara-caranya dan itu juga imagenya kadang nggak muncul juga nama domainnya
Tumbuh kembang anak...mampir aza ya kalo boleh kasih masukan buat saya

Thursday, January 04, 2007

Manfaat Bermain Soliter

Bermain Soliter disini bukan bermain soliter kartu yang ada di komputer kita tapi bagaimana manfaat anak bermain sendiri (soliter), meskipun anak Batita perlu didorong sosialisasi bukan berarti bermain sendiri tidak ada manfaatnya. dan ini didapat dari koran Sindo, penting juga ya buat kita.
Inilah beberapa manfaat diantaranya :
  1. Bermain sendiri melatih kognisi atau melatih kemampuan belajar berdasarkan apa yang dialami dan diamati dari sekelilingnya.
  2. Saat sedang memainkan permainan yang menantang, anak memiliki kesempatan melatih konsentrasi dalam memecahkan masalah, misalnya, saat bermain puzzle, anak akan berusaha memfoluskan diri menyambung kepingan-kepingan gambar agar menjadi utuh kembali.
  3. Saat sendirian, imajinasi anak juga bebas mengambara kemana-mana, hal itu dimungkinkan karena dengan bermain sendiri ia dapat melepaskan diri dari kesibukan di sekeliling mereka, jadi anak punya kesempatan untuk berpikir dan berkhayal sebebas-bebasnya.

Photobucket - Video and Image Hosting

Tuesday, January 02, 2007

My BirThDaY

Nggak Terasa juga ya...kemaren tanggal 28 DeSemBer merupakan hari yang sangat special buat saya...ehmmm...nggak terasa udah kepala tiga hiks....30 tahun bo'...udah punya SuaMi dengan Dua oRanG puTra yang lucu-lucu, jagon-jagoan...ya Allah makasih ya atas semua karunianya...baru 30 taon..nambah anak lagi jangan ya..penasaran juga pengen perempuan...hehehe..ya doain aza...

Photobucket - Video and Image Hosting

Met Idul Adha Dan Tahun Baru

Selamat IDul ADha
dan
TaHun BaRu 2007
Tahun Baru 2007
"Semoga tahun sekarang tahun yang lebih baik dari tahun kemarin Amin"