.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Sunday, December 24, 2006

Tips Mengontrol Tingkah Batita


Hal yang harus kita lakukan, buatlah semacam kontrol lingkungan yang yang dapat mencegah anak berperilaku diluar aturan yang anda buat, Akan tetapi lebih baik kitalah yang harus menjadi tauladan kepada anak, pada intinya kembali pada diri kita sendiri sebagai orangtua, Apa yang harus kita lakukan sebagai orang tua :
  • Bersikap positif. Hindari penggunann kalimat-kalimat yang negatif. seperti contoh Azka kadang kalau ngomong nada nya suka tinggi kadang teriak kita hanya cukup mengatakan "Eh Abi dan Ummi biasa bicara pelan-pelan, bisa nggak kakak bicara pelan seperti Abi dan Ummi" kita harus menunjukkan kepada anak apa yang kita inginkan darinya.
  • Konsisten. Tentunya akan ada waktunya fleksibilitas diperlukan, tapi secara umum, bila sesuatu sangat perlu dibuat aturan maka bantulah anak untuk bisa mengerti aturan itu.
  • Berhati-hati dengan ekspektasi kita, berbagi, bermain permainan dengan aturan atau menggunakan bahasa anak untuk mengekspresikan emosi adalah hal yang disukai anak.misalnya bercerita kucing kita dengan gaya bahasa mirip dengan suara kucing...
  • Buat aturan secara sederhana dan konkret. kalau buat anak harus membuat aturan yang hitan atau putih, jangan abu-abu karena bikin pusing , kalau memjelaskan sesuatu harus sesuai dengan gaya bahasa anak, yang mudah dipahami oleh anak.tidak panjang lebar.
  • Menjadi Bos, kita perlu tegas sekali waktu, anak juga perlu tahu bahwa ada orang yang punya otoritas, dengan ini anal jadi tahu batasannya.
Post a Comment