.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Wednesday, July 12, 2006

Tips Melatih Anak Tidak Ngompol


Kita sering risih juga ya..kalau anak kita sering ngompol..tapi..upss...anak tidak akan biasa kalau kita tidak membiasakannya...seperti contoh...Azka...anak yang pertama ..dari mulai 10 bulan tidak pernah ngompol lagi di malam hari..jadi kita nggak perlu repot-repot kalau sedang nyenyak tidur..anak bangun, nangis, ternyata pipis..repot kan ?

Nah....untuk siang harinya..Azka...biarkan pipis kapan juga...biasanya kalau malam nggak ngompol..paginya langsung ke toilet...toilet trainning gitu...kalau siang hari biarkan Azka pipis..jangan merasa risih deh...toh anak kita sendiri..dan saya nggak membiasakan pakai pampers...kecuali kalau pergi...atau ada acara dirumah...

Termasuk anak keduapun Azzam...hmmm alhamdulillah sama..sekarang udah 9 bln..dari 8 bulan udah nggak ngompol dimalam hari..seneng kan?..pokonya kalau dirumah nggak deh kasian, jangan dibiasakan pakai PAMPERS ..udah lembab..penyakit...walaupun ganti...

Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan orangtua dalam melatih anak agar tidak lagi mengompol :
  • Sejak dini lakukan toliet training dengan baik.
  • Pastikan anak sebelum pergi ke sekolah di sudah kebelakang (pipis) dan anak perlu diberi tahu dimana tempat untuk buang air kecil.
  • Termasuk ketika sedang asyik berjalan-jalan ke mal, perhatikan tempat untuk buang air kecil dan ajak anak untuk buang air kecil, jangan menunggu sampai si anak mepet kebelet pipis. Kalau ini yang terjadi biasanya si anak sudah ngompol duluan.
  • Pastikan juga intake minum si anak. Menjaga agar jangan sampai terlalu berlebihan sehinggan membuat si kecil sering sering buang air kecil.
  • Ajarkan ke anak agar jangan ragu jika ingin pipis segera utarakan dan tanyakan dimana tempatnya.
Post a Comment