.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Tuesday, August 01, 2006

Tips Mendongkrak Minat Baca si Kecil



Siapa bilang mengajar si kecil membaca adalah perkara sukar. Lesley mandell Morrow, profesor dan pakar pendidikan belajar membaca pada usia dini di Rutgers University mengatakan, orangtua hendaknya membiarkan anak belajar membaca dengan cara alami.

Seperti Azka dari kandungan sudah didekatkan dengan buku, memang karena saya juga seneng baca...hmmmm..sampai sekarang kalau dibawa ke toko buku antengnya minta ampun....kadang kita kewalahan...dirumah..kita baca ikut dibacain...heheehe..sedikit-sedikit :" Miiii..ceritain dong", itu merupakan jurus azka kalau pengen diceritain...

Kalau malam pun...kadang suka bangun minta minum....untuk tidur kembali..minta diceritain dulu...yang akhirnya...walaupun skarang belum bisa baca...hanya baru tahu hurup demi hurup..sdering anteng sendirian buka-buka buku..
Akhirnya ketularan deh ke adenya " Azzam"...lihat koran aza udah uuuuh....anteeeng banget...apalagi dikasih buku-buku cerita..

Nah dari kegiatan sehari-haripun, anak dapat belajar membaca, berikut saran dari Lesley M Morrow sebagai berikut :

Memasak Saat memasak
Mintalah anak membaca ressep, selain itu, ajak anak untuk ikut menyiapkan makanan dengan cara membaca label yang tertera. Membaca daftar belanja juga menjadi bagian dari kegiatan belajar membaca yang menyenangkan.
Berjalan-jalan
Saat menikmati acara rekreasi bersama si kecil, anda bisa mengajarkan membaca lewat nama-nama binatang, tanaman dan benda yang ditemui di jalan. Catat nama benda-benda itu dan minta si kecil menyaksikan benda-enda langit, menulis namanya dan meminta anak membaca kembali sambil menunjuk benda yang dibaca.
Saat Makan
Acara makan bersama bisa pula menjadi ajang belajar membaca bagi sikecil. Mintalah untuk mengambilkan botol atau kemasan bertulisan. Dengan tantangan itu anak akan mencoba membaca tulisan yang ada pada botol atau kemasan. Riset menunjukkan, semakin banyak waktu yang dilewatkan bersama keluarga dimeja makan, semakin besar kemungkinan bagi si kecil menguasai berbagai kata.
Belanja
Sebelum pergi berbelanja bersama si kecil, buatlah daftarbarang belanjaan terlebih dahulu. Lantas, dengan gaya pemburu, minta anak anda mencari barang yang dimaksud dengan membawa daftar belanjaan. Sikecil akan terbiasa memcocokkan daftar belanjaan dengan barang yang ia temukan di rak.
Membaca Koran
Koran memberi peluangbesar pada anak-anak untuk belajar membaca. Rubrik yang memikat seperti komik dan perjalan yang penuh warna akan menarik mata si kecil. Diskusikan apa saja yang anda baca bersamanya. Jika memungkinkan, kliping bagian yang ia sukai.
Bercerita Bergantian.
Membiasakan bercerita dengan cara membaca akan mendorong anak untuk ikut membaca. Mintalah dia membacakan cerita untuk anda, setelah itu ajak berdiskusi mengenai cerita yang baru saja anda baca.
Menonton aktif
Jangan jadi penonton pasif bila ada didepan televisi. Saat menonton TV bersama, mintalah anak belajar membaca teks, tulisan atau apapun yang muncul di layar. diskusikan bersama.
Orangtua Suportif
Jika tak tahu, tak ingat, atau tak memahaminya apa yang ditanyakan sikecil pada anda, jangan ragu ,engkuinya. Namun berjanjilan untuk mencari jawabannya. Buka buku, ensiklopedi, kamus atau internet bersama si kecil untuk mencari jawaban, bacalah bersama..

Apalagi sekarang tanggal 1-7 Agustus ada pameran buku di Landmark, Braga...biasanya sudah terjadwal buat keluarga..kalau ada pameran buku...insya allah datang..tapi karena sekarang Azka sudah sekolah dan mau ada acara ke pameran tersebut hari Kamis, tanggal 3 Agustus...dan setiap anak harus bawa uang Rp 20.000..Azka seneng banget..karena sudah dibiasakan.....Nih..aku pasang photo...sebagian koleksi Buku-buku Azka dan Azzam...hiks.

Post a Comment