.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Friday, August 25, 2006

TiPs LibaTkan SeMua AnaK


Banyak orangtua yang selalu memperlakukan anaknya beda-beda,...bagaimana dengan anda
yang udah menjadi orangtua? dan mungkin disini aku akan bahas..bagaimana posisi anak dalam
keluarga seperti sulung, penengah, bungsu atau anak tunggal, memberikan kontribusi dalam
pembentukan perilaku anak...

Dengan memperlakukan anak dengan banyak perbedaan..yang akhirnya timbul kecemburuan
diantara anak...misalnya..."Bagaimana sih kakak, kan seharusnya jadi contoh" atau "kakak kan udah besar harusnya bisa jagain adiknya" dengan perkataan itu cenderung si kakak punya tanggung jawab besar akan tetapi si adik akan merasa diri ada yang membela yang akhirnya melakukan sesuatu seenaknya...

Banyak orang tua yang cenderung terlalu melindungi anak bungsunya atau memanjakanya..padahal tidak semua yang dilakukan si bungsu harus dibelanya..kadang kita sebagai kakak misalnya kalau sama orangtua adik kita yang dibela.. suka sakit juga ya...(itu pengalaman saya dulu hehehe)..padahal udah tau adik kita yang salah..masih aza dibela yang akhirnya sifatnya seenaknya sampe sekarang hehehe..

Selayaknya orangtua.... bijaksana dalam memutuskan semua kondisi yang berkaitan dengan anak-anaknya. Tidak seharusnya anak sulung diberikan tanggung jawab yang berlebihan, atau
anak bungsu yang terlalu dimanjakan. Jangan pula melupakan anak tengah yang butuh perhatian dari anda.
  • Orangtua harus lebih teliti dalam mendengarkan semua omongan anak-anaknya dan mengambil esensi dalam setiap komunikasi dengan anak-anaknya.
  • Libatkan semua anak dalam tugas dan tanggungjawab yang ada.
  • Orangtua harus menjelaskan kepada setiap anak jika terjadi pengecualian dari reaksi yang anda berikan. Misalnya, anak bungsu yang tidak mendapat tugas mencuci piring karena masih kecil. tapi ia mendapat tugas membersihkan meja dan kursi di rumah.
  • Libatkan semua anak dalam membuat peraturan-peraturan yang berlaku dalam keluarga.
  • Beri dukungan yang sama kepada setiap anak dalam mencapai apa yang mereka cita-citakan.
    Ingat, anak adalah anugrah Ilahi dan sudah menjadi tugas orang tua untuk menanamkan nilai-nilai yang berguna bagi kehidupannya kelak.

Ada buku bagus sekali dari penerbit KAIFA dengan judul "1...2...3..Sayang Semuanya", di Buku ini merupakan "panduan praktis membesarkan anak tanpa membeda-bedakan" penulisnya Nancy Samalin bersama Catherine Whitney yang isinya kurang lebih seperti ini:
  • 10 Cara meredakan stres anda akibat perselisihan anak-anak
  • Cara mengenalkan adik baru kepada kakak-kakaknya.
  • Kiat-kiat yang berhasil untuk menghentikan pertengkaran antar anak.
  • Pendapat anak-anak tentang memiliki saudara kandung.


nah seperti itulah isinya bagus buat kita sebagai orangtua atau calon orangtua pun bisa....apalagi
kalau dah punya anak lebih dari satu kaya saya hiks....dan saya pun harus belajar bagaimana menyikapi Azka dan Azzam..supaya tidak ada kecemburuan diantara mereka..insya allah...bagaimana dengan anda ? siapkah...

Post a Comment