.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Saturday, December 15, 2007

Dampak dari Ke GEERan Syuting TV

Minggu ini ...di sekolah Azka Minggu yang bebas setelah pekan tes...dan kebetulan hari Rabunya tanggal 13 Desember ada syuting STV....sebuah program TV lokal dari Bandung, Hmmm....Dari malam Rabunya Azka udah ngomong besok mau ada syuting di sekolah....aku pikir syuting sama Ibu gurunya...buat referensi kegiatan sekolah....ternyata beneran syuting masuk TV, besok paginya Azka semangat sekali mau ke sekolah, biasanya kan hari Rabu pake baju Bebas....


Eeeh Azka ngotot harus pake baju Rimba, terus pake Pinnya...ya aku ikuti aza, katanya "Umi...kaka kan mau syuting, masuk TV...kata Bu guru Juga harus pake baju seragam yang hijau", ya aku ikutin aza kemauannya, malah dia ngomong " Ummi harus ke Sekolah..liat kaka ya, syuting", ya aku sedikit percaya dan tidak percaya, bener ga sih, dan memang Azka anaknya suka cerita, sekecil apapun dia suka diceritain lagi di rumah, apalagi cerita-cerita di sekolah, dan nggak mungkin bohong......sekitar jam 7 pagi Mamihnya Azizan (ibunya teman Azka), nelpon kerumah dengan tujuan memastikan janjian kemaren buat hunting SD dan dari percakapan di telpon mamihnya Azizan cerita bahwa Hari ini mau ada syuting STV, tambah percaya juga berarti betul apa yang dikatakan Azka, dan aku juga harus siap-siap ngasih support buat Azka ke Sekolah, karena hari yang sama pula ada kepentingan sama suami, dan saat itu pula suami ijin setengah hari, akhirnya Abinya menunda kepentingan itu sebentar demi Syuting Azka, abinya nunggu Azzam di rumah.
ini baju seragan rimba yang harus dipakai syuting, Azka (tas merah) sebelahnya Rizki temannya

Aku buru-buru datang ke sekolah khawatir syuting udah di mulai...tapi ternyata...aku liat peserta syuting tidak ada Azka, aku nyari ternyata di lagi main sama temen-temen yang ga terpilih ikut syuting...sampe aku tanya, "Kaka kenapa nggak ikut syuting"...dengan ngomong terbata" Ummi kaka nggak di ajakin sama Bu Guru", woooow jantungku berdebar, karena dari semalem Azka udah semanget, udah ke geeran mau di ikut sertakan.....sungguh kecewa bagi saya, betapa kecewanya juga hati Azka, mungkin karena anak dia masih bisa tenang ketika main sama teman-temannya.
Setelah itu aku nanya kepihak sekolah, tidak ada jawaban yang sangat memuaskan bagi saya, berdasarkan atas kriteria apa pemilihannya.dari situ aah Il Feel deh...dan ternyata bukan saya aza yang kecewa, tapi para ibu yang lain juga merasakan apa yang saya rasakan, boro-boro aku pengen liat, hati udah kecewa...yang akhirnya aku pulang dula dengan hati gondok...dan karena jemputan ga bisa menjemput, motornya masuknya bengkel , akhirnya aku yang jemput lagi, dan ternyata, pas di jemput Azka lagi nangis disekolah sendirian...aku tanya " Kaka kenapa ?", sambil nangis ' Kaka pengen ikutan Syuting, kaka juga pengen hadiah" saat itupula aku nggak bisa membendung tangis, sambil menetes air mata aku ajak pulang aku bujuk dia jalan-jalan, tidak ada satupun guru yang peduli saat anakku nangis, mungkin mereka lagi pokus ke acara berlangsungnya syuting, sambil ngambil tas di kelasnya aku ketemu sama bu Nisa dan bu Trisna..aku ceritakan kekecewaan.

Kalau memang tidak akan diikutsertakan semua siswa, seharusnya Ibu Guru tidak perlu mengumumkan akan ada acara Syuting, huuuuh kasian banget udah kegeeran mau syuting, bayangkan aza kalau seandainya anda merasakan sepertii saya apa yang harus dilakukan, dan disaat itu pula aku dan suami pending urusan yang harus diselesaikan demi Anak, dan dampaknya Azka selalu crita, "Ummi kenapa ya kaka nggak pernah di ajak aza sama bu guru, Kaka nggak mau ikutan lagi kalau ada acara di sekolah"...sakit rasanya , Azka semangatnya menurun, kita sebagai orang tua ingin anaknya tumbuh yang PD, semangat, Berani, tapi ini malah dipatahkan semangatnya oleh sekolah, dan sebelumnya masalah Piala......mudah-mudahan Azka bisa kembali semangat...dan tidak terulang lagi, dan aku pun masih bingung mesti berbuat apa...Adakah yang bisa bantu???

Thursday, November 29, 2007

Makna Kematian bagi ANak

BERBICARA mengenai kematian memang tidak mudah. Banyak orangtua yang biasanya bersedia dan dapat membicarakan hampir setiap masalah dengan anaknya, juga menghindar dan merasa tidak enak ketika ditanya tentang kematian. Mungkin itu disebabkan karena kebanyakan orang tidak ingin memikirkan kematian.

WALAU tidak enak, kematian memang terjadi. Dan, bila seseorang yang dicintai meninggal, penting sekali bagi orangtua untuk menjelaskannya kepada anak.
Kesulitan bicara kematian terjadi karena anak-anak belum mengerti apa artinya meninggal dunia. Apa artinya surga, apa artinya pergi tidak kembali lagi. Dia akan selalu bertanya-tanya mengapa orang yang disayangi itu meninggalkan dia.

Kematian biasanya menimbulkan perasaan campur aduk pada anak.
Nah minggu kemarin tetanggaku persis pinggir rumah, biasa aku menyapa Bu Haji...beliau seorang Ibu, Nenek, Uyut yang solehah.....jangankan keluarganya aku aza sedih banget..hmmm namanya sama tetangga nggak mungkin dong kita diam aza..pasti bantuin persiapan dari mulai datangnya jenazah sampe mau ke pemakaman...ketika datang jenazah...mulai deh Azka tanya-tanya...
"Mi..kenapa Bu haji ditutup mukanya",
" iya Bu Haji kan udah meninggal",
"kenapa meninngal", itulah pertanyaaan anak usia TK
"Bu Haji di Panggil sama Allah SWT"
" emang mau ngapain dipanggil,
"kita kan diciptakan sama Allah, jadi sekarang dipanggil sama Allah, karena Allah sayang sama Bu Haji",
Azka melamun sejenak, "Bu Haji mau keSurga ya Mii...",
"insya Allah..makanya kaka harus rajin Sholat, ngaji...dsb", saat itu Azka merenung nggak tahu apa yang dipikirannya tanpa ngasih pertanyaan lagi.
KEMATIAN merupakan konsep abstrak yang tidak mudah dijelaskan kepada seorang anak. Orangtua memang bisa mengambil contoh konkret seperti pohon yang layu lalu mati. Namun, hal itu belum bisa memenuhi rasa ingin tahu anak yang tingkat intelegensianya belum berkembang maksimal.

Anak di bawah usia tujuh tahun akan kesulitan mencerna apa itu kematian. Orangtua mungkin bisa memakai kata "pergi jauh dan tidak kembali", atau "tidur selamanya", atau "pergi ke surga", atau "diambil Tuhan". Kata-kata seperti itu tidaklah bijaksana karena akan terus menimbulkan pertanyaan dari anak, yang akhirnya membuat sulit orangtua menjawab.

Sunday, November 18, 2007

Pola Asuh Ala' RASULALLAH SAW

Masih dari lanjutan postingan sebelumnya .....Landasan Pola Asuh Rasulullah adalah Dialogis ada 3 Fase Pola asuh Rasulullah SAW :
  1. 0-7 tahun (dialogis-fermisif) ~ dilandaskan dengan kasih sayang
  2. 7-14 tahun (dialogis-koersif) ~ dilandaskan dengan disiplin dan Fase inilah Fase yang paling Rawan
  3. 14-21 tahun (dialogis-dialogis)~ dilandaskan bahwa ANak akan menjadi sahabat bagi orang tua

Macam-Macam Pola Asuh

  • Acara Parenting kemaren sangat seru sekali banyak para bunda nanya tentang buah hatinya hmm..ternyata nggak gampang ya mendidik anak.....tapi itu semua kita juga sambil belajar ..Nah lanjutan postingan kemaren, selain syarat pola ASuh ada juga Macam-Macam Pola Asuh :

KOERSIF : Identik dengan hukuman dan pujian, dengan pola ini anak akan cenderung menjadi si Pencari perhatian, suka melakukan pembalasan atau menjadi ketakutan saat berbuat salah di mata Orang tua, orang tua yang menerapkan pola asuh ini, biasanya tidak peduli dan tidak memahami bakat karakter anak, sehingga yang merea tahu hanyalah bahwa sang anak harus berubah sesuai dengan standar yang mereka miliki.

PERMISIF : Biasanya Orang tua menghendaki anak-anak tumbuh dengan mandiri, tapi anak terkadang menjadi merasa tidak diperhatikan.

DIALOGIS: menyeimbangkan kebebasan dan keteraturan, Orangtua dialogis mendewasakan anak-anak dengan melibatkan mereka bertukar fikiran dan mencari solusi suatu masalah yang bermasalah.
Pola manakah kita sebagai orang tua Dialogis kah ?

Saturday, November 17, 2007

Pola ASuh Efektif, Pola ASuh penuh Cinta

Postingan ini merupakan sumber dari Acara Parenting di sekolahnya AZka, kebetulan acara tersebut merupakan acara rutinan sebulan sekali, nah ini isi dari parenting bulan ini ternyata yang namanya pola asuh itu gampang-gampang susah hmmm...yuuk kita liat

Syarat pola Asuh efektif, yang utama adalah landasan Cinta dan Kasih Sayang :
  1. DINAMIS, sejalan dengan meningkatnya pertumbuhan dan perkembangan anak.
  2. Harus sesuai dengan kebutuhan anak. Setiap anak memiliki minat dan bakat yang berbeda. penuhi kebutuhan psikis dengan sentuhan fisik, seperti membelai, memeluk, mencium dsb.
  3. Ayah Ibu harus kompak.
  4. Harus disertai perilaku positif dari orang tua.
  5. Komunikasi EFEKTIF /; luangkan waktu untuk ngobrol dengan, jadi pendengar yang baik dan jangan meremehkan pendapat anak
  6. DISIPLIN : harus fleksbel sesuai dengan kebutuhan / kondisi anak.
  7. Orang tua harus konsisten : jangan sampai lain kata dengan perbuatan, setiap aturan harus disertai penjeasan yang dimengerti anak.

Nah ini baru sebagian lo...sudah seperti diataskah kita pola asuh terhadap anak-anak kita

Thursday, November 15, 2007

Hari Pahlawan bagi Anak

Hari Pahlawan kemaren sangat berarti banget bagi kita apalagi buat anak-anak yang belum tau apa itu Pahlawan...hmmm disekolah-sekolah pun digelar juga acara-acara yang bertemakan Pahlawan, termasuk di sekolah Azka juga..seru deh...disekolah Azka diadakan lomba,
buat kelas PG lomba nyanyi,
TKA lomba bercerita tentang Pahlawan,
TKB lomba Puisi Pahlawan kebetulan kelasnya AZka, dan
SD pun lomba Pidato pahlawan, anak-anak memakai baju yang bertemakan pahlawan juga....coba deh bayangin anak-anak sekarang begitu kristisnya dan bayak pertanyaan yang tak terduga, kemaren aza Bu Gurunya bilang ada yang pengen puisi yang judulnya Naga Bonar karena isinya pahlawannya, kalo Azka pernah nanya "Mi apa sih Pahlawan"...sebelumnya kita cari jawabanya di buku "pahlawan orang yang membela negara kita atau yang membela kebaikan" azka bilang lagi "terus" sampe akhirnya terus dan terus nggak ada ujungnya, sampe akhirnya Azka bilang " Mi kaka pengen puisinya tentang Bu Guru", aku kaget banget dalam hati kenapa Bu Guru, aku tanya juga ke AZka, katanya " Bu Guru juga Baik" yang akhirnya Puisi Azka judulnya "Guruku Pahlawanku" dan dengan semangatnya dia nulis sendiri walopun masih acak-acakan hehehe, aku pikir memang Guru juga sebagai pahlawan nih puisinya Azka

Guruku Pahlawanku

Ibu Guru yang Ku Sayang
kau telah membimbing dan mendidiku
Kau Ajari aku berbagai ilmu
demi masa depanku

Ibu Guru yang ku Cinta
Kau tak pernah marah
Ketika aku cengeng dan malas
Kau aku belai lembut dengan kasih sayangmu

Ibu Guru yang Ku Rindu
Kau Pahlawanku
Jasamu kan ku kenang slalu
Dari lubuk hatiku

Ya Allah...berilah Surga untuknya
Karena jasanya jadikan aku calon Mujahid

Nah itu puisinya...walopun pada saat mau kepanggung mogok dulu..tapi akhirnya Azka mau juga kepanggung.

Friday, November 02, 2007

Ketika Azzam Disapih

Lilypie 2nd Birthday Ticker
yeeeee...datang lagi deh, setelah cuti 3 bulanan ternyata ada cerita juga, 3 Oktober kemaren Azzam genap 2 Tahun akhirnya.....aku mikir-mikir sapih jangan ya....perasaan nggak tega pasti ada, tapi bagaiman mungkin udah 2 tahun ..aaah ..gitu aza diambil pusing yang akhirnya aku lupakan aza... tiba-tiba tetangga bilang ia adalah Ibu Ivan, kebetulan punya anak seumuran Azzam...

Ia nanya "Azzam udah disapih belum",
duh aku bilang...

" belum tega",

dia bilang

" siade udah looh disapih",

"oooh gimana caranya, abis waktu Azka aku lupa",

dia menjelaskan juga

" tetenya ditempelin kopi, jadinya pahit gitu",

Akhirnya aku coba ternyata emang betul jitu banget, sekali dikasih langsung nggak mau...dan sampe sekarang nggak mau...alhamdulillah..., hanya sekarang diganti pake susu formula tapi pake gelas, biar nggak repot nantinya, selama 1 minggu aku dibikin asyik aza setiap malam biasa dia bangun ASI...sekarang nggak yang akhirnya Azzam Ngamuk, Abinya bilang duh Azzam lagi Sakau ASI hehehe, dan semuanya berjalan lancar, alhamdulillah makan jadi banyak, begitupun Susu,....selamat mencoba hiks !!!!

Tuesday, August 28, 2007

cuti sementara

Ass wr wb maaf ya Bulan-bulan ini cuti dulu hihihi....soalnya pindahan rumah jadi nggak keburu....wuuuuuih kebayang dong debu, berantakan...hayo siapa yang mau bantuin pindahan hehehe

Wednesday, May 30, 2007

Menggali potensi dan kecerdasan Anak

Keberhasilan suatu pendidikan sering dikaitkan dengan para orang tua dalam hal memahami anak sebagai indivdu yang unik,dimana setiap anak dilihat sebagai individu yang memiliki potensi-potensi yang berbeda satu sama lain namun saling melengkapi dan berharga.
Selain memahami bahwa anak merupakan individu yang unik, ada beberapa catatan yang perlu kita perhatikan dalam kaitannya denga upaya kiat memahami anak, Yaitu bahwa anak adalah :
  1. Bukan Orang dewasa Mini. Anak adalah tetap anak-anak, bukan orang dewasa mini, mereka memiliki keterbatasan bila harus dibandingkan dengan orang dewasa.
  2. Dunia Bermain. Dunia mereka adalah dunia bermain, yaitu dunia yang penuh dengan spontanitas dan menyenangkan.
  3. Berkembang. Anak selain tumbuh secara fisik, juga berkembang secara psikologis, ada fase perkembangan yang dilaluinya dan anak menampilakn berbagai perilku sesuai dengan ciri-ciri masing-masing fase perkembangan tersebut.
  4. Senang meniru. Anak-anak pada dasarnya enang meniru, karena salah satu proses pembentukan tingkah laku mereka adalah diperoleh dengan cara meniru.
  5. Kreatif. Anak-anak pada dasarnya kreatif, mereka mempunyai ciri-ciri individu yang oleh para ahli sering digolongkan sebagai ciri-ciri individu yang yang kreatif, misalnya rasa ingin tahu yang besar, senang bertanya, imajinasi yang tinggi.

Dalam hal ini maka orang tua dan guru perlu memahami kreatifitas yang ada pada diri anak-anak, dengan sikap yang luwes dan kreatif pula.

Tuesday, May 22, 2007

Ketika anak tidak Juara



Pernahkah anak kita ikut perlombaan? tentu pernah. Apa yang harus kita lakukan kalau seandainya anak kita tidak memenangkan perlombaan tersebut ? bingung memang, orangtua hanya bsa memberikan pengertian buat anak, gimana caranya biar anak menerima kekalahan, apakah anak akan langsung menerima kekalahan tersebut, anak belum mengerti apa itu kompetisi. yaaaah cerita itu aku alami pada diri AZka ketika disekolah ada perlombaan cerita, azka nggak dapat piala, akhirnya ngamuk mnjadi-jadi, aku ikut sedih juga sih...sampe dia nggak mau sekolah lagi, pengen pindahlah, untung saat itu Ibu gurunya datang kerumah, ketika Azka mogok dua hari...alhamdulillah setelah dibujuk mau masuk lagi, dan kebetulan Azka Ulang tahun bulan Mei, dan hadiah sebgai penggantinya adalah ulang tahun disekolah, mungkin itu sebagai salah satu cara untuk memberikan semangat buat anak, ketika anak mogok sekolah, tapi bagaimana kalau seandainya tidak kebetulan anak ulang tahun, apa harus dilakukan.


Lilypie 5th Birthday PicLilypie 5th Birthday Ticker

Monday, April 30, 2007

Tips Membimbing Anak

Si kecil butuh sekali dukungan bagi perkembangan emosinya, banyak prisip yang perlu diketahui orangtua untuk mengembangkan emosi si kecil antara lain...
  1. Tetapkan waktu bermain setiap hari dengan anak. artinya kita harus bisa menyempatkan dirir kita bermain dengan anak kita.posisikan anak kita sebagai pemimpin dan kita sebagai yang dipimpin.
  2. Luangkan waktu untuk emmecahkan masalah dengan anak. seperti kalau si kecil merasa sedih karena nggak diajak main sama temannya cari penyebabnya, kemudian cari pemecahannya.
  3. Melihat masalah dari sudut pandang anak. seperti kalau anak kita mengamuk cari permasalahannya, cari alasannya mengapa dia melakukan hal tersebut.
  4. Minimalkan Masalah. Saat si kecil merasa jengkel karena gagal menyusun balok menjadi bentuk gedung yang dia inginkan, misalnya anda bisa menunjukkan penyebab kegagalannya.
  5. Berikan Batasan..batasan memberi bimbingan dan rasa aman kepada anak, maksudnya menetapkan batasan dapat dikombinasi dengan waktu bermain bersaman anak, khususnya ketika anak menunjukkan perilaku buruk.
sumber ini sebagian diambil dari koran Sindo juga...dan mungkin ini sangat bermanfaat buat anak-anak kita...terutama para Orangtua yang sangat membutuhkan anak-anaknya dalam perkembangan emosinya.

Friday, April 27, 2007

Tontonan sehat buat Si Kecil

Hari-hari ini azka doyan banget nonton siBolang dan Laptop si Unyil (Trans7), terus dilanjut ke Trans Tv dengan acara Surat Sahabat..
Setelah disimak ternyata Tontonan tersebut cukup menarik buat anak dan cukup sehat anak akan sangat senang sekali melihat tontonan tersebut ketika Azka pulang sekolah sekarang ini pasti selalu nanyin acarat tersebut..awalnya aku dampingi juga sih tapi ternyata acara tersebut ada nilai gizi buat anak...kita nggak perelu khawatir kalo seandainya ditinggal nonton sendirian, jangankan anak kita aza seneng sekali nonton acara tersebut...anak kita ketika nonton tersebut ada banyak manfaatnya yaitu :
  1. anak akan mengenal segi geografis Indonesia.
  2. Anak juga akan tahu kekayaan alam Indonesia, ternyata Indonesia kaya akan suku, Bahasa, adat istiadat.
  3. dapat mengenal lingkungan hidup juga didasar laut Indonesia.
  4. Anak mengenal bagaimana kehidupan diberbagai daerah di Indonesia.
  5. Selain Suku adat istiadat tapi juga mengenal agama yang berbeda.
  6. Acara tersebut selain Si Bolang (Bocah petualang) dan Surat sahabat, tapi juga Laptop si Unyil sangat menarik, buakan sajian Unyil yang dulu ketika kita masih kecil, tapi disini Unyil menyuguhkan IPTEK buat anak.

Dengan kata lain acara tersebut banyak segi hikmah yang dikandung...semoga acara seperti itu lebih banyak lagi khusus buat anak kita yang sehat dan bergizi hihihi (kaya makanan aza)

Wednesday, April 18, 2007

Pertolongan pertama ketika anak Panas dan Kejang

Anak kita Panas memang udah biasa tapi sangat mengkhawatirkan ketika anak kita udah panas apalagi kejang...tips dibawah ini aku ambil dari salah satu artikel di Dokternya AZka AZZam...(H.Kusnandi Rusmil,dr.,Sp.A(K), MM) soalnya ada biasa aku lakuin sementara di dokternya anakku nggak boleh seperti jangan kompres pake alkohol...wuuuh aku setiap anakku panas selalu dikompres pake alkohol di bagian ketiaknya...memang perlu dihindari juga, termasuk yg poin ke 2 kalo panas, boleh pake AC...kadang aku suka khawatir juga kalo anak panas pasang AC...mungkin anda juga sama seperti saya...tapi kita nggak perlu deh ambil pusinga orang dokter lebih pinter dari kita ya ilmunya hehehe....nah ini tips sebelum mendapat pertolongan dokter apakah yang sebaiknya dilakukan bila anak anda:
Kalo Panas :
  1. Jangan diberi selimut/pakaian tebal.
  2. Tempatkan dalam ruangan yang sejuk (boleh pasang AC/kipas angin.
  3. Kompres seluruh permukaan tubuh dengan kain lembab/basah dengan air, angin-anginkan.
  4. Jangan kompres dengan alkohol.


Kalo Kejang-kejang :

  1. Baringkan ditempat yang tidak membahayakan.
  2. Longgarkan pakaian (baju, celana, ikat pinggang, lepaskan kancing).
  3. Masukan sendok (dibungkus kain)didalam mulut.agar lidah tidak digigit.
  4. Bila badannya panas, lakukan usaha 1 a,b dan c.
  5. Bawalah segera ke RSUP/Dokter anda.

Thursday, April 12, 2007

Ketika si Kecil gemar hitungan

Nggak kebayang dalam benak kita kalo anak udah seneng hitungan, tapi yang ada di benak kita anak harus suka buku,gimana caranya anak dekat dengan buku, itu udah hal biasa dan orang tua udah sangat sering kita temui, tapi dengan kita mendekatkan anak kita biar suka dengan hitungan masih jarang dan mungkin sekarang udah mulai banyak orangtua yang betul-betul concerns buat si kecil tentang angka, termasuk saya sendiri pelajaran matematika ketika sekolah dulu adalah hal sangat menegangkan terlebih liat gurunya pun kita udah tegang...

hmmmm...kita berfikir gimana kalo anak kita terjadi seperti kita dulu, dan Alhamdulillah sekarang banyak tempat-tempat les matematika, seperti Kumon, Sempoa, Jarimatika, Aritmatika, dsb, apa kita langsung memasukkan anak kita ke tempat les tersebut ? tentu tidak kan ? karena kita juga liat dulu potensi anak kita sejauh mana anak kita suka dengan angka-angka apa tidak...Apakah anda sendiri seperti saya yang dulu benci pelajaran hitungan tersebut ? mungkin nggak semuanya ya, dan karena saya nggak mau anak saya benci akan matematika tentu harus ada triks, biar anak kita gemar akan angka atau hitungan, begitu pula dengan mudah kita akan memasukkan anak kita ke tempat les, karena udah ada dasarnya, gimana caranya ya biar anak kita gemar hitungan ?


Nah saya pengen berbagi pengalaman dengan anak saya sendiri :
  1. Dari sejak kecil mengenal buku udah biasa tapi kita sisipkan selalu dari gambar tsb dihitung ada berapa, karena yang namanya hitungan itu atau matematika ada dalam kehidupan sehari-hari pun banyak pelajaran matematika.
  2. Udah mulai ngerti kira-kira udah jalan anak kalo ibunya ke dapur suka anteng, aku selalu sisipkan contoh, " kak, tomat ada satu ya, sekarang sama ummi mau dibagi dua jadi berapa ya?" walopun anak belum ngerti kita terus aza cerita, " eh jadi dua deh, tomatnya", nah dengan itu teruuus kita lanjutkan dalam kehidupan sehari-hari, sambil bermain, ada lagi contoh :" Azka suka sekali roti terus dibakar pake toaster, kita jangan lupa terapkan hitungan disitu, ketika udah masak roti jadi terbagi dua dan berbentuk segitiga itulah hal-hal kecil yang membuat anak enjoy dirumah untuk mngenalkan hitungan atau matematika" bermain sambil belajar".dan banyak lagi contoh seperti itu, tinggal kita orangtua harus kreatif.
  3. Jangan lupa hilangkan lukisan-llukisan yang tidak bermanfaat dirumah kita, tempelkan gambar-gambar dengan ada penjumlahan, angka-angka, didinding rumah kita, jadikan hiasan itu sebagai rangsangan si kecil dirumah.
  4. Kiat jangan bosan belajar sambil bermain dengan anak kita dirumah.

    Alhasil ketika sekarang Azka ikut les di bimBa, karena di bimba udah termasuk hitungan selain baca, tulis, menggambar,mewarnai, ...subhanallah..ketika gurunya bilang.. "Ummi AZka...setiap kali Azka dikasih lembaran soal-soal pasti yang dikerjain duluan adalah yang angka-angka...azka suka angka ya"...kaget, seneng campur deh, ternyata apa yang selama ini aku terapkan ke AZka ada hasilnya tanpa disadari, aku coba di rumah, penasaran sekali, karena kalo di bimba setiap pulang anak diberi PMR (permainan Rumah), saya coba dia dengan semangat setiap kali pulang les langsung ngerjain "mii...kaka mau ngerjain PMR", ternyata betul yang diambil itu soal hitungan (penjumlahan), terus nulis angka-angka, seterusnya nulis yang lain...subhanallah belajar itu tidak usah duduk manis tapi bisa sambil bermain .

Wednesday, April 04, 2007

Tips Agar si Kecil bersemangat Makan

yaa kembali ke pengalaman pribadi buat anak-anakku...tak jarang anak kecil sulit makan termasuk anak aku juga....Mmmm..paling bingung deh kalo anak kita udah sulit makan, ya namanya juga anak..kita nya yang musti sabar...atau kadang kita kepikiran sakit nggak ya ko nggak mau makan...aku paling bingung sama Azka..dia sulit makannya...pengennya cuman ngemil...kalo ditawarin makan.."Ummi..nyuruh makan aza sih"..walaah makan aza musti diruruh-suruh..kita nya kan bingung pake trik gimana ya biar dia semangat makannya aku coba tipsnya, mungkin ada juga ya para bunda yang ngalamin kaya aku,
Nah ini tips jitu ketika Azka sulit makan :
  1. Buatlah agar tampilan makanannya menggugah selera. Cara penyajian yang unik akan perhatian sikecil.
  2. Belajarlah bersabar dan mintalah anak untuk makan sendiri.
  3. Biasakan untuk makan bersama keluarga bila perlu di meja makan.
  4. Libatkan anak memepersiapkan piring, gelas dan sendok, dengan begini dia merasa dibutuhkan.
  5. Jangan menyuruh anak untuk cepat-cepat menghabiskan makannya. Hal ini bisa membuat anak muntah sementara suasana makan pasti jadi tidak menyenangkan
  6. Jangan lupa melontarkan pujian jika si kecil menghabiskan makanannya.

Alhamdulillah sekarang udah bisa..terkendali dan semangat sekali makannya...tak lupa kita selalu ngasih motivasi..ya jangan bosen aza, kaya menu makan pun kita jangan egois ya...kita coba tanya ..mau apa?.. coba deh

Thursday, March 22, 2007

Jika si Kecil gemar Corat-coret

Dirumahku dinding-dinding setiap ruangan udah penuh dengan coretan tangan mungil Azka ketika 3 tahun kebawah dan sekarang disambung sama Adenya lengkap deh....dengan corat coret itu apakah kita mesti marah...nggak kan..!!!!

Kita tak kuasa menbendung kegemaran si kecil berekspresi didinding rumah, padahal kita telah menyiapkan buku gambar khusus? Jangan menjadi tertekan, karena ada win-win solution bagi anda dan si kecil, tanpa memasung kreatifitas anak anda.
Beberapa alternatif berikut mungkin bisa membantu :
  1. Gunakan cat khusus yang tahan di gosok dan dicuci, terutama untuk kamar anak.
  2. Aklirik atau lembaran sejenis plastik dapat digunakan untuk menutupi permukaan dinding, akrilik yang tidak berpori cocok untuk corat coret dengan spidol.
  3. Panel-panel melamin berbentuk papan putih juga bisa dipakai untuk melapisi dinding, terutama sampai setinggi 100 cm dari lantai, karena tidak bersifat menyerap, sediakan spidol untuk mencorat coret panel itu.
  4. kaca yang bersifat juga tidak menyerap, cocok dicoratcoret dengan spidol.
  5. Belilah gulungan kertas (buram atau putih) dengan ukuran paling besar. Tempelkan di sepanjang dinding rumah yang terjangkau si kecil. Karena bersifat menyerap,cocok untuk pemakaian krayon,cat air dan pensil warna.
  6. Bila seniaman ciclik kita gemar corat coret mengunakan kapur, sediakan papan tulis berukuran cukup besar, bila tidak ada, dapat diganti dengan triplek.
  7. Sebisa mungkin hindarkan spidol dengan tinta permanen.

Itulah alternatif kita sebagai orang tua tanpa mengurangi kreatifitas anak-anak kita, semoga bermanfaat......

Wednesday, March 21, 2007

Tips memilih Dot dan Botol Susu

Tak heran jika banyak orang tua berpendapat, dot alias empeng merupakan suatu keharusan untuk dimiliki jika kita mempunyai seorang bayi. Sama halnya dengan keharusan menggantikan dan membersihkan popok. Tapi sekali lagi, apakah dot aman bagi si bayi? Jawaban ini masih terus diperdebatkan para ahli. ini yang dikutip dari tabloid Nova.Yang jelas, para ahli di Amerika berpendapat, dot bisa digunakan sampai bayi berusia setahun.

Tapi jujur aza aku belum pernah ke anak ngasih dot atau susu botol...sampe sekarang tetep ASI walaupun udah berhenti ASI nanti 2 tahun seperti kakanya hanya susu pake gelas (gelas yang aman buat anak), tapi tidak semua kan orang tua hanya ASi aza mungkin ini perlu buat orangtua yang ngasih dot atau botol Susu buat anaknya semoga bermanfaat :


Tips memilih dot ;

  1. Sesuaikan ukuran dot dengan kebutuhan bayi.
  2. Sesuai kan dengan daya isap bayi.
  3. Design nya menyerupai bentuk rahang bayi.
  4. Dot khusus untuk bayi dengan kelainan celah bibir dan langit-langit mulut.

Tips memilih botol susu;

  1. Sesuai kan ukuran nya dengan kebutuhan bayi.
  2. Terbuat dari bahan tahan panas, tak mudah pcah dan tak beracun.
  3. Hindari memilih bitol susu dengan banyak gambar.
  4. Memiliki perlenkapan regulator anti sedak untuk bayi 0-3 bulan ; regulator berupa sekat ini berguna untuk membuka tutup keluarnya air susu, tidak keluar jika tidak diisap.
  5. Botol susu dengan pegangan untuk bayi 6 bulan keatas.
  6. Pemakaian dan sterilisasi
    - Susui sikecil dengan cara yang benar.
    - Perhatikan sterilisasi botol dan dot.

Kapan pospak bermanfaat buat anak Batita

Pospak atau popok siap pakai atau bisa kita menyebut Pampers kalau dipakai sepanjang waKtu mengurangi kepekaannya terhadap tanda-tanda mau pipis, jadi anak kita kalau dibiasakan pake pospak, menganggap dirinya "..ah biarin aza pake pospak ini koq, jadi ga usah bilang atau nangis kalo pengen pipis"..ya seperti itulah anak kita kalo dibiasakan pake pospak.
Dan ketika memasuki usia 2 tahun mestinya anak sudah diberi toilet learning ,anak tidak perlu lagi dibiasakan menggunakan pospak, kalao aku sih dua-duanya nggak biasa memakaikan pospak atau pampers pada Azka atau Azzam, awalnya nggak tega aza kasian terus setelah baca tentang pemakaian pampers dampaknya ada pengaruh negatifnya juga...ya alhamdulillah kebetulan anak-anaku tidak dibiasakan..dan biar belajar nggak ngompol sejak dini ..pernah aku bahas tentang ini juga...paling kalo pake pampers kalo perjalanan jauh...nah photo ini Azzam abis nganter les Kakanya.

Panduan sederhana memilih pospak untuk anak batita ;
  1. Pastikan pospak memiliki daya serap yang tinggi.
  2. Pilih pospak yang sesuai dengan ukuran tubuh anak.
  3. Pilih pospak yang fleksibel/elastis agar memudahhkan anak bergerak, terlebih bagi yang baru bisa jalan .
  4. Untuk anak usia 1 tahun Lebih yang paling pas adalah pospak model celana dan ukurannya pas dengan anatomi tubuh si kecil. nah kalo model ini sekarang buat Azzam cocok kalo model biasa iiih minta ampun deh...susah dipakekannya..sambil lari-larilah apalah..kalo model celana lebih praktis. cuman memang agak mahal juga sih

Pemakaian tepat

Pospak harus digunakan dengan tepat agar tidak malah merugikan si kecil, perhatikan hal-hal berikut ;


- lama pemakaian
Pospak kini bisa menampung 3x berkemih, jangan dipakai sepanjang hari tanpa diganti, sebaiknya minimal 2-3 jam gantilah pospak si kecil meski terkena basah oleh air seni, apalagi kena pup.... segeralah mengggantinya
-dampak lingkungan

Karena tidak dapat dipakai lagi, pospak menimbulkan tumpukan limbah, sedapat mungkin pakailah pospak yang ramah lingkungan / mudah hancur.

Monday, March 19, 2007

Template Baru dengan 3 Kolom

Alhamdulillah dengan panjangnya waktu dari kemaren-kemaren pengen ganti template...akhirnya selesai sudah tapi ...dengan bergantinya template dengan 3 kolom..entry shoutbox kehapus semua..dan itu aku nggak ngerti..memang sebelumnya pengen ganti template shoutbox juga biar agak maching sama template blog tapi kenyataannya malah hilang entrynya yaaaa...dari awal lagi ...tapi nggak apa-apa.mungkin tidak hati-hati ya ...mengedit template baru lumayan juga ya...agak pusing hehehe..tapi belajar dari pengalaman...banyak kesalahan dalam mengedit...akhirnya seperti ini walau masih belajar

Tuesday, March 13, 2007

Agar tumbuh minat BACA Anak


Membacakan buku buat anak kadang membuat kita capek, lemes, ya itulah tapi kalau tidak dibarengi dengan emosi...mungkin terjadi seperti itu...anak kan inves masa depan kita...bagaimana cara kita mencetak anak..agar tumbuh menjadi anak yang minat bacanya tinggi, seperti AZka walopun belum bisa baca pengen bisa bacanya sangatlah tinggi..dirumah kebiasaannya kalau nggak diceritain kadang suka cerita sendiri...menurut gambar yang ada di buku tersebut...mmmm...azka bilang kalau liat Umminya lagi sibuk suka cerita sendiri...dia suka menyebut cerita terserah kaka....dan sekarang setelah ikut les di bimBA..alhamdulillah udah bisa mengeja....nah sekarang bagaimana ya agar anak kita tumbuh minat baca :


  1. Membacakan anak cerita setiap hari

  2. Akrabkan anak dengan toko buku dan perpustakaan

  3. Diskusikan bahan bacaan dengan anak

  4. Buat perpustakaan pribadi

  5. Belikan anak anda kamus / Ensiklopedia

  6. Berikan penguatan artinya sering-sering kita kasih pujian biar tambah semangat

  7. Biasakan menulis

  8. Beri contoh, artinya orangtua kan sebagai modelling dapat ditiru oleh anak...kita pengen anak kita suka baca / minat bacanya tinggi, kita sebagai orangtua harus suka baca buku juga, jangan ke anak harus baca sementara kita tidak suka baca...

Tuesday, February 20, 2007

MemiLih Sekolah!!!, carilah yang tepat dan sesuai dengan Anak!



Pagi tadi ada acara Parenting di sekolahannya Azka...acara tersebut dilaksanakansetiap sebulan sekali dengan menghadirkan Psikolog..dan tentunya Psikolog dari sekolah..tema tadi sangat bermanfaat dan tepat soalnya sebentar lagi akan menghadapi ajaran bari dan memilah dan memilih sekolah yang tepat buat anak kita... sebenernya sih hal itu sangat membingungkan juga ada yang mahal belumtentu kualitasnya baik...dan ada juga yang murah kualitasnya baik..jadi yang benar mana ya..!!!



Nah jadi apa yang harus dipertimbangkan dalam menentukan sekolah yang tepat???

Beberapa hal yang dapat di observasi langsung melalui survei dilapangan seperti :

  1. Sarana Fisik. Kadang kita melihat SEkolah mulai dari segi sarana fisik, tetapi belum tentu sekolah yang kita pilih itu sesuai dengan kurikulum yang kita inginkan, yang paling penting ruangan yang memadai dengan rasio siswa pada kelas yg bersangkutan, fasilitas kelas juga harus mendukung kurikulum yang ditawarkan, jangan lupa juga perhatikan bagaimana sekolah mengelola sarana tersebut seperti pemeliharaan, keamanan, kebersiha, kelayakan serta kesesuian denga tingkat intelektualitas anak dan visi pendidikan yang di tawarkan.
  2. Alat-alat permainan yang kita gunakan. Belajar sambil bermain diyakini merupakan metoda yang paling disukai dan efektif bagi anak-anak, karena masa anak-anak adalah masa bermain.
  3. Setting kelas. Sekolah menciptakan setting kelas yang fleksibel dan tidak membosankan, ruang kelas ditata agar anak betah seharian berada didalamnya, namun belajar dapat terhadi dimana saja, duduk dimeja diepan guru, duduk melingkar, dibawah pohon atau di kebun sekolah.
  4. Guru. Guru merupakan ujung tombak dalam pengajaran disekolah, darimana mereka asal dan seberapa besar minat mereka pada pendidikan dapat menjelaskan sedikitnya kualitas pendidikan yang akan dihasilkan.
  5. Alternative aktivitas yang ditawarkan. Kurikulum nasional menjadi acuan semua sekolah baik negeri maupun swasta, namun aktivitas yang ditawarkan sering kali berbeda, sekolah swasta menawarkan aktivitas yang khas dan tujuan yang khas pula.
  6. Kesiapan mengikuti kegiatan formal. sekolah-sekolah tertentu melakukam pemerikasaan dan evaluasi psikologi berkaitan denga kesiapan anak mengikuti pendidikan di sekolah dasar.
  7. Kemandirian. Kemandirian yang dituntut di sekolah berbeda dengan di rumah. Anak setidaknya dalam melakukan aktinitas self helf sehingga ia dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan sebayanya.
  8. Keterampilan sekolastik. Banyak sekolah yang mensyaratkan anak menguasai membaca dan menulis juga berhitung saat pertama masuk sekolah, sekolah lain mungkin hanya melihat batas minimal usia anak, sedang sekolah lain lebih toleran.
  9. Konsentrasi. Masalah konsentrasi sering terjadi biang keladi gangguan belajar anak disekolah, sehingga bila anak mengalami hambatan dalam konsentrasi, segeralah dan bekerja sama dengan pihak sekolah.
  10. Penyesuaian diri anak. penyesuaian diri berkembang sangat beragam, tapi paling dituntut di sekolah formal adalah kesiapan anak untuk mengikuti aturan dan disiplin di sekolah.

Nah Itulah Resume dari Acara Parenting Tadi disekolah Azka mudah-mudahan sangat bermanfaat bagi Orang tua yang bingung memilah dan memilih sekolah yang terbaik buat anak kita.


Wednesday, February 14, 2007

Membaca dan menulis "seasyik bermain"


Judul di atas merupakan judul Buku yang aku cari di pameran buku kemarin...soalnya ya bukunya kayanya asyik buat dibaca apalagi aku kan seneng nulis-nulis juga walaupun masih belajar, bukunya bagus...penulisnya ibunda Aini ibunya Qurrota aini penulis cilik yang dapet rekor MURI dia pernah nulis " Nasi untuk KAkek" keren ya 7 tahun looh....lo kenapa kita nggak bisa...anak-anak kita jga bisa lo kaya aini...ya buku ini isinya bagus sekali dari mulai kita bagaimana memahami dunia Anak , memperkenalkan anak pada Buku sejak dini sampai singkronisasi bersama anak di Rumah, Sekolah dan lingkungan pokoknya syarat dengan bimbingan praktis. dan buku ini penerbitnya Mizan

Dan selain itu dengan kita mengajak anak kita ke pameran buku lebih mengenal dan mendekatkan anak pada buku, biar anak timbul rasa cintanya terhadap buku. kalo Azka udah tahu ada pameran dia langsung nagih pengen cepet pergi padahal besoknya dia dari sekolahpun ada kunjungan ke pameran buku tetep aza nggak mau, katanya sih beda lagi, pameran buku yang sering diadakan setahun 2 kali ini di gedung Landmark Braga, bagi keluarga kami sudah menjadi agenda tahunan, dan merupakan suatu wisata yang medidik buat anak dalam meningkatkan kecintaan nya pada buku...hmmmm Alhamdulillah Azka dan Azzam sudah terbiasa lagi bermain-main dengan buku karena sejak dalam kandungan mereka seringa didekatkan dengan buku seperti bercerita...mudah-mudahan seterusnya mereka bersahabat dengan buku

Tuesday, February 06, 2007

Buah dan ASI mengurangi Resiko Kanker?

Semua udah pada tau ya buah sangat bermanfaat untuk kesehatan tapi tidak hanya itu. kini peneliti dari AS menemukan manfaat dari buah dan ASI tersebut. ya, Anak-anak yang mengkomsumsi buah dan jeruk sebelum 2 tahun atau sari buah jeruk, berisiko lebih kecil menderita leukeumia di usia sebelum 14 tahun.
Penelitian terhadap manfaat buah untuk mencegah penyakit sudah banyak dilakukan. Ahli dari USA melakukan penelitian dengan wawancara terhadap Ibu-ibu dari 328 anak yang didiagnosa dokter telah menderita leukeumia. DAn dari Ibu-ibu dari Anak-anak yang jumlahnya sama, yang bebas kanker sebagai kontrol. Yang ditanyakan kepada Ibu-ibu tersebut antara lain apa yang dikomsumsi anak-anaknya sebelum mereka berusia 2 tahun.
Hasilnya, anak yang mengkomsumsi buah jeruk dan pisang sebanyak 4-6 kali dalam seminggu, hanya separuhnya yang menderita kanker sebelum anak-anak tersebut berusia 14 tahun, dan ada penelitian lain pun mereka menyatakan bahwa resiko bayi yang mendapat ASI untuk terkena leukeumia, turun sampai 30% bila dibandngkan bayi yang tidak mendapat ASI.
Mereka mempelajari 2.200 orang anak yang sudah didiagnosa mengalami keukeumia akut dan 2.400 orang anak lain yangs ehat dengan kesamaan ras, usia, lokasi geografisnya sebagai kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang mendapat ASI selama paling sedikit satu bulan, risikonya terkena leukeumia akan turun 21%. Adapun Bayi yang mendapat ASI selama 6 bulan atau lebih risikonya akan turun sampai 30%.
Hebat ya hasil penelitiannya...sangat bermanfaat sekali ya buat kita apalagi bagi yang masih punya anak balita

Wednesday, January 31, 2007

Cara menyapih yg baik & tepat.

Ada teman Blogger yang nanyain tentang gimana cara ngeberhentiin susu botol, tapi selama ini saya belum dapet teorinya tentang itu tapi tentang mengapih ASi, ya mudah-mudahan ada poin yang sama dan bisa untuk menyapih susu Formula dan pertanyaan ini dari Mbak Beti.
Tidak ada cara khusus dalam menyapih.Beberapa ahli laktasi memberikan tips-tips agar proses menyapih Berjalan dg baik :
  1. Lakukan proses menyapih secara perlahan. Mis. Mengurangi secara bertahapfrekuensi menyusu. Biasanya 4 x sehari maka secara perlahan diubah 3 xsehari terus hingga akhirnya berhenti.
  2. Alihkan perhatian anak / sibukkan anak dg hal lain. Bisa dg membacakanbuku ke anak, bermain, bernyanyi, dsb. Hingga anak melupakan saat menyusu.
  3. Kunci utama : Bina komunikasi yang baik dg anak. Ingat, seberapa kecilusia anak, anak tetap mengerti dan memiliki kemampuan utk mengerti kata2dari orang di lingkungannya.
  4. Hindari menyapih saat anak sedang tidak sehat atau sedang sedih, kesal,marah
  5. Hindari menyapih anak dari menyusu ke benda lain spt empeng, botol susu,bantal, dsb. Biasanya disini peran ayah sangat dibutuhkan sbg figure yangmelengkapi sang ibu. Sekali lagi bina komunikasi yg baik dg anak
  6. Hindari menyapih secara mendadak/langsung. Apalagi tanpa komunikasi apapun dg si anak. Ini dapat menyakitkan hati sanganak.Jangan sampai anak merasa bahwa dg manyapih sang ibu membencinya, dsb.Pemberian jamu pahit, memaksa anak utk tidak menyusu pada ibunya, dsbnyadapat merusak bonding atau ikatan batin yg terbentuk sejauh ini dalam prosesmenyusui. Amat sangat disayangkan jika hal ini terjadi. Karena ikatan indah tsb ternodai akibat proses menyapih secara mendadak tadi.
  7. Jika proses penyapihan dilakukan dg baik, maka anak2 kita akan tumbuh menjadi anak yg cerdas, sehat dan berakhlak baik. Karena sang ibumendidiknya melalui masa menyusui dan masa menyapih dg cinta.

Sunday, January 14, 2007

Mempersiapkan Anak bermain kotor-kotoran


Free Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.us
kotor-kotoran disekolah Azka suatu konsep belajar Azka lagi hujan-hujanan
Tidak semua orangtua setuju Anaknya bermain kotor-kotoran, tapi ada juga yang ingin memberikan anak pengalaman lain seperti berkebun, memancing, hingga menanam padi di sawah, boleh-boleh saja. Namun semua harus dilakukan dengan bertanggung jawab, artinya tidak malah membuat anak berujung dirumah sakit.
Nah berikut tips bagi orangtua yang ingin memberikan pendidikan melalui alam :
  • Persiapkan kondisi anak agar memiliki daya tahan yang okey.
  • Untuk memiliki daya tahan tubuh yang baik, asupan gizi harus diperhatikan. Prinsip empat sehat dan lima sempurna benar-benar harus dijalankan. kebanyakan orang Indonesia masih mengomsumsi lebih banyak karbohidrat dibandingkan protein.
  • Berkotor-kotoran pun harus dilakukan dengan tujuan yang jelas. Menggali tanah untuk berkebun atau berkubang dalam kolam untuk menangkap ikan.
  • Jangan melakukan aktivitas saat cuaca tidak baik, mendung atau hujan.
  • Pastikan anak dalan dalam kondisi kesehatan yang prima, tidak sedang terganggu sakit influenza misalnya.
  • Usai melakukan aktifitas tersebut, pastikan anak kembali dalam keadaan bersih, mandikan dan bersihkan sela-sela badannya hingga ke ujung-ujung kuku

Tuesday, January 09, 2007

Launching Situs Tumbuh Kembang Anak

Tanggal 29 Desember kemaren aku udah bikin situs tentang anak juga sih, langsung di upload , pusing juga ya ..tapi nggak apa-apalah namanya juga belajar....buat mikir nama domainnya juga uuuih pusing ternyata dapet nama domain ya lumayan lah biar tetep diingat terus walaupun agak panjang cuman nggak asing, isinya belum sempurna masih belajar lagi cara-caranya dan itu juga imagenya kadang nggak muncul juga nama domainnya
Tumbuh kembang anak...mampir aza ya kalo boleh kasih masukan buat saya

Thursday, January 04, 2007

Manfaat Bermain Soliter

Bermain Soliter disini bukan bermain soliter kartu yang ada di komputer kita tapi bagaimana manfaat anak bermain sendiri (soliter), meskipun anak Batita perlu didorong sosialisasi bukan berarti bermain sendiri tidak ada manfaatnya. dan ini didapat dari koran Sindo, penting juga ya buat kita.
Inilah beberapa manfaat diantaranya :
  1. Bermain sendiri melatih kognisi atau melatih kemampuan belajar berdasarkan apa yang dialami dan diamati dari sekelilingnya.
  2. Saat sedang memainkan permainan yang menantang, anak memiliki kesempatan melatih konsentrasi dalam memecahkan masalah, misalnya, saat bermain puzzle, anak akan berusaha memfoluskan diri menyambung kepingan-kepingan gambar agar menjadi utuh kembali.
  3. Saat sendirian, imajinasi anak juga bebas mengambara kemana-mana, hal itu dimungkinkan karena dengan bermain sendiri ia dapat melepaskan diri dari kesibukan di sekeliling mereka, jadi anak punya kesempatan untuk berpikir dan berkhayal sebebas-bebasnya.

Photobucket - Video and Image Hosting

Tuesday, January 02, 2007

My BirThDaY

Nggak Terasa juga ya...kemaren tanggal 28 DeSemBer merupakan hari yang sangat special buat saya...ehmmm...nggak terasa udah kepala tiga hiks....30 tahun bo'...udah punya SuaMi dengan Dua oRanG puTra yang lucu-lucu, jagon-jagoan...ya Allah makasih ya atas semua karunianya...baru 30 taon..nambah anak lagi jangan ya..penasaran juga pengen perempuan...hehehe..ya doain aza...

Photobucket - Video and Image Hosting

Met Idul Adha Dan Tahun Baru

Selamat IDul ADha
dan
TaHun BaRu 2007
Tahun Baru 2007
"Semoga tahun sekarang tahun yang lebih baik dari tahun kemarin Amin"