.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Thursday, October 05, 2006

Berawal rasa malu, Tanamkan toleransi dengan puasa,


ARTI kata toleransi adalah sikap terbuka dan menghormati perbedaan. Toleransi juga berarti menghormati dan belajar dari orang lain, menghargai perbedaan, menjembatani kesenjangan budaya, menolak stereotip yang tidak adil sehingga tercapai kesamaan sikap.
Biasanya pada anak-anak usia TK, yaitu 4-5 tahun, diawali dari malu dilihat orang lain tidak berpuasa sehingga menimbulkan toleransi. Kemudian, berlanjut dengan rasa malu jika ia tidak berpuasabegitupun anak saya Azka di sekolah selama bulan puasa tidak boleh bawa makanan kecuali air putih...hari pertama saya khawatir tidak bawa apa-apa takut nangis pengen makanan...akhirnya aku bawain..ternyata pulang masih utuh...aku tanya
"kak..kenapa nggak dimakan makanannya"
dengan antusias azka menjawab " Mi...kata bu guru ini kan bulan puasa jadi kita harus menghargai yang puasa"
"kakak di sekolah nggak laper nak!"
"ya nggak..kakak malu kalau makan..minum juga malu"
Subhanalloh.. alhamdulillah.....ada perasaan toleransinya karena berawal dari rasa malu..besoknya tidak bawa apa-apa hanya air putih juga tidak diminum..akan tetapi pulang sekolah...glekh...glekh habis 2 gelas hehehe...azka baru 4 tahun kelas TKa..bener-bener sudah punya rasa bahwa ini bulan puasa tidak boleh makan dan minum..
Post a Comment